Peran Teknologi Informasi Bagi Pemasaran Produk Perusahaan


Peran Teknologi Informasi Bagi Pemasaran Produk Perusahaan
Image: http://pexels.com

Informasi merupakan bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari informasi secara langsung untuk mengenali perkembangan dunia, termasuk perkembangan bisnis. Teknologi informasi dapat membuat komunikasi dan penyelesaian pekerjaan secara tidak langsung tanpa harus bertatap muka, sehingga produksi dalam industri menjadi lebih efisien dan efektif. Apabila perusahaan tidak menguasai dan menerapkan teknologi informasi dalam industrinya, perusahaan akan tertinggal oleh pesaingnya.

Mendapatkan informasi, perusahaan perlu mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Meski begitu, perusahaan tetap harus melakukannya karena penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu parameter keunggulan suatu perusahaan. Harga yang dibayar tersebut memiliki opportunity cost yang sebanding. Penggunaan teknologi informasi terhadapt perkembangan bisnis suatu perusahaan itu penting, disamping pihak manajemen yang juga harus dibenahi.

Peran Teknologi Informasi dalam Pemasaran


Teknologi dalam pemasaran punya peran penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan atau suatu badan usaha. Pada saat ini pemasaran jika tidak didukung oleh perkembangan teknologi informasi yang maju, tidak dapat bekerja secara maksimal. Peranan teknologi dalam pemasaran dapat menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, serta keterkaitan dengan promosi, dan pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen. Sehingga pemasaran produk dapat berjalan secara maksimal.

Dalam bidang pemasaran teknologi informasi ini dibutuhkan untuk kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi seperti promosi produk via internet, penjualan barang online, dan menyediakan jasa costomer service online. Contoh: Amazon yang menjual buku dengan pemasaran online. Perusahaan ini menggunakan aplikasi costomer relationship management (CRM). Sehingga Amazon memiliki keunggulan kompetitif dari pesaingnya. Aplikasi tersebut dapat membantu mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan. Hal ini berpengaruh pada kinerja perusahaan menjadi lebih efektif. Begitu pula di dalam negeri, saat ini telah banyak situs-situs lokal yang menjual barang atau jasa secara online dan menyediakan jasa costumer service yang online pula. Umumnya perusahaan yang berkembang dan memfokuskan diri pada pelanggan akan lebih peka terhadap perubahan teknologi informasi.

Artikel Terbaru: