Makalah Pengembangan Pemasaran Perusahaan Berbasis Teknologi Informasi (Internet)


Makalah Pengembangan Pemasaran Perusahaan Berbasis Teknologi Informasi (Internet)
image: https://pexels.com

Informasi merupakan bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari informasi secara langsung untuk mengenali perkembangan dunia, termasuk perkembangan bisnis. Teknologi informasi dapat membuat komunikasi dan penyelesaian pekerjaan secara tidak langsung tanpa harus bertatap muka, sehingga produksi dalam industri menjadi lebih efisien dan efektif. Apabila perusahaan tidak menguasai dan menerapkan teknologi informasi dalam industrinya, perusahaan akan tertinggal oleh pesaingnya.

Mendapatkan informasi, perusahaan perlu mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Meski begitu, perusahaan tetap harus melakukannya karena penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu parameter keunggulan suatu perusahaan. Harga yang dibayar tersebut memiliki opportunity cost yang sebanding. Penggunaan teknologi informasi terhadapt perkembangan bisnis suatu perusahaan itu penting, disamping pihak manajemen yang juga harus dibenahi.

A. Peran Teknologi Informasi Bagi Perusahaan


Saat ini perkembangan teknologi memiliki peran yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari bisnis perusahaan. Perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Meskipun, teknologi informasi juga memberikan kemudahan, disisi lain teknologi informasi juga bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik dan kurang bermanfaat. Oleh karena itu dalam penggunaannya harus dilakukan secara bijak tanpa harus merugikan pihak lain.

1. Teknologi informasi berguna untuk membantu kinerja perusahaan dalam meningkatkan kecepatan integrasi pengetahuan dan aplikasinya.


Hal ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan atau mengotomatiskan kegiatan-kegiatan rutin organisasi, sehingga meringankan kerja karyawan-karyawan. Maka, seiring dengan bertambahnya nilai perusahaan, penggunaan teknologi informasi baik internet, seperti: email, dan papan buletin elektronik, intranet, database, sistem manajemen data elektronik dan juga sistem manajemen pengetahuan untuk meningkatkan sharing pengetahuan antar karyawan.

Pada perusahaan, segala informasi dan pengetahuan dikodifikasi dan dikumpulkan dalam database sehingga mudah diakses dan digunakan oleh siapapun di dalam perusahaan. Bagian pergudangan dan produksi, teknologi informasi dapa digunakan untuk mengontrol jumlah barang yang dihasilkan dan jumlah barang yang keluar, sehingga data yang ada dapat lebih mudah diakses dan lebih teliti.

2. Teknologi berbasis internet berguna untuk membantu perusahaan dalam melakukan promosi.


Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat e-Commerce sehingga di dalamnya dapat dilakukan promosi, melalui e-Commerce dalam cakupan yang sangat luas. Dengan teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet global, memberikan peluang dalam pemasaran produk dan jasa. Jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah terutama dalam bisnis jasa. Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses, dibalik itu tetap sumber daya manusia dan strategi pemasaran memegang kunci utama.

3. Teknologi informasi berguna untuk mempermudah manajer dalam mencari informasi tentang karyawan, pada bagian manajemen karyawan perusahaan.


Pemberian gaji karyawan menjadi lebih mudah karena bisa langsung dikirim lewat transfer rekening. Manajer dapat mengadakan pertemuan atau rapat khusus pada waktu tertentu tanpa harus bertemu secara langsung, misalnya: melalui video converence. Pengiriman proposal atau tugas karyawan ke manajer menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan email sebagai prasarana mengirim surat.

4. Manajemen keuangan menjadi lebih mudah untuk dikontrol.


Dengan menggunakan software untuk keuangan dan akuntansi pencatatan arus kas lebih mudah untuk dikontrol dan mudah untuk diakses serta lebih efisien dan efektif. Pencatatan keuangan juga lebih praktis karena tidak membutuhkan buku untuk pencatatan secara manual.

B. Peran Teknologi Informasi dalam Pemasaran


Teknologi dalam pemasaran punya peran penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan atau suatu badan usaha. Pada saat ini pemasaran jika tidak didukung oleh perkembangan teknologi informasi yang maju, tidak dapat bekerja secara maksimal. Peranan teknologi dalam pemasaran dapat menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, serta keterkaitan dengan promosi, dan pendistribusian barang atau jasa kepada konsumen. Sehingga pemasaran produk dapat berjalan secara maksimal.

Dalam bidang pemasaran teknologi informasi ini dibutuhkan untuk kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi seperti promosi produk via internet, penjualan barang online, dan menyediakan jasa costomer service online. Contoh: Amazon yang menjual buku dengan pemasaran online. Perusahaan ini menggunakan aplikasi costomer relationship management (CRM). Sehingga Amazon memiliki keunggulan kompetitif dari pesaingnya. Aplikasi tersebut dapat membantu mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan. Hal ini berpengaruh pada kinerja perusahaan menjadi lebih efektif. Begitu pula di dalam negeri, saat ini telah banyak situs-situs lokal yang menjual barang atau jasa secara online dan menyediakan jasa costumer service yang online pula. Umumnya perusahaan yang berkembang dan memfokuskan diri pada pelanggan akan lebih peka terhadap perubahan teknologi informasi.

C. Pengembangan Pemasaran Perusahaan Berbasis Teknologi Informasi


Memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan produk, menjadi salah satu strategi khusus bagi perusahaan untuk memperluas peluang pasar yang dimiliki. Saat ini sudah banyak pelaku bisnis tersebut UKM yang berhasil mengekspor porduk unggulan yang diciptakan berkat bantuan jaringan internet. Hal ini menjadi bukti nyata bagi mereka bahwa internet memberikan peranan yang cukup penting untuk kemajuan UKM di dalam negeri. Lalu, mengapa pelaku bisnis perlu menggunakan internet sebagai sarana pemasaran mereka?:

1. Cakupan pasar yang sangat luas.


Di dalam negeri penduduk sebagian besar sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, rata-rata masyarakat mengakses internet paling tidak 2 jam sehari, dan paling banyak dikunjungi adalah sosial media, browsing, baca berita, cek email, download/upload, dan chattingan. Diperdiksi setiap tahun pengguna akan terus meningkat.

2. Mudah dan Murah menggunakan riset pasar


Melalui internet dapat membantu melakukan riset pasar, dengan memanfaatkan alat yang telah disediak search engine. Contoh: Google Search – “Keyowrd Tool”.

3. Memasarkan produk tanpa melihat struktur usaha.


Menjual produk menggunakan internet tanpa perlu menyediakan tempat usaha yang besar, cukup dengan mengandalkan website profesional.

4. Internet dapat diakses 24 jam sehari per minggu.


Berbeda dengan toko fisik yang terkadang hanya buka pada waktu tertentu, toko online dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

5. Berbayar Atau Gratis.


Apabila hendak menggunakan website sebagai media penjualan online, perusahaan perlu membeli paket domain dan hosting pada penyedia layanannya. Namun apabila pelaku bisnis hanya ingin menggunakan layanan yang gratis, mereka bisa menggunakan sosial media dan blog pribadi secara gratis, contoh: Blogger dan Wordpress.

6. Cepat, murah, dan tepat sasaran.


Internet sebagai media pemasaran memang sangat efektif, karena banyak menghemat biaya dan tepat pada sasaran. Internet merupakan jalur komunikasi dua arah dimana orang dapat melakukan komunikasi berulang-ulang. Internet sangat berguna sebagai deliver information, yang mendukung keputusan pembelian saat ingin melakukan pembelian.

Cara Memasarkan Produk Secara Online (di Internet)

Untuk membantu pelaku bisnis menjangkau peluang pasar yang lebih luas, pemasaran online dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara berikut:

1. Memanfaatkan Peranan Multimedia


Dalam pemasaran online, dukungan multimedia sangat penting untuk menciptakan media promosi yang menarik perhatian konsumen. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan media berupa foto dan video untuk mempromosikan produk melalui dunia maya. Selain itu, keberadaan foto dan video juga bisa menjadi salah satu media pendukung bagi konten-konten artikel yang dipublikasikan di situs online milik mereka. jadi selain memberikan daya tarik tersendiri, konten berupa foto dan video menjadi sarana yang cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Memanfaatkan Iklan Online


Saat ini sudah banyak situs online yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai macam produk maupun jasa baik secara gratis maupun berbayar. Mulai dari pemasangan iklan baris, iklan banner atau bergabung dengan komunitas online atau forum bisnis yang menyediakan tempat khusus untuk mengeskplore produk unggulan. Dengan memperluas iklan online yang dipasang, maka secara langsung telah menciptakan peluang-peluang baru untuk mendatangkan transaksi penjualan sebanyak mungkin.

3. Memanfaatkan Situs Jejaringan Sosial


Disamping memanfaatkan situs iklan online, bisa juga memanfaatkan situs jejairing sosia yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai lapak online. Contoh: Facebook, Twitter, Google+. Bisa juga menggunakan aplikasi smartphone dan sosial media lain seperti: Instagram. Melalui jejaring sosial tersebut, pelaku bisnis dapat mempublikasikan produk yang ditawarkan serta menjalin komunikasi langsung dengan calon konsumen yang tertarik dengan penawaran produk tersebut. Strategi ini sering digunkan oleh pelaku bisnis terutama UKM karena gratis dan mudah. Sehingga peluang untuk mendatangkan konsumen semakin terbuka luas.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada di internet, diharapkan para pelaku bisnis terutama UKM mampu mengoptimalkan strategi pemasaran yang dijalankan dan menghasilkan omset penjualan yang sebesar-besarnya.

D. Strategi Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi Informasi


Pengembangan strategi pemasaran berbasis teknologi informasi dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut:

1. Pemasaran Online

Kata yang cukup mudah untuk pemasaran online adalah strategi atau metode untuk mengenalkan produk lengkap dengan brand sebuah perusahaan kepada konsumen. Pemasaran online atau disebut juga dengan internet marketing atau iklan online memiliki manfaat seperti berikut:
Bagi Pembeli:
a. Nyaman
b. Akses dan pilihan lebih lengkap.
c. Interaktif dan lebih cepat.
d. Memberi banyak akses dan informasi.
Bagi Penjual:
a. Efektif hubungan dengan konsumen.
b. Dapat diatur dengan cepat dan tepat.
c. Menekan biaya operasional menjadi lebih efektif dan efisien.
d. Medium global.

2. Digital Marketing


Digital marketing (pemasaran digital) adalah kegiatan pemasaran mulai dari eksplore pasar, mengikat dan mengeksekusi pasar yang menggunakan media horizontal. Digital marketing ini merupakan strategi yang sangat populer dan digunakan oleh sebagian besar marketers diseluruh dunia. Hal ini merupakan dampat dari meningkatnya penggunaan internet dan teknologi, sehingga membuat internet menjadi market yang sangat prospektif.

E. Cara Memasang Iklan Digital Untuk UKM


Advertising merupakan salah media untuk promosi dan salah satu bentuk pemasaran produk yang memakan biaya cukup besar. Namun untuk UKM bisa memanfaatkan internet melalui blog, website, dan sosial media yang menawarkan harga yang terjangkau. Bila menggunakan teknik promosi tradisional yang menghabiskan dana, untuk era digital saat ini sudah tidak lagi seperti itu. Berikut beberaca langkah yang bisa anda lakukan untuk mewujudkannya:

a. Pemasangan iklan berbasis media sosial


Diantara yang lainnya, memasang iklan melalui media sosial adalah cara yang paling mudah. Pengiklan bisa mempublish iklan mereka secara gratis melalui akun pribadi, fanspage, akun organisasi, akun grup, akun komunitas dan sebagainya. Selain itu, pengiklan juga bisa bekerja sama dengan perusahaan sosial media yang menawarkan space iklan dibagian sidebar atau yang dipublish layaknya postingan dan menempati urutan pertama. Contohnya: Facebook yang menawarkan space iklan dibagian sidebar dengan harga tertentu. Pengiklan hanya perlu menghubungi bagian (department) advertising kemudian melakukan langkah-langkah yang di tentukan hingga melakukan pembayaran. Setelah itu iklan akan tampil sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan sosial media tersebut.

b. Pemasang iklan pada blog atau website


Selain memanfaatkan media sosial, pengusaha UKM juga bisa memasang iklan mereka di blog pribadi atau website yang menawarkan space untuk dipasangi iklan. Berikut tips untuk pengiklan yang hendak memasang iklan di blog pribadi atau website:

1. Pilih blog atau website yang memiliki niche sesuai dengan produk perusahaan


Agar iklan yang dipasang dapat bekerja lebih efektif, pengusaha perlu memilih niche blog/website yang relevan dengan produk mereka. misalnya: produk perusahaan anda bakso, lebih baik anda memilih blog/website yang membahas tentang kuliner daripada blog/website bisnis, akan lebih sia-sia lagi jika anda memasangi iklan pada blog yang membahas tentang pendidikan (knowledge), paling tepat lagi jika anda memasang iklan di blog yang khusus membahas tentang bakso.

