Cara Uji Hipotesis One Way ANOVA Dengan SPSS


Cara Uji Hipotesis One Way ANOVA Dengan SPSS - Uji ANOVA merupakan uji untuk pengujian  lebih dari dua sampel dengan menggunakan uji  F. Pengujian ini menggunakan asumsi-asumsi yaitu, seluruh populasi yang akan di uji berdistribusi normal, Varians seluruh populasi sama, dan sampel tidak berhubungan langsung dengan yang lain. Untuk praktek menggunakan SPSS, akan dijelaskan sebagai berikut.

Cara Uji Hipotesis One Way ANOVA Dengan SPSS

1. Mengumpulkan data

Pertama-tama, kita harus memiliki data sampel yang akan di uji terlebih dahulu. Sebagai contoh latihan ini,  berikut data-data yang akan di uji tersebut.

Analisis data: Seorang bos perusahaan ingin menguji 3 kelompok karyawannya, setelah diberi pelatihan selama 1 bulan. Berikut data-data yang telah dikumpulkan sebagai bentuk prestasi selama 10 hari setelah dilakukan pelatihan tersebut.

Cara Uji Hipotesis One Way ANOVA Dengan SPSS

2. Mengubah format data


Agar memudahkan kita dapat menginput data di SPSS, langkah kedua adalah mengubah format data tersebut. Berikut tampilan data setelah di ubah.

tabel latihan uji one way anova dengan spss statistik


3. Menjalankan Program SPSS


Sekarang tugas anda adalah menjalankan program SPSS, lalu buka sheet baru. Setelah itu berarihlah ke sheet ‘variabel view’, untuk mendefinisikan variabel.

3.1 Mendefinisikan Variabel di sheet ‘Variabel View’

Pada baris pertama, isi dengan ‘nilai’. Pada baris kedua isi dengan kelompok.
Pada baris kelompok klik kotak dibagian values, lalu isikan, value 1= label= isi dengan satu, value 2= label isi dengan = dua, value 3=label isi dengan = tiga. Klik add untuk menambahkan masing-masing value tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini. Lalu klik Ok.

mendefinisikan variabel dan mengubah value spss


Sehingga hasil akhirnya adalah seperti gambar dibawah ini.

mendefinisikan variabel spss statistik


3.2 Input data di sheet ‘Data View’

Sekarang isikan semua data yang ada pada nomor 2, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan format yang kedua (setelah diubah). Perhatikan gambar dibawah ini.

input data di data view spss statistik


4. Penyelesaian dengan program SPSS

Pada menubar, klik Analyze, lalu pilih Compare Means, lalu klik One Way ANOVA.

menu analize pilih anova spss statistik


Maka akan terbuka sebuah jendela baru di layar, Seperti gambar dibawah ini.

jendela pertama sebelum atur anova spss statistik


Lalu pindahkan variabel ‘Nilai’ ke bagian Dependent list, dan pindahkan variabel ‘kelompok’ ke bagian faktor. Klik tanda panah untuk memindahkannya.

jendela option anova statistik spss


Setelah itu, klik tombol ‘Option’, lalu centang pilihan ‘descriptive dan homogeneity of varians’. Selain itu abaikan saja, lalu klik continue.

jendela pos hoc anova spss statistik


Selanjutnya klik kolom ‘Post hoc’, centang pilihan ‘bonferoni dan tukey’. Lalu klik continue.

hasil uji anova spss statistik


Terakhir klik OK.

Setelah itu akan keluar output data yang telah di olah tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini. Anda dapat memindahkannya ke MS-Word atau PDF, degan klik kanan lalu copy dan tempelkan pada lembar kerja MS-Word tersebut.

Uji Hipotesis One Way ANOVA Dengan SPSS - kabarito.com


5. Analisis Output data

Setelah hasil output tersebut dipindahkan ke MS-Word atau PDF, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis output tersebut. Hasil analisis tersebut, dapat dijadikan sebagai sebuah informasi yang berguna, baik untuk keperluan penelitian atau untuk bahan pengambilan keputusan. Untuk pedoman contoh analisis output ini, akan dibahas pada halaman selanjutnya.

Baca Juga:

Apa Pendapat Anda?

 

Anda Sedang Menggunakan Ad Blocker?

Matikan Ad Blocker Anda terlebih dahulu KHUSUS untuk situs ini saja matabaraja.com

Tidak perlu khawatir, tidak ada iklan jahat di sini

Jika tidak paham caranya, silahkan Kunjungi: HOW TO WHITELISTING?

Thank you!

×