Cara Mudah Uji Regresi Linear Berganda Menggunakan SPSS

Uji Regresi Berganda Dengan SPSS – Berbeda dengan regresi sederhana, regresi berganda terdiri dari 2 atau lebih variabel bebas(X). Regresi berganda merupakan bentuk persamaan yang digunakan untuk menganalisis pengaruh dua independent variabel(X) atau lebih terhadap dependent variabel(Y). Bentuk umum dari persamaan regresi berganda tersebut yaitu Y=a+(b1x1)+(b2+x2)+...+(bn+xn).

Pada bagian ini, kita akan menggunakan program SPSS statistik untuk melakukan perhitungan regresi berganda tersebut. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

1. Mengumpulkan Data

Pertama-tama, kita harus memiliki data yang akan di olah dengan program SPSS. Sebagai latihan, kita akan menggunakan contoh data sebagai berikut.

*Anggaplah seorang ingin menganalisis pengaruh Earning per share (EPS), Dividend per share (DPS), terhadap harga saham per lembar di BEI. Setelah beberapa usaha dilakukan, akhirnya terkumpul data sebagai berikut.

NO
H.Saham(Y)
DPS(X)
EPS(X2)
1
200
400
300
2
300
530
350
3
350
480
400
4
370
450
400
5
400
500
440
6
300
400
330
7
200
300
250
8
300
360
350
9
320
400
330
10
250
290
220
Keterangan:
  • H.Saham: harga saham
  • DPS: Dividend per share
  • EPS: Earning per share

2. Mendefinisikan Variabel

Silahkan jalankan program SPSS, lalu beralih ke sheet “Variabel View”. Dibagian variabel view tersebut, silahkan isi H.Saham pada baris pertama, DPS pada baris kedua, dan EPS pada baris ketiga. Sehingga hasil akhirnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.


3. Input Data

Setelah selesai mendefinisikan variabel di sheet variabel view, langkah selanjutnya adalah input data pada sheet “Data view”. Maka beralihlah ke sheet “data view”, lalu isikan semua data yang telah dikumpulkan tadi. Sehingga hasil akhirnya adalah seperti gambar dibawah ini.


4. Menyimpan Data

Biasakan setelah selesai menginput data, untuk menyimpannya terlebih dahulu. Silahkan masuk ke menu file, pilih save as, lalu pilih folder tempat penyimpan dan tulis judul, terakhir klik save.

5. Uji Regresi Berganda Dengan SPSS

Arahkan dan klik menu Analyze, lalu pilih Regression, dan pilih Linear. Perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini. 

Cara Uji Regresi Berganda Dengan SPSS
Keterangan:
  • Pindahkan harga saham ke bagian dependent, dengan cara klik tanda panah di sebelahnya.
  • Lalu pindahkan DPS dan EPS ke bagian Independent, Dengan cara klik tanda panah di sebelahnya.
Jika sudah selesai, klik kotak Option disebelahnya, lalu lakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini. Jika sudah sama silahkan klik continue.

Cara Uji Regresi Berganda Dengan SPSS

Sehingga hasil akhirnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik Ok.

Cara Uji Regresi Berganda Dengan SPSS

6. Output Data Regresi Berganda

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka hasil olah data dengan program SPSS data editor akan keluar pada jendela baru. Berikut output data tersebut.

Cara Uji Regresi Berganda Dengan SPSS

7. Memindahkan Output Data ke Lembar Kerja

Setelah hasil olah data keluar, langkah selanjutnya adalah memindahkannya ke lembar kerja di MS-Word atau sebagainya. Silahkan klik kanan pada tabel, lalu pilih copy, terakhir tempelkan pada lembar kerja anda di MS-Word.

8. Menganalisis Data

Nah, setelah Output data tersebut dipindahkan ke lembar kerja, maka barulah kita menganalisis output data tersebut. Sehingga hasil analisis tersebut dapat menjadi sebuah informasi yang bisa digunakan untuk bahan pengambilan keputusan dan sebagainya. Contoh bentuk analisis output regresi linear menggunakan SPSS ini, akan dibahas pada halaman selanjutnya.

Komentar