2. Perhatikan konten blog/website yang akan dipasangi iklan


Blog/website yang bermutu adalah blog/website yang memiliki konten berkualitas, memiliki nilai bagi pengunjung. Blog/website yang bermutu akan mempengaruhi kinerja iklan yang ditampilkan. Oleh karena itu, pengiklan perlu memperhatikan kualitas konten dalam blog/website tersebut. Selain itu, kualitas konten juga mempengaruhi tingkat kepercayaan (pengunjung) calon pelanggan terhadap produk yang diiklankan pada seatu blog/website.

3. Pilih blog/website yang memiliki trafik tinggi


Umumnya harga space iklan di sebuah blog/website tergantung pada niche blog dan trafiknya. Artinya semakin banyak pengunjungnya maka harga space iklan juga akan semakin tinggi. Maka anda perlu mempertimbangkan dana yang ditetapkan untuk menyewa space iklan tersebut. Beberapa blog/website biasanya menampilkan screenchot trafik blog/website tersebut di halaman advertisement, namun sebagian besar mungkin tidak. Oleh karena itu, pengiklan perlu menghubungi administrator blog/website tersebut untuk mengetahui trafiknya.

4. Perhatikan ranking blog/website


Umumnya, rangking blog/website ini tidak terlalu penting, namun akan lebih baik jika pengiklan memilih blog/website yang memiliki rangking lebih tinggi. Artinya: blog/website yang miliki ranking 299 lebih baik daripada blog/website dengan ranking 300. Untuk mengetahui ranking sebuah blog/website, pengiklan dapat memanfaatkan situs pihak ketiga seperti: Alexa.com yang me-ranking seluruh blog/website di internet. Silahkan lihat disini: http://www.alexa.com/siteinfo/kabarito.com#trafficstats

5. Tentukan Jenis iklan yang akan ditampilkan


Ada beberapa jenis iklan yang ditawarkan, yaitu: iklan baris, iklan links, iklan teks, iklan gambar, iklan video dan sebagainya. Pengiklan perlu menentukan jenis iklan yang akan ditampilkan. Umunya, Jenis iklan yang paling populer adalah iklan gambar berbentuk banner atau spanduk dengan berbagai ukuran seperti: 300x250, 300x600, 728x90 dst. Selain niche dan trafik, Jenis iklan juga mempengaruhi harga space iklan tersebut. Iklan bergambar jelas lebih mahal dari pada iklan baris dan iklan teks, iklan video jelas lebih mahal daripada iklan gambar. Penyebabnya, iklan video memiliki dampak yang lebih buruk terhadap blog/website daripada iklan gambar, karena memakan sumber daya yang lebih banyak dan memperlambat loading blog/website.

Selain blog/website berbayar, ada juga beberapa blog/website yang menawarkan space iklan gratis. Biasanya space iklan yang ditawarkan berupa iklan baris dan iklan teks. Sayangnya, iklan yang tampilkan pada blog/website jenis ini tidak dapat bekerja secara maksimal, karena hampir seluruh pengunjungnya juga pihak yang hendak memasang iklan. Pengiklan hanya mendapatkan backlink untuk situs toko online mereka.

F. Mendapatkan Kepercayaan Konsumen dengan Menggunakan Testimoni


Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan menyediakan dan menampilkan halaman testimoni konsumen. Perkembangan bisnis online di dalam negeri memang mengalami peningkatan yang signifikan, namun tidak pada kepercayaan konsumen. Dapat dikatakan tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online masih lemah, karena sering terjadi penipuan melalui dunia. Nah, cara mengatasinya, toko online perlu menampilkan testimoni sebagai pernyataan atau kesaksian dari konsumen yang pernah membeli produk dari toko online tersebut. testimoni dapat berupa komentar, saran atau opini dari pelanggan melalui pesan, chat melalui media tertentu, atau langsung melalui blog/website itu sendiri. Semakin banyak konsumen yang memberikan testimoni positif maka tingkat kepercayaan pelanggan juga akan semakin meningkat terhadap toko online dan produk yang dijual.

G. Meningkatkan kinerja testimoni untuk meningkatkan kepercayaan konsumen


Agar kinerja testimoni lebih efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Mendapatkan komentar positif sebanyak mungkin


Agar perusahaan bisa mendapatkan testimoni positif yang lebih banyak, tidak ada cara lain kecuali dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan. Sebabnya, testimoni berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Selain itu, perusahaan juga harus memegang teguh nilai-nilai kejujuran dalam mengelola testimoni tersebut. Oleh karena, segala sesuatu yang diawali dengan baik maka hasil yang didapatkan juga akan baik, begitu juga sebaliknya. Sehingga, dengan meningkatnya kepuasan pelanggan, maka semakin banyak pula perusahaan mendapatkan testimoni positif, dengan begitu jumlah pelanggan juga ikut meningkat, dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah penjualan perusahaan.

