6 Ciri Definisi Pasar Persaingan Sempurna! Contoh dalam Ekonomi


Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan produksi barang dan jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna. Akan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni yaitu pasar yang memiliki ciri-ciri sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori. Yang ada adalah yang mendekati ciri-cirinya, yaitu struktur pasar dari berbagai kegiatan di sektor pertanian. Namun demikian, walaupun pasar persaingan sempurna yang murni tidak wujud di dalam praktek.

Setiap perusahaan adalah pengambil harga, dimana satu perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk menentukan harga. Interaksi seluruh produsen dan seluruh pembeli di pasar yang akan menentukan harga pasar. Seorang produsen hanya menerima harga saja yang sudah ditentukan. Ini berartikan berapa pun banyak barang yang diproduksi dan dijual oleh produsen, tidak akan dapat mengubah harga yang ditentukan di pasar. Sebab jumlah yang diproduksi itu hanya sebagian kecil saja dari jumlah yang di perjual-belikan di pasar.

Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Dan setiap penjual ataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.

Definisi Pasar Persaingan Sempurna Secara Umum

Dalam pasar persaingan sempurna terdapat beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:

Mampu mendorong efisiensi dalam produksi
Dengan jumlah produsen atau penjual yang banyak, maka produsen akan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu barnag yang dijualanya.
Tidak memerlukan iklan
Dengan sifat homogen di pasar persaingan sempurna, maka pemasangan iklan sama sekali tidak dibutuhkan karena jenis barang yang di perjual-belikan sama.
Pembeli dan penjual bebas bertindak
Produsen dan konsumen memiliki kebebasan dalam keluar masuk pasar. Bagi produsen yang memiliki modal untuk menjual produknya dapat memasuki pasar. Bagi produsen yang merasa rugi dapat segera keluar dari pasar. Dan konsumen memiliki kebebasan untuk membeli barang di pasar kapanpun.
Harga tidak ditentukan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli
Harga di pasar persaingan sempurna ditentukan oleh hasil transaksi tawar-menawar di pasar.


Selain memiliki kelebihan, pasar persaingan sempurna juga memiliki beberapa kekurangan. diantaranya sebagai berikut:

Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk
Dengan laba secukupnya, membuat produsen kuran melakukan penelitian untuk ber-inovasi.
Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli
Dengan jenis barang yang dijual hanya satu, membuat konsumen tidak bisa memilih barang sesuai selera dan tingkat pendapatan mereka masing-masing.
Pekerja menerima upah atau gaji rendah
Dengan laba secukupnya, produsen tidak bisa memberikan upah tinggi kepada pekerjanya.

Lalu seperti apa pasar persaingan sempurna tersebut? secara umum ada 6 Ciri pasar persaingan sempurna, yaitu:

1. Setiap Perusahaan Adalah Pengambil Harga

Artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau merubah harga pasar. Adapun perusahaan didalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga barang di pasar ditentukan oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhan pembeli (konsumen).

2. Setiap Perusahaan Mudah Keluar Atau Masuk

Artinya sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri tersebut, lagkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, mereka dapat dengan mudah melakukan kegiatan tersebut.

3. Setiap Perusahaan Menghasilkan Barang Yang Sama

Artinya barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk di beda-bedakan. Pembeli tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan oleh suatu produsen.

4. Banyak Perusahaan Dalam Pasar

Artinya disebabkan banyaknya jumlah perusahaan dan relatif kecil jika dibandingkan dengan jumlah produksi dalam industri tersebut. menyebabkan kenaikan atau penurunan harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang berlaku dalam pasar tersebut.

5. Pembeli Mempunyai Pengetahuan Yang Sempurna Tentang Keadaan Pasar

Artinya pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. sehingga produsen tidak dapat menjual barangnya dengan harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar.

Beberapa kelemahan/keburukan pasar persaingan sempurna, yaitu:
a. persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
b. persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
c. membatasi pilihan konsumen
d. biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
e. distribusi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi

Dalam menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, dua hal harus diperhatikan:
a. Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan
b. Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan

Sifat biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan, walau dalam struktur pasar manapun ia digolongkan. Sesuatu perusahaan itu berada dalam pasar persaingan sempurna, atau monopoli atua oligopoli atau persaingan monopolistik. Sifat dan hasil penjualan adalah berbeda diantara pasar persaingan sempurna dengan struktur pasar lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena ditinjau dari sudut seorang produsen, bentuk permintaan yang dihadapi oleh seseorang produsen di pasar persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi seorang produsen di pasar lainnya.

Artikel Terbaru:

Apa Pendapat Anda?