Pengertian Layanan Internet! Istilah Perangkat dan Kecepatan Akses ISP


Hingga sekarang hampir semua orang di seluruh dunia menggunakan internet. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, internet sangat bermanfaat bagi penggunanya. Mereka bisa menggunakan internet dimana pun mereka berada.

Namun yang perlu disayangkan bahwa, sebagian besar orang hanya mampu menggunakannya. Jika di tanya apa yang disebut internet, mungkin mereka hanya mampu menjawab sekedar pengertiannya saja. mereka mungkin tidak bisa menjawab, bagaimana perkembangan internet atau sejarahnya? Mungkin hal ini tidak terlalu penting, namun lebih baik lagi kalau kita mampu mengenalnya dengan lebih baik dari yang lain.

Internet adalah suatu jaringan komputer dalam skala global, artinya antara komputer yang satu dengan yang lainnya saling terhubung untuk keperluan informasi dan komunikasi. Internet sering juga disebut dengan interconnected network. Internet juga sering diartikan sebagai jaringan komputer diseluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai media komunikasi data berupa suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh pemilik jaringan komputer dan pemilik komputer yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet.


Internet merupakan salah satu penyebab terjadinya globalisasi. Internet tidak menghiraukan batas-batas negara. Internet juga dijadikan sarana untuk bertukar informasi diseluruh dunia. Internet merupakan sarana informasi dengan akses yang sangat cepat.

Semua bermula dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh salah satu lembaga pertahanan amerika serikat.

Pada tahun, 1969 advanced research project agency membuat sebuah jaringan yang digunakan untuk keperluan penelitian. Jaringan tersebut dinamakan arpanet. Selanjutnya jaringan tersebut digunakan oleh university of california untuk keperluan penelitian. Sejak saat itu internet kemudian meluas, meskipun masih dalam ruang lingkup yang kecil atau dalam kalangan terbatas.
Pada tahun 1986, internet dipergunakan secara nyata dan meluas untuk kalangan umum. Jumlah pengguna internet ternyata cukup banyak, hampir setiap lembaga yang ada didunia membuat dan menggunakan jaringan internet untuk kebutuhan pengiriman data dan sarana komunikasi.
Pada tahun 1991, nation research and education network membuat jaringan baru yang dinamakan dengan NREN yang bertujuan untuk mengadakan riset jaringan berkecepatan tinggi.
Pada tahun 2005, menurut lembaga penelitian IDC diperkirakan hampir satu miliar penduduk dunia terhubung dengan jalur internet.
Perkembangan penggunaan internet di indonesia juga tidak kalah cepat dibanding dengan negara lain. Menurut data asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia sebanyak 2,4 juta orang pada tahun 2001 telah terhubung dengan internet.
Pada tahun 2004, jumlah pengguna internet di indonesia mencapai 4 juta orang.
Hingga saat ini, hampir setiap orang yang ada didunia menggunakan internet. Apalagi ditambah dengan akses untuk mendapatkannya sudah semakin mudah.

Selain internet ada juga sebuah jaringan berskala kecil atau hanya untuk instansi tertentu, yaitu intranet.

Intranet adalah jaringan komputer yang saling terhubung, yang digunakan suatu sistem organisasi dengan luas tertentu. Misal untuk perusahaan tertentu atau organisasi tertentu. Intranet berfungsi menghubungkan antar komputer dalam suatu instansi. Sama halnya dengan internet, namun intranet tidak seluas dan seberagam internet. Fungsi intranet adalah untuk mempercepat akses informasi, memungkinkan pertukaran data, mendukung terwujudnya administrasi yang bersifat paperless.

Lalu setelah internet berkembang dengan pesatnya, aplikasi atau layanan yang ada di internet itu sendiri pun semakin berkembang. Hingga saat ini tak terhitung lagi berapa banyak layanan yang bisa ditemui di internet. Ada beberapa aplikasi internet yang mengalami perkembangan yang sangat pesat awal mula internet berkembang, diantaranya:
1.WORLD WIDE WEB (Www)
Merupakan aplikasi atau layanan yang berisi dokumen-dokumen yang ada di internet berasal dari seluruh dunia. Dokumen tersebut dibuat dalam format hypermedia. HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan link antar sebuah dokumen dengan dokumen lain.
2. Eletronic Mail (E-Mail)
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan surat-menyurat antar email account. E-mail lebih mudah digunakan serta murah.
3. Internet Relay Chat (IRC)
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet secara online. Seringkali disebut dengan chatting. Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengaksesnya untuk berkomunikasi secara tekstual.
4. Mailling List (Milis)
Merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui E-mail. Setiap E-mail yang dikirim secara otomatis akan terkirim kepada seluruh anggota.
5. NewsGroup
Merupakan aplikasi di internet untuk berkomunikasi dalam satu forum tertentu. Sarana yang digunakan bisa berupa audio visual dengan fasilitas Video conference.
6. File Transfer Protocol (FTP)
Merupakan aplikasi atau layanan yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari sebuah komputer terhubung ke komputer lain.
7. Packet Internet Gopher
Merupakan aplikasi untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan mempunyai koneksi dengan komputer lain di internet.

Itulah beberapa jenis layanan dan aplikasi yang lebih dahulu berkembang setelah internet mengalami perkembangan yang pesat. perkembangan tersebut terjadi karena memang internet dengan berbagai layanan yang ada di dalamnya terbukti sangat membantu para penggunanya. Dahulunya ada banyak kegunaan dari internet, diantaranya:
a. mengurangi biaya bagi organisasi dalam menjalankan operasi perusahaan
b. sebagai media promosi produk perusahaan.
c. sebagai sarana komunikasi interaktif
d. sebagai sarana pertukaran data dan informasi
e. memperluas jangkauan pasar atau sistem perdagangan
f. membuat perbankan semakin intensif dalam menjalankan aktivitasnya dan memungkin transaksi online nasabah bank tersebut.

Layanan Dasar yang Terdapat di Internet

Agar kita mendapatkan informasi yang ada di internet kita bisa memanfaatkan layanan multimedia internet atau yang dikenal dengan world wide web (www). Akan tetapi sebelum kita dapat memanfaatkan layanan tersebut, kita harus mengaktifkan browser terlebih dahulu.

Browser internet adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi semua informasi yang ada di internet. Contoh browser, yaitu internet explorer yang merupakan produk dari microsoft corporation dan netscape navigator yang merupakan produk dari netscape corporation. Tetapi pada kali ini kita tidak membahas tentang browser tetapi tentang berbagai layanan yang ada di internet.

Internet merupaka gerbang informasi dan komunikasi yang tidak mengenal batas, ruang da waktu. Aplikasi atau layanan yang terdapat di internet dapat diakses kapan saja, dimana saja. Berikut ini beberapa layanan yang adat di internet.

A. Word Wide Web (Www)

www merupakan sebuah sistem hypermedia yang dikembangkan dengan mengaitkan informasi global berupa teks, gambar, suara, dan lain-lain dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser tadi. Dengan perkembangan internet yang semakin baik, hypertect ditulis dengan format HTML (hyper markup language). Hingga saat ini www memungkinkan untuk mengakses fasilitas dengan layanan yang bermacam-macam.

B.E-Mail.

Adalah layanan yang tidak lebih dari sebuah pesan text yang diketik da dikirim kepada pemakai lainnya. Sama halnya dengan surat biasa, e-mail membutuhkan alamat yang jelas agar sampai pada tujuan. E-mail memberikan keleluasaan kepada pemakainya, tidak hanya untuk mengirim pesan saja, namun juga menyertakan file gambar.

Email merupakan jenis layanan populer. Email juga merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Lewat e-mail para pengakses internet dapat berkorespondensi dengan para sahabat dimanapun mereka berada. Hanya dalam hitungan detik, surat yang ditulis akan tiba di kotak surat elektronik yang dituju. Layanan e-mail juga memungkinkan para pengakses menyimpan surat-surat yang dianggap penting.

Program aplikasi email adalah program komputer yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail. Program apliksi e-mail dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu online dan offline. Untuk mengakses aplikasi e-mail model online, pengguna harus online terus –menerus sehingga selalu memerlukan koneksi ke e-mail server. Untuk mengakses email model offline, pengguna tidak harus terus-menerus terhubung dengan layanan server e-mail.

Selain itu kita juga dapat menginstal aplikasi untuk mendukung aplikasi e-mail model offline. Aplikasi tersebut adalah seperti berikut:
1. netscape messenger. Berfungsi sebagai pengirim dan penerima e-email.
2. eudoramail. Program ini dapat dijalankan pada os windows dan macintosh.
3. microsoft outlook. Berfungsi menerima dan mengirim email, dikeluarkan oleh microsoft corporation untuk os windows.

C. Chatting

Melalui teknologi internet, komunikasi menjadi lebih asik dan menarik. Komunikasi ini lebih dikenal dengan istilah chatting. Istileh chatting ini berasal dari internet relay chatting, dimana setiap penggunanya dapat saling terhubung dan melakukan komunikasi melalui internet dengan menginstal sebuah perangkat lunak tertentu. Chatting juga dibagi menjadi dua macam yaitu berupa teks dan berupa suara.

D. Net Meeting.

Net meeting merupakan salah satu layanan konferensi yang menghubungkan antara pemakai satu dengan pemakai yang lain agar dapat berhubungan dengan cara mengetikkan kata-kata dalam teks, menggunakan suara seperti telepon, dan juga melihat gambar orang lain yang terhubung. Alat yang digunakan adalah video phone. Untuk menggunakan fasilitas ini harus didukung oleh perangkat keras yang memadai.

E. News Group.

News group merupakan sebuah kelompok diskusi online yang membahas topik tertentu, baik berupa kejadian sosial, berita dlln.

F. E-Commerce

Sistem perdagangan online melalui internet mengalami perkembangan yang pesat. hingga saat ini sudah tak terhitung lagi situs web yang beredar di internet. Hal tersebut dilakukan untuk memperkenalkan perusahaan dan produk mereka sehingga dapat menunjang penjualan perusahaan.

Perangkat Internet

Agar kita dapat mengakses internet, diperlukan perangkat pendukung yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat dasar yang dibutuhkan untuk mengakses internet adalah perangkat keras komputer. Selain itu, diperlukan juga perangkat lunak yang berupa sistem operasi serta aplikasi pendukung untuk menghubungkannya dengan internet, misalnya internet browser. Bila seluruh perangkat tersebut telah tersedia, masih harus mendaftarkan dan melakukan koneksi terlebih dahulu ke penyedia layanan internet agar dapat mengakses internet.

1. Perangkat Untuk Mengakses Internet

Untuk memulai akses internet, perangkat keras minimal yang dibutuhkan antara lain seperangkat komputer, modem online yang berupa modem internal dan eksternal dan saluran telephone. Perangkat tersebut juga harus didukung oleh program-program komputer untuk menjalankannya, yang disebut dengan software.

A. Software

Software merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan perangkat keras. Software yang diperlukan untuk dapat mengakses internet adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung terhubungnya perangkat keras komputer ke penyedia informasi. Contoh software yang diperlukan untuk dapat mengakses internet antara lain sebagai berikut:
1. Internet Explorer Dan Browser Lainnya
Internet Explorer adalah salah satu program internet yang berfungsi sebagai browser yang diproduksi oleh perusahaan microsoft corporation. Internet explorer akan terinstal dalam komputer secara otomatis bila kita menginstal sistem operasi windows.
Apa sih yang disebut dengan browser?. Browser berasal dari kata browse. Bila diterjemahkan kedalam bahasa indonesia artinya melihat-lihat atau menjelajah, sehingga dapat diartikan alat yang digunakan untuk menjelajahi internet oleh pengguna internet.
2. Netscape Navigator
Netscape navigator adalah program browser yang digunakan untuk melakukan akses web informasi yang dibuat oleh perusahaan netscape corporation.
3. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah program dasar atau program induk yang digunakan untuk mengorganisir dan menjalankan perangkat lunak komputer. Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini masih dikuasai windows, kemudian diikuti oleh mac OS, dan linux. Sistem operasi windows dikembangkan oleh perusahaan microsoft corporation.
Secara umum sistem operasi mempunyai fungsi utama yaitu:
-pengelola seluruh sumber daya sistem komputer atau sebagai resource manager
-penyedia layanan atau sebagai extend? virtual machine.
Sumber daya sistem komputer adalah semua komponen di sistem komputer yang dapat memberi manfaat. Sumber daya ini terdiri atas sumber daya fisik seperti keyboard-reader-mouse dan sumber daya abstrak seperti data dan program. Sistem komputer merupakan sekumpulan sumber daya untuk memindahkan, menyimpan, dan memproses data, serta untuk mengendalikan fungsi-fungsi tersebut. Sistem operasi bertanggung jawab mengelola sumber daya agar pengguna dapat menggunakannya secara benar dan efisien. Adapun tugas dari sistem operasi tersebut yaitu:
-melakukan pengelolaan memori
-menyediakan processor management yang bisa mengelola komputer agar dapat dipakai oleh banyak pemakai secara efisien.
-menyediakan pengelola peralatan device managemen
-menyediakan information managemen
4. Microsoft Outlook
Microsoft outlook adalah program yang dapat digunakan untuk menyimpan data dan menukar data ke komputer lainnya melalui e-mail.

B. Hardware

Hardware atau perangkat keras komputer untuk mengakses internet merupakan peralatan fisik minimal yang harus digunakan untuk mengakses internet. Ada beberapa contoh perangkat keras tersebut diantaranya :
1. Seperangkat Komputer
Beberapa kebutuhan dasar dari hardware yang dibutuhkan untuk mengakses internet antara lain:
a. Central processing unit (CPU). Adalah unit pemroses sentral pada sebuah komputer. Bagian dari CPU standar untuk mengakses internet terdiri atas:
:motherboard, merupakan papan rangkaian utama pada komputer tempat prosesor dan memori berada
:prosesor minimal pentium 100 MHz
:random acces memory (RAM) yaitu memori utama minimal 64 MB
:CD ROM driver
:hard disk minimal 6,4 GB
a. Monitor. Ada banyak jenis monitor diantaranya adalah jenis VGA dan SVGA dengan berbagai ukuran.
b. Mouse. Untuk mengendalikan dan melakukan perintah. Ditunjukkan dengan tanda anak panah atau lainya. Mouses juga banyak jenisnya yang bisa kita dapatkan.
c. keyboard. Merupakan papan ketik input data yang berupa karakter huruf maupun angka serta fungsi lain.
2. Modem
Modem merupakan perangkat keas yang digunakan untuk penghubung antara hardware komputer dengan jaringan telephon. Fungsi dari modem, yaitu mengubah informasi digital menjadi analog. Modem ada dua macam, modem internal dan modem eksternal.
-modem eksternal. Merupakan modem yang dipasang diluar kotak processing unit (CPU) dan memerlukan adaptor tersendiri.
-modem internal. Biasanya berbentuk card atau kartu yang dipasang di dalam kotak sistem motherboard di dalam CPU.
3. Jaringan Telepon
Jaringan telepon adalah jalur yang digunakan untuk komunikasi. Jaringan telepon sering juga disebut line telepon.
4. Komponen Hardware Tambahan
Selain perangkat utama tadi, terdapat juga perangkat tambahan untuk mendukung akses internet. Beberapa komponen hardware tambahan ini biasanya digunakan pada jaringan local area network ( LAN). Komponen tersebut antara lain yaitu:
a. server. Komputer server adalah komputer yang biasanya dikhususkan untuk menyimpan data atau sebagai basis jika melakukan sistem operasi berbasis jaringan (network operation system). Secara umum server adalah sebuah komputer yang berisi program-program, baik sistem operasi maupun program aplikasi yang menyediakan pelayanan kepada komputer-komputer lain. Komputer server juga berisikan daftar pengguna yang diperbolehkan masuk ke server tersebut.

Dalam model programming client , server adalah program-program yang menunggu dan memenuhi permintaan dari client program yang sama atau berbeda. Jenis server yang paling banyak digunakan adalah file server, disk server, printer server, dan terminal server.
Disk server digunakan untuk menyediakan fasilitas pengaksesan ke hard disk. Server ini bersifat transparan terhadap user (pengguna), sehingga setiap user merasa sedang mangakses hard disknya masing-masing. File atau program yang tersimpan dalam hard disk dapat diakses oleh setiap user seolah-olah file dan program tersebut berada dalam hard disk sendiri.
File server menyediakan pelayanan yang mirip dengan disk server, tetapi juga mengelola disk lokal setiap komputer. File server bekerja berdasarkan software disk held yang mengelola file-file yang tersimpan dan memungkinkan beberapa atau seluruh data yang tersimpan untuk dimanfaatkan oleh sejumlah user yang berbeda.
Terminal server bertindak seperti sebuah multiplexer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil atau terminal-terminal lain dapat mengakses sebuah titik LAN yang sama. Terminal server dapat digunakan untuk menyediakan akses ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.
b. Workstation. Adalah komputer yang ditunjukkan sebagai client dimana komputer ini sebagai tempat kerja atau pengolahan data yang di akses dari server. Waktu zamannya komputer mainframe, workstation di kenal sebagai perpanjangan komputer server, jika server down maka komputer client tidak dapat berfungsi. Akan tetapi sekarang workstation sebagian besar menggunakan komputer pribadi sehingga dapat difungsikan sebagai komputer stand alone.
c. NIC. Atau net interface card, adalah sebuah kartu jaringan yang dipasang pada slot sebuah motherboard komputer sehingga komputer dapat terhubung ke dalam jaringan. Terdapat juga beberapa card yang diperuntukkan khusus untuk laptop atau notebook.
d. Hub. Merupakan pembagi data bagi netword interface card dan sekaligus berfungsi sebagai penguat sinyal.
e. kabel konektor. Merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lainnya atau dengan peralatan jaringan lainnya yang digunakan untuk membentuk jaringan.
f. repeater. Fungsi dari repeater adalah untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen pertama. Dengan adanya repeater, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas.
g. bridge. Digunakan untuk menghubungkan dua buah LAN dan memungkinkan paket data dari satu LAN ke LAN lainya. Sebuah bridge menyediakan sambungan antara dua tipe LAN yang sama. Dengan bridge, jaringan LAN dapat diperluas, sehingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lain menjadi bagian dari LAN yang lebih besar.
h. Router. Memiliki kemampuan melekatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lainnya yang mungkin memiliki banyak jalur di atara keduanya. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN sehingga traffic (lalu lintas data) yang dibangkitkan oleh LAN terisolasi dengan baik oleh traffic yang dibangkitkan oleh LAN lainnya. Router terdiri dari dua jenis, yaitu sebagai berikut:
1. router dedicater, merupakan sebuah device khusus yang dibuat oleh pabrik. Misalnya cisco (http://www.cisco.com).
2. router PC, merupakan suatu PC yang dapat difungsikan sebagai router selama memiliki lebih dari satu interface jaringan, mampu memforward paket IP, serta mampu menjalankan program untuk mengatu routing paket.

2. Tata Cara Penyambungan Internet Melalui Internet Service Provider (ISP)

Setelah perangkat dasar untuk mengakses internet tersedia maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan ke internet service provider (ISP) terlebih dahulu agar mendapatkan software serta akses internet. ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet agar kita bisa terhubung ke jaringan komputer penyedia informasi. Maka dari itu, kita perlu mendaftarkan diri dan berlangganan dengan akses internet ke ISP. Layanan yang diberikan ISP agar terhubung ke internet ada berbagai cara, antara lain dial-up, digital subcriber line (DSL), internet Cable, satelit, wireless, leaserd line, dan kartu telepon seluler.

a. Dial-up, merupakan koneksi komputer ke dalam jaringan melalui sebuah modem. Modem digunakan untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog telepon dan sebaliknya.
b. Digital subcriber line (DSL) memberikan kecepatan akses inter untuk perorangan atau perusahaan.
c. Internet Cable, akses internet dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut Cable modem, yang menghubungkan komputer dengan TV kabel.
d. Satelit, akses internet dengan menyewa layanan satelit untuk koneksinya.
e. Wireless, dikenal juga dengan menyewa layanan wi-fi (wireless fidelity), yaitu hubungan internet menggunakan frekuensi radio yang menggunakan alat yang disebut acces point.
f. Leased, sama seperti dial-up, yaitu menggunakan koneksi telepon. Leased line digunakan untuk menghubungkan perusahaan yang terpisah secara geografis.
g. Kartu telepon seluler, koneksi internet menggunakan kartu telepon seluler memanfaatkan teknologi general packet radio service (GPRS). Kartu telepon seluler ada dua jenis yaitu GSM ( global system for mobile communications, dan CDMA (code division multiple access.

Instalasi Koneksi Internet

Agar dapat terhubung ke internet menggunakan akses dial-up line telepon, perlu adanya setting pada komputer. Cara yang dilakukan pada umumnya hampir sama pada setiap operasi sistem:

A. Memasang Modem

Untuk melakukan koneksi ke internet dengan dial-up telepon, komputer harus dikonfigurasi. Konfigurasi software untuk komputer tunggal dengan sistem operasi windows meliputi instalasi driver modem dan dial-up networking.

B. Melakukan Dial-Up

Setelah melakukan setting pada modem, selanjutnya kita dapat melakukan koneksi ISP tempat kita mendaftarkan diri, sebagai contoh PT telkom menggunakan koneksi ISP telkomnet. ISP tersebut merupakan salah satu ISP yang tidak perlu mengurus pendaftaran karena fasilitas akses internet diberikan kepada setiap pelanggan PT telkom.

Bentuk Koneksi Internet Service Provider (ISP)

Internet service provider (isp )adalah sebuah perusahaan jasa layanan internet yang menyediakan koneksi internet dan layanan tambahan lainya, seperti TCP, modem dan dedicater connection. Jasa layanan online yang sudah dikenal adalah seperti:
-Microsoft network
-americans online (AOL)
Sedangkan jasa layanan yang terkenal di indonesia adalah telkomnet dari PT telkom dan layanan dari PT indosat.

Berikut berbagai jenis koneksi yang diberikan oleh ISP:

a. TCP/IP connection: bila semua hardware dan software yang kita miliki ingin terkoneksi atau akses ke internet secara langsung, kita harus menggunakan transmission control protocol (TCP) atau internet protocol (IP).
b. dial-up: bila kita menggunakan modem untuk dial-up ke ISP agar mendapat koneksi ke internet (login pasword) maka hal itu disebut akses dial-up.
c. dedicater: bila kita ingin menggunakan akses online ke internet 1x24 jam, kita harus menggunakan koneksi leased line atau bisa juga menggunakan cable connection bila tempat kita dekat dengan ISP yang kita gunakan.

Ukuran Kecepatan Akses Internet


Ketika kita melakukan surfing informasi di dunia maya, terkadang kita menemukan komputer yang mampu mengakses data dengan cepat dan terkadang ada juga yang terlalu lambat. Kecepatan akses data tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari luar maupun dalam. Faktor dari dalam berkaitan dengan perangkat keras komputer yang digunakan. Sedangkan faktor dari luar adalah seperti jumlah pengakses jaringan dan jumlah informasi yang diambil.

1. ukuran kecepatan akses internet

Ukuran kecepatan tersebut adalah bit per second atau bps. Contohnya ukuran kecepatan modem adalah 50 kbps, berarti modem tersebut mampu melakukan pengiriman data sebanyak 56.000 bit per second atau detik.

2. topologi jaringan.

Secara umum topologi jaringan adalah hubungan antara node (komputer dan perangkatnya) dalam sebuah jaringan. Dua atau lebih perangkat disambungkan untuk membentuk link dan dua atau lebih link akan membentuk topologi. Topologi jaringan merupakan gambaran geometris dari hubungan antar seluruh link dan perangkat. Macam topologi dapat dibedakan berdasarkan dua sudut pandang yaitu fisik dan lojik. Namun biasanya istilah topologi lebih mengarah kepada topologi fisik. Macam-macam topologi fisik tersebut adalah bus, tree, ring, atau star. Sedangkan topologi lojik mengacu pada tata hubungan antar node dalam sebuah jaringan dilihat dari sudut pandang perangkat lunak yang menangani proses pengiriman data antar stasiun pengiriman dan stasiun penerima.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet.

1. faktor dari dalam komputer:

1) modem yang digunakan.
2) komputer yang digunakan
3) kualitas line telephone
4) program penjalan fungsi internet.

2. faktor dari luar komputer:

a. jumlah pengakses situs.
Semakin banyak jumlah pengakses suatu situs maka semakin lambat data yang akan diakses. Hal tersebut dikarenakan harus bergantian untuk dapat membukanya. Begitu juga bila kita membuka banyak situs sekaligus.
b. jumlah pengakses isp
semakin banyak pengakses internet sevice provider (isp) pada saat yang bersamaan maka kecepatan akses akan melambat. ISP di ibaratkan sebuah jalan raya.
c. kecepatan akses server
kecepata akses server yang digunakan akan berpengaruh terhadap akses data di internet. Sever adalah komputer penyedia layanan informasi.
d. Jenis telekomunikasi
jenis telekomunikasi yang digunakan juga mempengaruhi kecepatan akses internet.

Artikel Terbaru:

Apa Pendapat Anda?