2. Meminta testimoni dari pakar


Bila produk perusahaan yang hendak di testimoni adalah makanan, maka mintalah testimoni dari orang-orang yang bergerak dibidang kuliner, misalnya: Koki terkenal dan sebagainya. Biasanya, testimoni dari pakar atau ahli lebih dipercaya oleh konsumen daripada testimoni dari konsumen.

3. Mendapatkan testimoni dengan memanfaatkan publik figure: endorser (artis atau orang-orang terkenal baik dan memiliki banyak follower)


Sebagian besar toko online memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan mereka. Mereka bekerjasama dengan pakar, artis atau orang-orang tertentu yang memiliki banyak follower yang menawarkan endorsement. Endorser biasa menerima secara gratis produk yang akan di review dari perusahaan toko online sebagai pembayarannya. Namun, beberapa endorser juga hanya menerima pembayaran dengan harga tertentu, tergantung kepada jumlah follower mereka. Dalam hal ini, perusahaan perlu menghubungi pemilik akun media sosial tersebut untuk mengetahui persyaratan dan harga yang ditetapkan oleh endorser tersebut. Media sosial yang paling populer saat ini misalnya: Instagram.

4. Bentuk penyajian testimoni tidak hanya berupa teks (tulisan), tetapi juga dalam bentuk gambar, audio dan video


Dewasa ini, telah banyak pelaku bisnis yang menyajikan testimoni dalam bentuk gambar, audio dan video daripada dalam bentuk teks saja. Alasannya sederhana, konsumen lebih tertarik melihat testimoni dalam bentuk itu daripada hanya tulisan yang membosankan dan cenderung kurang kreatif.

3. Sistem Dristribusi Berbasis Teknologi Informasi


Proses pendistribusian produk merupakan salah satu bagian penting dalam pemasaran. Dengan kata lain, kesuksesan pemasaran juga dipengaruhi oleh sistem distribusi yang dijalankan. Bisnis apapun, produk apapun harus dapat didistribusikan secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Struktur, fungsi, dan siklus jaringan distribusi perlu dikonversikan kedalam sistem informasi manajemen distribusi, sehingga informasi distributor, pelayanan, transaksi, aktivitas dan pelanggan dapat diidentifikasi, dikendalikan dan dipantau secara terpusat. Pergerakan distribusi juga dapat diidentifikasi dan diawasi secara aktual, dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) untuk melengkapi sistem informasi yang digunakan.

Perusahaan juga perlu mempertimbangkan skema jalur ganda untuk pendistribusian produk mereka, yaitu: jalur internal dan jalur eksternal. Sederhananya, jalur internal adalah jalur yang dikelola sendiri dan menjadi bagian dari manajemen internal perusahaan. Sedangkan, jalur eksternal adalah jalur distribusi yang melibatkan dan memberdayakan pihak luar sebagai distributor dengan prosedur tertentu. Ketika menggunakan jalur eksternal, perusahaan perlu membina hubungan baik dengan pihak distributor untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Selain Jalur distribusi ganda, perusahaan juga perlu menerapkan skema layanan multi akses (umumnya dikenal sebagai “Customer services”) dengan mempertimbangkan kemudahan dan keleluasaan pelanggan dalam memperoleh layanan. Perusahaan perlu menyesuaikan pelanyanan mereka dengan kesibukan dan gaya hidup keseharian konsumen. Oleh karena, konsumen cenderung menginginkan layanan yang praktis, fleksibel, dan informatif. Maka, perusahaan dapat mengembangkan jalur-jalur pelayanan pelanggan yang akomodatif dan variatif seperti: SMS Centre, Call Centre, Google Talk, Yahoo Messenger, Facebook Messenger, Email, dan aplikasi chatiing seperti: Blackberry Masengger, What’s App, Line dan sebagainya.

