Manfaat Teknologi Informasi Bagi Perusahaan (UKM) Manufaktur dan Jasa


Manfaat Teknologi Informasi Bagi Perusahaan (UKM) Manufaktur dan Jasa
Image: http://pexels.com

Saat ini perkembangan teknologi memiliki peran yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari bisnis perusahaan. Perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Meskipun, teknologi informasi juga memberikan kemudahan, disisi lain teknologi informasi juga bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik dan kurang bermanfaat. Oleh karena itu dalam penggunaannya harus dilakukan secara bijak tanpa harus merugikan pihak lain.

1. Teknologi informasi berguna untuk membantu kinerja perusahaan dalam meningkatkan kecepatan integrasi pengetahuan dan aplikasinya.


Hal ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan atau mengotomatiskan kegiatan-kegiatan rutin organisasi, sehingga meringankan kerja karyawan-karyawan. Maka, seiring dengan bertambahnya nilai perusahaan, penggunaan teknologi informasi baik internet, seperti: email, dan papan buletin elektronik, intranet, database, sistem manajemen data elektronik dan juga sistem manajemen pengetahuan untuk meningkatkan sharing pengetahuan antar karyawan.

Pada perusahaan, segala informasi dan pengetahuan dikodifikasi dan dikumpulkan dalam database sehingga mudah diakses dan digunakan oleh siapapun di dalam perusahaan. Bagian pergudangan dan produksi, teknologi informasi dapa digunakan untuk mengontrol jumlah barang yang dihasilkan dan jumlah barang yang keluar, sehingga data yang ada dapat lebih mudah diakses dan lebih teliti.

2. Teknologi berbasis internet berguna untuk membantu perusahaan dalam melakukan promosi.


Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat e-Commerce sehingga di dalamnya dapat dilakukan promosi, melalui e-Commerce dalam cakupan yang sangat luas. Dengan teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet global, memberikan peluang dalam pemasaran produk dan jasa. Jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah terutama dalam bisnis jasa. Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses, dibalik itu tetap sumber daya manusia dan strategi pemasaran memegang kunci utama.

3. Teknologi informasi berguna untuk mempermudah manajer dalam mencari informasi tentang karyawan, pada bagian manajemen karyawan perusahaan.


Pemberian gaji karyawan menjadi lebih mudah karena bisa langsung dikirim lewat transfer rekening. Manajer dapat mengadakan pertemuan atau rapat khusus pada waktu tertentu tanpa harus bertemu secara langsung, misalnya: melalui video converence. Pengiriman proposal atau tugas karyawan ke manajer menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan email sebagai prasarana mengirim surat.

4. Manajemen keuangan menjadi lebih mudah untuk dikontrol.


Dengan menggunakan software untuk keuangan dan akuntansi pencatatan arus kas lebih mudah untuk dikontrol dan mudah untuk diakses serta lebih efisien dan efektif. Pencatatan keuangan juga lebih praktis karena tidak membutuhkan buku untuk pencatatan secara manual.

Peran Teknologi Informasi dalam Pemasaran

Teknologi dalam pemasaran punya peran penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan atau suatu badan usaha. Pada saat ini pemasaran jika tidak didukung oleh perkembangan teknologi informasi yang maju, tidak dapat bekerja secara maksimal. Peranan teknologi dalam pemasaran dapat menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, serta keterkaitan dengan promosi, dan pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen. Sehingga pemasaran produk dapat berjalan secara maksimal.

Dalam bidang pemasaran teknologi informasi ini dibutuhkan untuk kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi seperti promosi produk via internet, penjualan barang online, dan menyediakan jasa costomer service online. Contoh: Amazon yang menjual buku dengan pemasaran online. Perusahaan ini menggunakan aplikasi costomer relationship management (CRM). Sehingga Amazon memiliki keunggulan kompetitif dari pesaingnya. Aplikasi tersebut dapat membantu mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan. Hal ini berpengaruh pada kinerja perusahaan menjadi lebih efektif. Begitu pula di dalam negeri, saat ini telah banyak situs-situs lokal yang menjual barang atau jasa secara online dan menyediakan jasa costumer service yang online pula. Umumnya perusahaan yang berkembang dan memfokuskan diri pada pelanggan akan lebih peka terhadap perubahan teknologi informasi.




Referensi:
http://www.amanysistem.com/article-pentingnya-teknologi-informasi-untuk-bisnis-anda-article.html

Artikel Terbaru: