Estimasi Earning Multiplier Untuk Mengetahui Pertumbuhan Earning Industri


Estimasi Earning Multiplier Industri Untuk Mengetahui Tingkat Pertumbuhan Earning Industri

Setelah melakukan analisis faktor yang mempengaruhi intensitas persaingan industri, Selanjutnya, investor perlu melakukan estimasi earning multiplier industri dengan menggunakan 2 teknik, yaitu analisis makro dan analisis mikro. Analisis makro dilakukan untuk mempelajari hubungan antara earning multiplier untuk industri dengan earning multiplier pasar. Analisis makro mengasumsikan adanya hubungan antara perubahan dalam tingkat return yang diisyaratkan dalam industri (k) dengan tingkat pertumbuhan earning dan dividen industri yang diharapkan (g) untuk industri tertentu dalam pasar secara keseluruhan.

Asumsi ini sama halnya dengan hubungan antara perubahan dalam price earning ratio (P/E) industri dengan price earning ratio (P/E) pasar. Dalam melakukan analisis ini, investor terlebih dahulu perlu mengevaluasi kualitas hubungan antara rasio P/E industri yang akan dianalisis dengan P/E pasar. Penyebabnya, hubungan antara industri dengan pasar tidak sama untuk setiap industri. Mungkin saja, suatu industri tertentu hubungan tersebut tidak signifikan. Oleh karena, investor perlu menggunakan makro untuk mengestimasi earning multiplier untuk industri.

Selain menggunakan analisis makro, investor juga perlu melakukan analisis mikro untuk estimasi earning multiplier dengan cara mengamati variabel-variabel yang mempengaruhi earning multiplier industri seperti: dividen-payout ratio (DPR), tingkat return yang diisyaratkan dalam industri (k), dan tingkat pertumbuhan earning dan dividen industri yang diharapkan. Investor perlu membandingkan ketiga variabel tersebut dengan price earning ratio pasar. Dari analisis tersebut, akan diketahui apakah earning multiplier industri akan berada di atas atau di bawah atau sama dengan earning multiplier. Informasi tersebut akan berguna untuk membantu membuat keputusan, sehingga investor dapat melanjutkan kepada analisis berikut.

Artikel Terbaru: