Langkah-Langkah Memasang Iklan Digital di Internet Bagi UKM


Langkah-Langkah Memasang Iklan Digital di Internet Bagi UKM
Image: http://pexels.com

Advertising merupakan salah media untuk promosi dan salah satu bentuk pemasaran produk yang memakan biaya cukup besar. Namun untuk UKM bisa memanfaatkan internet melalui blog, website, dan sosial media yang menawarkan harga yang terjangkau. Bila menggunakan teknik promosi tradisional yang menghabiskan dana, untuk era digital saat ini sudah tidak lagi seperti itu. Berikut beberaca langkah yang bisa anda lakukan untuk mewujudkannya:

a. Pemasangan iklan berbasis media sosial


Diantara yang lainnya, memasang iklan melalui media sosial adalah cara yang paling mudah. Pengiklan bisa mempublish iklan mereka secara gratis melalui akun pribadi, fanspage, akun organisasi, akun grup, akun komunitas dan sebagainya. Selain itu, pengiklan juga bisa bekerja sama dengan perusahaan sosial media yang menawarkan space iklan dibagian sidebar atau yang dipublish layaknya postingan dan menempati urutan pertama. Contohnya: Facebook yang menawarkan space iklan dibagian sidebar dengan harga tertentu. Pengiklan hanya perlu menghubungi bagian (department) advertising kemudian melakukan langkah-langkah yang di tentukan hingga melakukan pembayaran. Setelah itu iklan akan tampil sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan sosial media tersebut.

b. Pemasangan iklan pada blog atau website


Selain memanfaatkan media sosial, pengusaha UKM juga bisa memasang iklan mereka di blog pribadi atau website yang menawarkan space untuk dipasangi iklan. Berikut tips untuk pengiklan yang hendak memasang iklan di blog pribadi atau website:

1. Pilih blog atau website yang memiliki niche sesuai dengan produk perusahaan


Agar iklan yang dipasang dapat bekerja lebih efektif, pengusaha perlu memilih niche blog/website yang relevan dengan produk mereka. misalnya: produk perusahaan anda bakso, lebih baik anda memilih blog/website yang membahas tentang kuliner daripada blog/website bisnis, akan lebih sia-sia lagi jika anda memasangi iklan pada blog yang membahas tentang pendidikan (knowledge), paling tepat lagi jika anda memasang iklan di blog yang khusus membahas tentang bakso.

2. Perhatikan konten blog/website yang akan dipasangi iklan


Blog/website yang bermutu adalah blog/website yang memiliki konten berkualitas, memiliki nilai bagi pengunjung. Blog/website yang bermutu akan mempengaruhi kinerja iklan yang ditampilkan. Oleh karena itu, pengiklan perlu memperhatikan kualitas konten dalam blog/website tersebut. Selain itu, kualitas konten juga mempengaruhi tingkat kepercayaan (pengunjung) calon pelanggan terhadap produk yang diiklankan pada seatu blog/website.

3. Pilih blog/website yang memiliki trafik tinggi


Umumnya harga space iklan di sebuah blog/website tergantung pada niche blog dan trafiknya. Artinya semakin banyak pengunjungnya maka harga space iklan juga akan semakin tinggi. Maka anda perlu mempertimbangkan dana yang ditetapkan untuk menyewa space iklan tersebut. Beberapa blog/website biasanya menampilkan screenchot trafik blog/website tersebut di halaman advertisement, namun sebagian besar mungkin tidak. Oleh karena itu, pengiklan perlu menghubungi administrator blog/website tersebut untuk mengetahui trafiknya.

4. Perhatikan ranking blog/website


Umumnya, rangking blog/website ini tidak terlalu penting, namun akan lebih baik jika pengiklan memilih blog/website yang memiliki rangking lebih tinggi. Artinya: blog/website yang miliki ranking 299 lebih baik daripada blog/website dengan ranking 300. Untuk mengetahui ranking sebuah blog/website, pengiklan dapat memanfaatkan situs pihak ketiga seperti: Alexa.com yang me-ranking seluruh blog/website di internet. Silahkan lihat disini:
http://www.alexa.com/siteinfo/kabarito.com#trafficstats

5. Tentukan Jenis iklan yang akan ditampilkan


Ada beberapa jenis iklan yang ditawarkan, yaitu: iklan baris, iklan links, iklan teks, iklan gambar, iklan video dan sebagainya. Pengiklan perlu menentukan jenis iklan yang akan ditampilkan. Umunya, Jenis iklan yang paling populer adalah iklan gambar berbentuk banner atau spanduk dengan berbagai ukuran seperti: 300x250, 300x600, 728x90 dst. Selain niche dan trafik, Jenis iklan juga mempengaruhi harga space iklan tersebut. Iklan bergambar jelas lebih mahal dari pada iklan baris dan iklan teks, iklan video jelas lebih mahal daripada iklan gambar. Penyebabnya, iklan video memiliki dampak yang lebih buruk terhadap blog/website daripada iklan gambar, karena memakan sumber daya yang lebih banyak dan memperlambat loading blog/website.

Selain blog/website berbayar, ada juga beberapa blog/website yang menawarkan space iklan gratis. Biasanya space iklan yang ditawarkan berupa iklan baris dan iklan teks. Sayangnya, iklan yang tampilkan pada blog/website jenis ini tidak dapat bekerja secara maksimal, karena hampir seluruh pengunjungnya juga pihak yang hendak memasang iklan. Pengiklan hanya mendapatkan backlink untuk situs toko online mereka.

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?