9 #Ragam Jenis Musik Asli Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui


Perkembangan musik di indonesia bisa dikatakan melalui tahap-tahap yang tidak jelas. Mereka tercipta begitu saja, begitu natural dan menyesuaikan dengan budaya dan lingkungan alam. Berbeda dengan musik barat yang seperti diketahui, benar-benar dibangun melalui perkembangan teknis komposisi dan praktik musik yang disusun dalam zaman dan gaya musik. Musik indonesia awalnya hanya bersifat tradisi dengan sistem yang tidak dapat dihitung dengan standar tertentu seperti musik barat. Musik ini hanya di wariskan secara lisan yang sewaktu-waktu dapat tertelan perkembangan zaman.

Musik indonesia memiliki ragam gaya dan ciri khas sehingga mereka memiliki kekayaan intelektual tersendiri. Sebagian besar musik digunakan untuk memenuhi fungsi hiburan semata meskipun diantaranya terdapat juga sebagai media pendidikan. Terlepas dari jenisnya, musik di diindonesia dapat kita kelompok menjadi beberapa bagian, diantaranya:
9 Ragam (Jenis) Musik Yang Ada di Indonesia (Nusantara)

1. Musik Anak-Anak

Ciri-ciri musik anak-anak adalah lirik lagu yang pendek, nada tidak rumit dan mudah di tirukan. Tema lagu biasanya sangat polos dan bahasa yang digunakan mudah diterima atau tidak menggunakan bahasa kiasan yang berbelit-belit. Umumnya lagu anak-anak ini diciptakan untuk tujuan pendidikan positif disamping sebagai hiburan.

2. Musik Daerah

Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya dan bahasa yang masing-masing mereka memiliki musik khas tersendiri. Awalnya musik ini dinyanyikan pada kesempatan upacara adat dan perhelatan lainnya. Kebanyakan lagu-lagu daerah dipakai sebagai sarana hiburan masyarakat dan dekat dengan rakyat jelata sehingga dikenal juga dengan sebutan lagu rakyat. bahasa dan gaya yang digunakan sesuai dengan bahasa dan gaya bahasa daerah tersebut. Bentuk dan pola serta susunan melodinya masih sederhana sehingga mudah untuk dikuasai oleh masyarakat.

3. Musik Perjuangan

Setiap bangsa dan negara memiliki lagu-lagu perjuangan tersendiri dalam rangka untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan bangsa, kepahlawanan dan nasionalisme. Irama lagu perjuangan umumnya bersemangat dan semarak. Mereka mengungkapkan dan menanggungkan tentang upaya kebesaran bangsa, upaya ketercapaian kemerdekaan, kemakmuran, dan kebenaran yang biasanya berbentuk hymne.

4. Musik Keroncong

Ada bahwa musik keroncong merupakan peninggalan bangsa Portugis sewaktu mereka berada di Indonesia pada masa silam. Namun bukti otentik yang menunjukkan bahwa irama keroncong milik bangsa Portugis tidak memiliki bekas. Bahkan bentuk instrumen musik keroncong tidak sedikitpun dapat ditemukan di negara Portugis. Musik ini sudah memiliki bentuk sendiri yang uni dan hanya terdapat di Indonesia.

5. Musik Stambul

Stambul merupakan variasi dari keroncong. Istilah stambul ini berasal dari kata istambul atau Konstantinopel, ibu kota negara Turki. Sejarah budaya mengungkapkan bahwa musik stambul mulai munci sekitar permulaan abad ke-20. Saat itu mulai muncul rombongan kesenian keliling dari kota ke kota. Rombongan tersebut selalu membawa tenda yang cukup luas untuk pentas maupun penonton. Dalam pertunjukan yang mereka tampilkan banyak sekali diambil cerita dari kisah seribu satu malam, yang ceritanya berkisar di kota Istambul. Setelah itu, nama sandiwara keliling tersebut lebih populer dengan nama sandiwara stambul. Lagu yang mereka ciptakan untuk keperluan pentas hanya berjumlah delapan dan diberi nama stambul 1 sampai dengan stambul VIII.

6. Musik Populer

Populer memiliki dua makna, pertama musik yang sedang disenangi oleh masyarakat pada kurun waktu tertentu. Lagu yang sedang populer akan terdengar setipa saat, bahkan orang merasa ketinggalan bila mereka tidak mengenal lagu tersebut. Lagu populer suatu daerah belum tentu sama dengan daerah lain. Kedua adalah jenis lagu yang disajikan dengan mengutamakan teknik penyajian dan kebebasan dalam menggunakan ritme dan jenis instrumen bukan karena bentuk, pola, maupun komposisi lagu. Permainan ritme yang kuat ditunjukkan dengan teknik permainan drum dan gitar bass yang menggebu-gebu. ritmenya bersifat alamiah sehingga orang mudah untuk mencernanya. aksesoris dan gaya yang beraneka ragam ditampilkan oleh musisi-mosisi populer yang memiliki tujuan agar lebih menghayati lagu yang sedang ditampilkan.

7. Musik Seriosa

Seriosa merujuk pada teknik pengungkapan lagu secara sungguh-sungguh bukan pada bentuk atau komposisi lagu. Dalam musik seriosa seorang penyanyi harus mampu mengungkapkan lagu secara serius. penyanyi harus melakukan interpretasi secara tepat agar mammpu mendekati kemauan sang komponis dan luluh ke dalam lagu tersebut. sehingga ia mampu menjadi pelaku dari tokoh lagu tersebut. Sementara itu, teknik vokal yang baik harus dikuasai secara mapan dalam musik ini. improvisasi kalimat lagu dengan berbagai ornamentasi harus mampu mengembang secara baik. teknik pernapasan, pemenggalan frase lagu (frasering), penguasaan jangkauan nada (ambitus), teknik pembentukan suara, dan teknik menggetarkan suara (vibrasi) harus dilakukan dengan serius.

8. Musik Langgam

Pada umumnya masyarakat masih menyamakan antara musik keroncong dengan musik langgam. Ini berbeda, meskipun Langgam memang merupakan varian musik koroncong. Namun, kedua jenis musik ini memiliki perbedaan yang mendasar.

9. Musik Dangdut

Musik dangdut merupakan hasil dari interaksi budaya melayu, India, dan musik daerah Indonesia yang melingkupinya. Musik tersebut berasal dari kelas bawah, kemudian berevolusi hingga mengalahkan jenis musik Pop, Rock, Jazz dan lainnya dalam jumlah penggemarnya. Tarian perut ala India diperkirakan bertransisi ke dalamnya hingga menjadi goyang dangdut. Karakteristik musik dangdut didapat dari bunyi ketipung yang terdengar ndang dan nduut. Musik ini terdengar mirip dengan musik ala India. irama musiknya ringan, sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya untuk mengggerak-gerakkan anggota badannya.

Selain itu, syair lagunya pun mudah dicerna sehingga mudah diterima oleh orang-orang yang mendengarnya. Aransemen musik dangdut juga sangat bervariasi dan beragam. Sentuhan teknologi modern memperkaya nuansa musik dangdut dengan penambahan instrumentasi, model kostum, serta teknik permainan instrumen musisi dangdut. ini membuat dangdut semakin mekar dan menguasai pasaran serta media di Indonesia.

Baca Juga:

Apa Pendapat Anda?

 

Anda Sedang Menggunakan Ad Blocker?

Matikan Ad Blocker Anda terlebih dahulu KHUSUS untuk situs ini saja matabaraja.com

Tidak perlu khawatir, tidak ada iklan jahat di sini

Jika tidak paham caranya, silahkan Kunjungi: HOW TO WHITELISTING?

Thank you!

×