Cara Gampang Uji 1 Sampel Chi Square Menggunakan SPSS Statistik

Uji Satu Sampel Chi-Square | Goodness of fit test Uji Goodness of fit test adalah uji keselarasan, Yaitu uji yang digunakan untuk membandingkan dua distribusi data, yaitu distribusi teoritis (frekuensi harapan) dan distribusi sesungguhnya (frekuensi observasi). Untuk uji goodness of fit test, kita dapat menggunakan dua uji yaitu, uji chi-square dan uji kolmogorov. Pada halaman ini akan dijelaskan praktek uji chi-square dengan menggunakan SPSS statistik. Berikut langkah-langkahnya.

1. Mengumpulkan data

Pertama-tama adalah mengumpulkan data. Sebagai contoh data untuk latihan kali ini, berikut analisis dan data yang akan digunakan.

*sebuah toko balon memperkirakan bahwa pembeli mempunyai kesukaan yang sama terhadap 3 warna balon yaitu merah, hijau, dan kuning. Untuk menguji perkiraan tersebut, maka diambil 9 orang pembeli sebagai sampel. Berikut hasil yang diperoleh.

Nama
Warna
Ade
merah
Budi
kuning
Cinta
hijau
Deri
hijau
Eka
kuning
Fera
hijau
Gina
merah
Hana
hijau
indah
kuning

2. Mendefinisikan Variabel

Sekarang, jalankan program SPSS, lalu buka file baru, dan pindah ke sheet “variabel view”.
Pada baris pertama, Silahkan isi dengan ‘Nama’. Setelah itu, klik kotak dibagian type, pilih string, lalu ok. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Uji Chi Square Dengan SPSS | Goodness Of Fit Test

Sedangkan pada baris kedua, Isi denga ‘warna’. Setelah itu, klik kotak di bagian values, isi (value)1=merah(label), (value)2=hijau(label), (value)2=kuning(label). Setelah itu, klik ok. Biar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Uji Chi Square Dengan SPSS | Goodness Of Fit Test

Berikut tampilan akhir setelah melakukan pengaturan variabel di ‘variabel view’ tersebut.

Cara Uji Chi Square Dengan SPSS | Goodness Of Fit Test

3. Input Data

Setelah selesai mendefinisikan variabel, langkah selanjutnya adalah menginput data di ‘Data view’. Maka beralihlah ke sheet ‘Data View’.
Pindahkan semua nama pembeli ke bagian kolom ‘nama.
Sedangkan pada kolom kedua, pada bagian warna, Gantilah terlebih dahulu warna balon dengan kode angka 1-3. Berdasarkan pengaturan di bagian variabel tadi, maka kode warna yang akan digunakan adalah 1=merah, 2=hijau, dan 3=kuning. Berikut tampilan akhir setelah selesai menginput data di ‘data view’.

Cara Uji Chi Square Dengan SPSS | Goodness Of Fit Test

4. Menyimpan File

Setelah selesai menginput data, langkah selanjutnya adalah menyimpan data. Hendaknya kita membiasakan diri untuk selalu menyimpan data setelah menginput data. Silahkan masuk ke menu file, pilih save as, lalu tulis judul, terakhir klik save.

5. Menguji Data Dengan SPSS

Pada bagian menu Analyze, Pilih Nonparametric test, Lalu arahkan kursor ke legacy dialogs, lalu klik chi-square. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Uji Chi Square Dengan SPSS | Goodness Of Fit Test

Setelah itu akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini.

Cara Uji Chi Square Dengan SPSS | Goodness Of Fit Test

Silahkan pindahkan warna ke bagian test variabel list dengan cara klik tanda panah di sebelahnya. Sedangkan pada bagian expected range, pilih get from data. Lalu pada bagian expected values, pilih all categories equal. Silahkan klik ok.

6. Memindahkan Output Data Ke Lembar kerja

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan maka output data akan keluar pada jendela baru. Berikut contoh output data tersebut.

Cara Uji Chi Square Dengan SPSS | Goodness Of Fit Test

Langkah selanjutnya adalah memindahkannya ke lembar kerja, misalnya MS-Word. Caranya cukup dengan klik kanan pada tabel, lalu pilih copy, setelah itu tempelkan ke lembar kerja di MS-Word.

7. Menganalisis Output

Setelah output data tersebut dipindahkan ke lembar kerja, barulah kita menganalisisnya. Dengan demikian, hasil analisis tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah informasi yang berguna dan bermanfaat.

Komentar