Penjelasan Sheet Variabel View di SPSS Data Editor


Pada bagian "variabel View" terlihat 11 definisi variabel yang berfungsi untuk mendefinisikan data yang akan di input pada sheet "data view". Setiap definisi variabel tersebut memiliki fungsi masing-masingnya. Berikut keterangan tentang definisi variabel yang ada di sheet variabel view tersebut.

Penjelasan Sheet Variabel View di SPSS Data Editor

Keterangan ini ditujukan untuk Latihan yang ada pada halaman Latihan Input Data di SPSS data editor.

1. Variabel 'Name'

Ini adalah variabel yang mendefinisikan 'nama', misalnya nama responden dan sebagainya. Biasanya SPSS akan senantiasa menuliskannya dalam huruf kecil (bukan kapital).

2. Variabel 'Type'

Variabel ini berfungsi untuk mendefinisikan tipe data yang akan di input. Pada bagian tipe variabel tersebut, terdapat beberapa pilihan perintah yaitu numeric, comma, dot, scientific notation, date, dollar, custom currency, dan string.
Jika tipe data yang akan di input adalah angka, maka pilih 'numeric', jika data yang akan di input adalah tanggal pilihlah 'date', dan seterusnya. Namun jika tipe data yang di akan di input adalah nama (dalam bentuk huruf), misalnya nama orang, nama responden, jenis kelamin, dan sebagainya, maka pilihlah 'string'.

3. Variabel 'Widht'

Variabel ini berfungsi untuk mengatur lebar kolom yang di dasarkan pada jumlah karakter data yang akan di input. SPSS dapat menampung data dengan jumlah karakter antara 1-255. Default setting dari spss adalah 8 karakter.

4. Variabel 'Decimals'

variabel ini berfungsi untuk mengatur jumlah karakter dibelakang koma. Misalnya, ketika anda mengisinya dengan angka 2, maka akan berbentuk seperti -,00 (koma nol nol).

5. Variabel 'Label'

variabel ini boleh di isi, boleh juga tidak di isi. variabel ini akan membantu mengelompokkan data atau mengkategorikan data. Namun tidak akan mempengaruhi perhitungan data.

6. Variabel 'Values'

variabel ini berfungsi untuk mendefinisikan data dalam bentuk tertentu, agar tidak terdapat banyak karakter. Misalnya, 1 = laki-laki, 2 = perempuan, dan sebagainya. Namun jika anda tidak menginginkannya, boleh untuk diabaikan.

7. Variabel 'Misssing'

Secara umumnya, variabel ini di artikan sebagai data yang hilang atau tidak ada isinya, misalnya responden yang namanya tidak diketahui. Namun, anggap saja, semua responden memiliki nama, dan biarkan variabel tersebut 'none'.

8. Variabel 'Column'

Variabel ini berfungsi untuk mengatur ukuran kolom sama seperti variabel 'widht'. Ukuran kolom tersebut didasarkan pada jumlah karakter yang akan di input. Misalnya, anda menulis angka 8, maka kolom akan mampu menampung 8 karakter angka atau huruf didalamnya.

9. Variabel 'Align'

variabel ini berfungsi untuk mengatur posisi data. misalnya left untuk rata kiri, right untuk rata kata, center untuk rata tengah.

10. Variabel 'Measure'

Variabel ini berfungsi untuk mendefinisikan tipe variabel yang akan di analisis. Variabel ini terdiri dari nominal, scale, ordinal. Untuk data dengan tipe string dapat memilih nominal atau ordinal, sedangkan untuk numeric pilihlah scale.

Bahasa lebih mudah untuk anda pahami adalah, Nominal dan ordinal adalah untuk data seperti nama orang, jenis kelamin, status dan sebagainya. Sedangkan scale adalah untuk data dalam bentuk angka, jumlah, hasil perhitungan dan sebagainya.



SPSS dalam bahasa umumnya dapat dikatakan sebagai program komputer (software) yang digunakan untuk mengolah data statistik. Hingga saat ini, SPSS masih dipercaya mampu membantu pelajar, mahasiswa, dan juga pengguna lain untuk mengolah data-data statistik. Perkembangan demi perkembangan yang terus terjadi, akhirnya pada tahun 1992, SPSS versi windows diciptakan.

Tutorial selanjutnya: Menu Tutorial SPSS


Baca Juga:

Apa Pendapat Anda?

 

Anda Sedang Menggunakan Ad Blocker?

Matikan Ad Blocker Anda terlebih dahulu KHUSUS untuk situs ini saja matabaraja.com

Tidak perlu khawatir, tidak ada iklan jahat di sini

Jika tidak paham caranya, silahkan Kunjungi: HOW TO WHITELISTING?

Thank you!

×