H. Manfaat Teknologi Informasi bagi Pemasaran Produk Perusahaan


Semenjak teknologi informasi ikut ambil bagian dalam proses bisnis, sebaran menjadi luas. Pasar terbentuk sampai ke luar daerah, luar provinsi, seluruh Indonesia, hingga mancanegara. Teknologi informasi tersebut mengarah kepada penggunaan teknologi informasi berbasis internet sebagai alat utama dalam menyebarkan pasar. Pada internet, terdapat program-program pendukung seperti media sosial, website, dan beragam aplikasi lain yang juga mempermudah proses layanan sebuah produk. Teknologi informasi inilah yang menjadi langkah nyata untuk mempermudah usaha sekaligus meningkatkan produktivitas usaha. Berikut beberapa manfaat dari penerapan teknologi informasi berbasis internet terhadap perusahaan:

a. Kemudahan untuk menampilkan produk dan layanan usaha


Kehadiran website mempermudah perusahaan dalam menampilkan ragam produk yang mereka tawarkan. Konsumen dan calon konsumen dapat memilih produk sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus datang ke toko secara langsung. Website mampu menjelaskan secara lengkap produk dan fasilitas yang akan didapatkan oleh konsumen, juga mendapatkan penjelasan detail tentang berbagai panduan cara menggunakan produk tersebut. Selain itu, perusahaan tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional seperti jasa ekspedisi pengiriman brosur, lembaran proposal, atau profil produk kepada calon pembeli yang berada jauh dari lokasi usaha.

b. Kemudahan transaksi usaha


Melalui website, perusahaan dapat menangani pemesanan, aktivitas produk dan manajemen pelanggan dalam satu bagian proses (sistem). Pelanggan bisa memesan produk dan mengisi identitas diri ke dalam proses tersebut, kemudian sistem akan langsung menampilkan halaman tagihan (invoice) dan mengirim secara otomatis kepada pelanggan, lengkap dengan detail produk, informasi rekening dan instruksi untuk konfirmasi pembayaran. Selanjutnya, pelanggan melakukan pembayaran melalui media yang ditentukan, misalnya: transfer M-Banking, Internet Banking, Transfer Rekening melalui ATM, dan sebagainya. Setelah itu, pelanggan dapat melakukan konfirmasi pembayaran melalui formulir yang disediakan pada website perusahaan. Kemudian department pembayaran mencocokkan mutasi transfer melalui proses sesuai prosedur. Jika cocok, pihak billing melakukan aktivasi produk melalui sistem dan mengirimkan informasi aktivasi kepada pelanggan melalui email atau pesan. Akhirnya, produk dikirim kepada pelanggan.

c. Kemudahan komunikasi layanan


Apabila menggunakan media konvensional sebagai alat komunikasi seperti telephone dan fax, akan memakan lebih banyak biaya, waktu dan tenaga. Berbeda jika perusahaan menggunakan media internet dan aplikasi seperti: Sype, Yahoo Messenger, Google Talk, What’s App, Line, Blackberry Messenger, dan sebagainya. Dengan menggunakan fasilitas media seperti ini, komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih mudah, hemat biaya dan tenaga.

d. Kemudahan Administrasi


Administrasi yang dimaksud adalah mulai dari data pelanggan, tatanan keuangan, data produksi, data bahan baku, data komunikasi, data karyawan, dan sebagainya. Bila administrasi di kerjakan secara tertib, maka kerja manajemen pengelolaan menjadi lebih mudah. Salah satu caranya adalah menata semua data tersebut dalam sebuah database dinamis, sehingga antara data yang satu dengan data lain yang berkaitan saling terkoneksi dan menghasilkan informasi untuk proses operasional usaha. Berbeda jika perusahaan menggunakan cara konvensional, yang identik dengan kertas yang banyak, tempat penyimpanan (arsip) dokumen yang banyak memakan tempat di dalam kantor.

e. Kemudahan operasional usaha


Internet mempermudah pelaku bisnis untuk berhubungan dalam rangka meningkatkan efektivitas kinerja perusahaan termasuk bagian operasional. Bila operasional usaha mayoritas menggunakan teknologi informasi berbasis internet maka tidak menutup kemungkinan, mereka bekerja dimana-mana sesuai keinginan. Koordinasi staf produksi, dan rekanan usaha bisa bekerja dari jarak jauh tanpa mengurangi produktivitas. Sedangkan pekerjaan yang mengharuskan untuk tatap muka, tetap dilakukan sebagai langkah pengawasan kinerja perusahaan.





Referensi:
http://www.academia.edu/11950905/strategi-pemasaran-digital
http://www.amanysistem.com/article-pentingnya-teknologi-informasi-untuk-bisnis-anda-article.html

Artikel Terbaru: