Latihan Input Data Statistik Di SPSS Data Editor


Ketika program SPSS dibuka, maka yang pertama kali tampil adalah jendela SPSS Data Editor. Hal ini telah dibahas artikel sebelumnya. Jika Di lihat lebih detail lagi, Sheet SPSS data editor tersebut dibagi menjadi 2 yaitu data view dan variabel view. Terlihat dibagian bawah kiri jendela SPSS. Kedua sheet ini saling berhubungan satu sama lainya. Data view digunakan untuk memasukkan data sedangkan variabel view untuk melakukan pengaturan pada data.

Pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana cara input data dengan benar di 'SPSS data editor'. Prakteknya sangat mudah dan menyenangkan jika dilakukan dengan sambil memahami. Maka dari itu simaklah ulasannya dengan baik.

Untuk Penjelasannya, anda dapat lihat di bagian daftar tutorial SPSS statistik atau Disini.

Penjelasan Sheet Variabel View di SPSS Data Editor

1. Analisis data latihan

Tahap pertama, dalam rangka memasukkan data adalah melakukan analisis data. Dikarenakan ini adalah contoh, anggaplah kita telah mempunyai data yang akan di input, yaitu:

Latihan Input Data Statistik Di SPSS Data Editor


Data di atas terdiri dari 3 variabel, yaitu name, weight, gender dengan 7 cacah latihan.

2. Mengatur/mendefinisikan variabel pada variabel View

Silahkan klik variabel view di bagian kiri bawah jendela SPSS.  Pada sheet variabel view, terlihat 11 definisi variabel. Untuk penjelasan cara kerja dan fungsi masing-masing definisi variabel tersebut, dapat dilihat pada bagian keterangan.

3. Input data variabel

Langkah selanjutnya adalah menginput variabel untuk mendefinisikan data di variabel view. Silahkan lihat bagian keterangan untuk dapat memahami maksud dari 11 definisi variabel tersebut. Berdasarkan keterangan sekarang masukkan semua variabel tersebut, sehingga tampilan akhirnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

mendefinisikan data di sheet variabel view

4. Input data data view

Sekarang beralihlah ke sheet "data view". Nah disana akan terlihat 3 variabel yaitu name, weight dan gender. Sekarang isilah data tersebut berdasarkan contoh analisis di atas. Biar lebih jelas, perhatikanlah gambar di bawah ini.

tampilan data view setelah definisi variabel

Silahkan lakukan input data sesuai dengan analisis data yang ada pada nomor 1. Anggaplah analisis tersebut adalah soal latihan ini. Setelah itu, maka hasilnya akan sama seperti gambar di bawah ini.

menginput data di data view spss

5. Simpan file di folder latihan

Sekarang anda dapat menyimpan file latihan tersebut di folder latihan. Caranya sama seperti menyimpan file di 'Microsof word', yaitu pilih menu file > save as > isi keterangan nama file > Save. Agar lebih jelas, perhatikan gambar di bawah ini.

menyimpan data spss di folder

6. Latihan selesai

Setelah anda berhasil menginput data seperti contoh yang ada di gambar, dan telah berhasil pula menyimpannya di folder, Maka anda telah mampu menginput data di SPSS data editor dengan baik.

Baca Juga:

Apa Pendapat Anda?

 

Anda Sedang Menggunakan Ad Blocker?

Matikan Ad Blocker Anda terlebih dahulu KHUSUS untuk situs ini saja matabaraja.com

Tidak perlu khawatir, tidak ada iklan jahat di sini

Jika tidak paham caranya, silahkan Kunjungi: HOW TO WHITELISTING?

Thank you!

×