Cara Uji Validitas Data Menggunakan SPSS


Validitas adalah pengujian yang menunjukkan sejauh mana alat pengukur yang digunakan mampu mengukur apa yang ingin diukur dan bukan mengukur yang lain. Ada 3 pendekatan yang dapat digunakan untuk mengukur validitas tersebut, yaitu content validity, criterion related validity dan construct validity. Dalam penelitian pengujian kualitas data yang sering digunakan adalah uji reliabilitas untuk reliabilitas konsistensi dan uji validitas untuk validitas construct. Berikut uraian ketiga pendekatan tersebut secara garis besar.

Cara Uji Validitas Dengan Menggunakan SPSS

1. Content (face) validity

Instrumen yang dinilai dianggap memiliki content validity jika mengandung butir-butir pertanyaan yang memadai dan representatif untuk mengukur construct sesuai dengan yang diinginkan. Suatu instrumen dianggap memiliki content validity, apabila penelitian subyek para profesional instrumen tersebut menunjukkan dan merefleksikan sesuatu yang seharusnya diukur secara logis.

2. Criterion Related Validity

Konsep ini menguji akurasi instrumen yang baru dikembangkan. Pengujiannya dilakukan dengan menghitung koefisien korelasi antara skor penggunaan instrumen baru dengan skor yang diperoleh menggunakan instrumen lama. Instrumen baru dianggap memiliki validitas tinggi jika koefisien korelasinya tinggi.

3. Construct Validity

Konsep ini menguji apakah suatu instrumen mampu mengukur construct sesuai dengan apa yang diharapkan. Cara pengujian dilakukan dengan menghitung rendahnya koefisien korelasi dengan instrumen lain yang digunakan untuk mengukur construct lain.

pada bagian ini kita akan membahas tentang cara Uji Validitas Dengan Menggunakan SPSS. Berikut langkah-langkahnya.

1. Menyiapkan Data

Sebagai latihan kali ini, kita ingin menguji validitas data seperti tabel dibawah ini. Dalam tabel tersebut, terdapat inisial n: nama dengan skor nilai atau bobot yang di dapat per soal.
Cara Uji Validitas Data Menggunakan SPSS



2. Mendefinisikan Variabel

Langkah pertama adalah menjalankan program SPSS, setelah itu, pindah ke sheet variabel view. Sekarang isikan n1-n10 ke bagian variabel nama, seperti gambar dibawah ini.

cara uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program spss statistik

3. Input Data

Setelah selesai mendefinisikan variabel di sheet variabel view, sekarang beralih ke sheet data view. Selanjutnya masukkan semua nilai bobot tersebut, seperti gambar di bawah ini.

cara uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program spss statistik 2

4. Menyimpan Data

Setelah selesai menginput data tersebut, hendaknya biasakan untuk menyimpannya terlebih dahulu sebelum di uji. Caranya cukup tekan CTRL+S secara bersamaan pada keyboard anda lalu isi judul dan klik save. Bisa juda melalui menu file.

5. Cara Uji Validitas Dengan Menggunakan SPSS

pada bagian menubar, klik Analyze, lalu pilih Correlate, setelah itu klik Bivariate. Perhatikan gambar dibawah ini.

cara uji validitas dengan menggunakan spss statistik


Setelah itu akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini. Pindahkan semua variabel (N1-N10) ke bagian Variables dengan cara klik tanda panah di sebelahnya.

cara uji validitas dengan menggunakan spss statistik 2



Terakhir klik OK.

5. Memindahkan output ke lembar kerja

Setelah langkah-langkah di atas selesai dilakukan, maka output data akan keluar di jendela baru. Output tersebut kira-kira seperti gambar dibawah ini.

cara uji validitas dengan menggunakan spss statistik 3


Sekarang pindahkan output tersebut ke lembar kerja di MS-Word atau dimana saja. Caranya cukup klik kanan pada tabel lalu pilih copy dan tempelkan pada lembar kerja di MS-Word.

6. Menganalisis Output

Setelah output tersebut di salin ke lembar kerja di MS-Word, langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dan membuat kesimpulan.



SPSS dalam bahasa umumnya dapat dikatakan sebagai program komputer (software) yang digunakan untuk mengolah data statistik. Hingga saat ini, SPSS masih dipercaya mampu membantu pelajar, mahasiswa, dan juga pengguna lain untuk mengolah data-data statistik.

Tutorial selanjutnya: Menu Tutorial SPSS

Baca Juga:

Apa Pendapat Anda?

 

Anda Sedang Menggunakan Ad Blocker?

Matikan Ad Blocker Anda terlebih dahulu KHUSUS untuk situs ini saja matabaraja.com

Tidak perlu khawatir, tidak ada iklan jahat di sini

Jika tidak paham caranya, silahkan Kunjungi: HOW TO WHITELISTING?

Thank you!

×