Arti Ayat Dalam Doa Khatam Al-Qur'an


Do'a Khatam Qur'an ini dibaca setelah selesai membaca Al-Qur'an. Biasanya khatam Al-Qur'an ini di lakukan secara bersama- sama oleh suatu kelompok pengajian, seperti di Surau, Pada bulan ramadhan, atau pada tempat dan waktu tertentu. Khatam Qur'an juga bisa di lakukan sendiri.

Dapat di katakan Khatam Al-Qur'an merupakan merupakan petanda bahwa seseorang atau suatu kelompok pengajian tertentu telah selesai membaca Al-Qur'an secara keseluruhan, baik yang di lakukan oleh satu orang maupun di lakukan oleh sekelompok orang. Sebagai akhir dari pembacaan Al-Qur'an tersebut, maka di lakukan pembacaan Do'a Khatam Al-Qur'an. Di dalam Do'a ini sudah mencakup segala do'a yang baik bagi manusia. silahkan di simak arti dari do'a Khatam Qur'an tersebut, sebagai berikut:

Arti Ayat Dalam Doa Khatam Al-Qur'an

1. Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur’an, dan jadikan Al-Qur’an sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk dan rahmat kepadaku. Ya Allah ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al-Qur’an. Ajarilah aku apa-apa yang belum aku ketahui dari Al-Qur’an. Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al-Qur’an hujah bagiku ( yang dapat menyelamatkanku) wahai tuhan seru sekalian alam.

2. Ya Allah benahilah ( pengetahuan dan pengalaman) agamaku, yang akan menjadi penjaga urusanku. Benahilah duniaku, tempat aku mencari penghidupan. Baguskanlah (kehidupan) akhiratku, tempat aku kembali. Jadikanlah hidupku sebagai pemutus segala keburukan.

3. Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku ( agar menjadi amal yang terbaik) di akhir usiaku. Hariku yang terbaik adalah hari di saat aku bertemu dengan-MU (kelak).

4. Ya Allah, aku memohon hidup yang nyaman, mati yang tenang, dan tempat kembali (akhirat) yang tidak memalukan dan menghinakan.

5. Ya Allah, aku meminta permintaan yang terbaik, permohonan yang terbaik, keberhasilan terbaik, ilmu terbaik, amal terbaik, pahal terbaik, kehidupan terbaik, kematian terbaik, dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu. Beratkanlah timbangan (amal baikku), kukuhkanlah imanku, tinggikan derajatku, terimalah shalatku, ampunilah kesalahan-kesalahanku dan aku memohon surga yang paling tinggi kepada-Mu.

6. Ya Allah pastikanlah aku memperoleh rahmatmu, meraih ampunan-Mu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraup keuntungan berupa surga, dan terlepas dari siksa neraka.

7. Ya Allah, baguskanlah akhir dari semua amal kami serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan siksa akhirat.

8. Ya Allah, berilah kami rasa takut kepada-Mu yang akan menghalangi kami dari berbuat maksiat. Augerahilah kami ketaatan kepada-Mu yang akan menghantarkan kami (memasuki) surga-Mu. Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah hidup yang menimpa kami. Limpahilah kami kepuasan dengan pendengaran, penglihatan, dan kesehatan selama Engkau menghidupkan kami, serta jadikanlah semua itu sebagai warisan bagi kami. Hadirkanlah seorang penuntut bagi siapa yang menzolimi kami. Tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang yang memusuhi kami. Janganlah Engakau jadikan musibah dalam agama kami. Jangan engkau jadikan dunia sebagai sebagai tujuan utama kami, dan pula tujuan ilmu kami. Janganlah Engkau tempatkan kami di bawah kekuasaan orang – orang yang tak menyayangi kami.

9. Ya Allah jangalah Engkau sisakan secuil dosa pun (bagiku), melainkan Engkau ampuni semuanya, jangalan Engkau tinggalkan sebersit keraguan pun (bagiku), melainkan Engkau hilangkan semuanya, janganlah engkau tinggalkan sepeser utang pun (bagiku), melainkan Engkau lunasi semuanya, janganlah Engkau abaikan segala kebutuhan dunia dan akhirat(ku), melainkan Engkau penuhi semuanya, wahai Dzat yang maha pengasih dari segala yang pengasih.

10. Ya Allah kami, anugerahilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta jagalah kami dari siksa api neraka. Semoga Allah mencurahkan shalawat atas nabi kita muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya yang terpilih, serta salam yang berlimpah ruah.

Baca Juga:

Apa Pendapat Anda?

 

Anda Sedang Menggunakan Ad Blocker?

Matikan Ad Blocker Anda terlebih dahulu KHUSUS untuk situs ini saja matabaraja.com

Tidak perlu khawatir, tidak ada iklan jahat di sini

Jika tidak paham caranya, silahkan Kunjungi: HOW TO WHITELISTING?

Thank you!

×