3 Jenis Jaringan Komputer di Internet! Sistem LAN, WAN dan MAN


Sistem jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung melalui suatu perangkat. Ada beberapa jenis jaringan diantaranya local area network (LAN), Wide area network (WAN) dan metropolitan area network (MAN).

Jaringan dapat diartikan sebagai sekumpulan perangkat (node) yang dihubungkan melalui media atau saluran komunikasi. Sedangkan yang dimaksud dengan node tersebut adalah komputer, atau printer atau peralatan lainnya.
Sistem Jaringan Komputer Dalam Internet! LAN, WAN dan MAN

1. Jaringan Local area network (LAN).

Merupakan jaringan pribadi, yang hanya menghubungkan komputer-komputer dalam satu kantor atau satu gedung dlln. Jarak jangkauan jaringan ini terbatas dan bisa dihitung dengan KM saja. Selain itu medium dan topologi yang digunakan untuk jaringan LAN hanya satu jenis saja. Jaringan LAN dirancang untuk pemakaian bersama sebuah perangkat antar komputer pribadi.

a. Sistem LAN

Local area network adalah sistem jaringan komputer dengan luas area lokal atau luas tertentu. Jaringan ini merupakan sebuah jawaban yang tepat untuk sistem informasi manajemen di sebuah perkantoran atau perusahaan. LAN sudah menyediakan jaringan komunikasi berkecepatan tinggi pada komputer-komputer dan terminal yang dihubungkan satu sama lain dengan jarak yang tidak terlalu jauh. LAN juga menyediakan fasilitas lain seperti berikut:
Resource sharing. Pemakaian sumber daya bersama atas perangkat yang terpasang pada server.
Information sharing. Pemakaian bersama program aplikasi dan data yang tersimpan dalam suatu jaringan sehingga dapat di akses bersama.
Network akses. Pengguna juga bisa mengakses jaringan yang lebih luas atau disebut dengan Wide area network

b. perangkat lunak jaringan LAN

-personal computer operating system
-network operating system atau NOS. Biasanya digunakan untuk membangun suatu jaringan baik berbasis windows maupun yang berbasis multise
-protocol. Software yang diperlukan untuk menghubungkan antara client dengan client atau server.
-program aplikasi. Digunakan untuk memonitoring dan manajemen informasi para penggunanya.
-internet sharing. Memungkinkan pemnfaatan bersama fasilitas internet dalam sebuah jaringan.

c. perangkat keras jaringan LAN.

Perangkat keras ini merupakan syarat utama membangun komponen jaringan komputer . komponen utama tersebut adalah:
-server. Komputer penyedia informasi yang digunakan untuk menghubungkan ke komputer client. Server harus terhubung secara sempurna agar akses data tidak mengalami kerusakan.
-workstation. Alat yang digunakan untuk terminal kerja dari beberapa komputer client.
-network interface card (NIC). Jenis yang digunakan semuanya hampir sama, sedangkan driver yang dugunakan tergantung kepada topologi jaringan LAN.

d. kabel dan konektor

Suatu tahap awal dalam membentuk jaringan LAN adalah memasang kabel yang menghubungkan antar NIC pada setiap komputer. Masing-masing kabel yang digunakan memilliki karakteristik yang berbeda-beda.

e. hub, repeater, dan bridge.

Hub digunakan untuk transmisi pengambilan data dari komputer client.

2. sistem jaringan Wide area network (WAN)

WAN merupakan sistem jaringan komputer dengan area yang lebih luas jika dibandingkan dengan LAN. Jaringan WAN merupakan jaringan transmisi jarak jauh untuk komunikasi data, informasi suara, dan gambar atau video. Transmisi jarak jauh tersebut dapat berupa komunikasi antar negara atau antar benua dan WAN merupakan jaringan Global.

3. Sistem jaringan Metropolitan area network (MAN)

MAN merupakan jaringan yang mencakup seluruh kota, misalnya televisi kabel. Jaringan komputer MAN dibangun dari beberapa jaringan komputer LAN. Biasanya hanya mencakup antar kota atau dalam satu negara saja.

Artikel Terbaru:

Apa Pendapat Anda?