Pengembangan Pemasaran Perusahaan Berbasis Teknologi Informasi (Internet)


Pengembangan Pemasaran Perusahaan Berbasis Teknologi Informasi (Internet)
Image: http://pexels.com

Memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan produk, menjadi salah satu strategi khusus bagi perusahaan untuk memperluas peluang pasar yang dimiliki. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis tersebut UKM yang berhasil mengekspor porduk unggulan yang diciptakan berkat bantuan jaringan internet. Hal ini menjadi bukti nyata bagi mereka bahwa internet memberikan peranan yang cukup penting untuk kemajuan UKM di dalam negeri. Lalu, mengapa pelaku bisnis perlu menggunakan internet sebagai sarana pemasaran mereka?:

1. Cakupan pasar yang sangat luas.


Di dalam negeri penduduk sebagian besar sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, rata-rata masyarakat mengakses internet paling tidak 2 jam sehari, dan paling banyak dikunjungi adalah sosial media, browsing, baca berita, cek email, download/upload, dan chattingan. Diperdiksi setiap tahun pengguna akan terus meningkat.

2. Mudah dan Murah menggunakan riset pasar


Melalui internet dapat membantu melakukan riset pasar, dengan memanfaatkan alat yang telah disediak search engine. Contoh: Google Search – “Keyowrd Tool”.

3. Memasarkan produk tanpa melihat struktur usaha.


Menjual produk menggunakan internet tanpa perlu menyediakan tempat usaha yang besar, cukup dengan mengandalkan website profesional.

4. Internet dapat diakses 24 jam sehari per minggu.


Berbeda dengan toko fisik yang terkadang hanya buka pada waktu tertentu, toko online dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

5. Berbayar Atau Gratis.


Apabila hendak menggunakan website sebagai media penjualan online, perusahaan perlu membeli paket domain dan hosting pada penyedia layanannya. Namun apabila pelaku bisnis hanya ingin menggunakan layanan yang gratis, mereka bisa menggunakan sosial media dan blog pribadi secara gratis, contoh: Blogger dan Wordpress.

6. Cepat, murah, dan tepat sasaran.


Internet sebagai media pemasaran memang sangat efektif, karena banyak menghemat biaya dan tepat pada sasaran. Internet merupakan jalur komunikasi dua arah dimana orang dapat melakukan komunikasi berulang-ulang. Internet sangat berguna sebagai deliver information, yang mendukung keputusan pembelian saat ingin melakukan pembelian.

Cara Menggunakan Teknologi Informasi Untuk Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas


Untuk membantu pelaku bisnis menjangkau peluang pasar yang lebih luas, pemasaran online dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara berikut:

1. Memanfaatkan Peranan Multimedia


Dalam pemasaran online, dukungan multimedia sangat penting untuk menciptakan media promosi yang menarik perhatian konsumen. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan media berupa foto dan video untuk mempromosikan produk melalui dunia maya. Selain itu, keberadaan foto dan video juga bisa menjadi salah satu media pendukung bagi konten-konten artikel yang dipublikasikan di situs online milik mereka. jadi selain memberikan daya tarik tersendiri, konten berupa foto dan video menjadi sarana yang cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Memanfaatkan Iklan Online


Saat ini sudah banyak situs online yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai macam produk maupun jasa baik secara gratis maupun berbayar. Mulai dari pemasangan iklan baris, iklan banner atau bergabung dengan komunitas online atau forum bisnis yang menyediakan tempat khusus untuk mengeskplore produk unggulan. Dengan memperluas iklan online yang dipasang, maka secara langsung telah menciptakan peluang-peluang baru untuk mendatangkan transaksi penjualan sebanyak mungkin.

3. Memanfaatkan Situs Jejaringan Sosial


Disamping memanfaatkan situs iklan online, bisa juga memanfaatkan situs jejairing sosia yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai lapak online. Contoh: Facebook, Twitter, Google+. Bisa juga menggunakan aplikasi smartphone dan sosial media lain seperti: Instagram. Melalui jejaring sosial tersebut, pelaku bisnis dapat mempublikasikan produk yang ditawarkan serta menjalin komunikasi langsung dengan calon konsumen yang tertarik dengan penawaran produk tersebut. Strategi ini sering digunkan oleh pelaku bisnis terutama UKM karena gratis dan mudah. Sehingga peluang untuk mendatangkan konsumen semakin terbuka luas.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada di internet, diharapkan para pelaku bisnis terutama UKM mampu mengoptimalkan strategi pemasaran yang dijalankan dan menghasilkan omset penjualan yang sebesar-besarnya.



Referensi:
http://www.academia.edu/11950905/strategi-pemasaran-digital

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?