Sistem Distribusi Perusahaan Berbasis Teknologi Informasi (Internet)


Sistem Distribusi Perusahaan Berbasis Teknologi Informasi (Internet)
image: https://www.pexels.com

Proses pendistribusian produk merupakan salah satu bagian penting dalam pemasaran. Dengan kata lain, kesuksesan pemasaran juga dipengaruhi oleh sistem distribusi yang dijalankan. Bisnis apapun, produk apapun harus dapat didistribusikan secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Struktur, fungsi, dan siklus jaringan distribusi perlu dikonversikan kedalam sistem informasi manajemen distribusi, sehingga informasi distributor, pelayanan, transaksi, aktivitas dan pelanggan dapat diidentifikasi, dikendalikan dan dipantau secara terpusat. Pergerakan distribusi juga dapat diidentifikasi dan diawasi secara aktual, dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) untuk melengkapi sistem informasi yang digunakan.

Perusahaan juga perlu mempertimbangkan skema jalur ganda untuk pendistribusian produk mereka, yaitu: jalur internal dan jalur eksternal. Sederhananya, jalur internal adalah jalur yang dikelola sendiri dan menjadi bagian dari manajemen internal perusahaan. Sedangkan, jalur eksternal adalah jalur distribusi yang melibatkan dan memberdayakan pihak luar sebagai distributor dengan prosedur tertentu. Ketika menggunakan jalur eksternal, perusahaan perlu membina hubungan baik dengan pihak distributor untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Selain Jalur distribusi ganda, perusahaan juga perlu menerapkan skema layanan multi akses (umumnya dikenal sebagai “Customer services”) dengan mempertimbangkan kemudahan dan keleluasaan pelanggan dalam memperoleh layanan. Perusahaan perlu menyesuaikan pelanyanan mereka dengan kesibukan dan gaya hidup keseharian konsumen. Oleh karena, konsumen cenderung menginginkan layanan yang praktis, fleksibel, dan informatif. Maka, perusahaan dapat mengembangkan jalur-jalur pelayanan pelanggan yang akomodatif dan variatif seperti: SMS Centre, Call Centre, Google Talk, Yahoo Messenger, Facebook Messenger, Email, dan aplikasi chatiing seperti: Blackberry Masengger, What’s App, Line dan sebagainya.

Artikel Terbaru: