5 Tahap Daur Hidup Industri! Analisis Rencana Pembelian Saham


Daur hidup industri atau tahap perkembangan industri adalah teknik pertama yang bisa digunakan untuk melakukan estimasi berapa besar penjualan dari suatu industri. Oleh karena setiap industri memiliki jangka waktu yang berbeda pada masing-masing tahap, Investor perlu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh masing-masing tahap dalam daur hidup industri tersebut.

Analisis Daur Hidup Industri Untuk Mengestimasi Penjualan Industri

Dimulai dari tahap permulaan yang merupakan tahap pertama perkembangan suatu industri. Tahap ini ditandai dengan pengeluaran perusahaan yang cukup besar untuk biaya pengembangan produk dan biaya promosi. Sedangkan penjualan perusahaan umumnya sedikit, sehingga profit yang dihasilkan cenderung menunjukkan angka negatif.

Pada tahap kedua, yaitu tahap pertumbuhan, penjualan cenderung tumbuh dengan cepat, karena jumlah permintaan yang meningkat pesat dan persaingan juga tidak begitu ketat. Pada masa ini profit akan terlihat sangat tinggi. Pada tahap ini pertumbuhan industri biasanya berada di atas pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Tahap ketiga adalah masa dimana penjualan mulai mengalami penurunan karena banyak kompetitor potensial mulai masuk. Adalah tahap mature (kedewasaan) yang ditandai dengan permintaan yang relatif stabil dan tingkat keuntungan yang normal. Saat itu, pertumbuhan industri hanya sedikit lebih besar dari pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Pada tahap keempat, pertumbuhan industri cenderung sama dengan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Investor bisa dengan mudah melakukan estimasi pertumbuhan penjualan karena korelasinya akan tinggi dengan kondisi ekonomi. Meskipun sebenarnya, penjualan masing-masing perusahaan dalam industri tersebut memiliki tingkatan yang berbeda. Sebab, penjualan tersebut juga dipengaruhi kemampuan manajerial mereka masing-masing. Tahap stabil ini mungkin akan menjadi tahap yang paling panjang dalam daur hidup industri.

Tahap terakhir adalah tahap penurunan, ketika tingkat penjualan dan profit industri yang semakin lama semakin menurun. Pertumbuhan industri pada tahap ini akan jauh dibawah pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Beberapa perusahaan mulai keluar dari industri, begitupula investor, mereka pun mulai berpikir untuk mencari alternatif lain yang lebih menguntungkan.

Demikian lima tahap daur hidup industri yang dapat berguna untuk membantu investor dalam membuat keputusan investasi. Dengan menganalisis perkembangan suatu industri investor dapat mengestimasi ditahap yang manakah industri tersebut sekarang berada. Setelah mengetahui status daur hidupnya, investor dapat membuat keputusan apakah akan menjual atau membeli.

Artikel Terbaru:

Apa Pendapat Anda?