Cara Meningkatkan Kinerja Testimoni Untuk Mendapatkan Kepercayaan Konsumen


Cara Meningkatkan Kinerja Testimoni Untuk Mendapatkan Kepercayaan Konsumen
image: http://pexels.com

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan menyediakan dan menampilkan halaman testimoni konsumen. Perkembangan bisnis online di dalam negeri memang mengalami peningkatan yang signifikan, namun tidak pada kepercayaan konsumen. Dapat dikatakan tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online masih lemah, karena sering terjadi penipuan melalui dunia. Nah, cara mengatasinya, toko online perlu menampilkan testimoni sebagai pernyataan atau kesaksian dari konsumen yang pernah membeli produk dari toko online tersebut. testimoni dapat berupa komentar, saran atau opini dari pelanggan melalui pesan, chat melalui media tertentu, atau langsung melalui blog/website itu sendiri. Semakin banyak konsumen yang memberikan testimoni positif maka tingkat kepercayaan pelanggan juga akan semakin meningkat terhadap toko online dan produk yang dijual.

Meningkatkan kinerja testimoni untuk meningkatkan kepercayaan konsumen


Agar kinerja testimoni lebih efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Mendapatkan komentar positif sebanyak mungkin


Agar perusahaan bisa mendapatkan testimoni positif yang lebih banyak, tidak ada cara lain kecuali dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan. Sebabnya, testimoni berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Selain itu, perusahaan juga harus memegang teguh nilai-nilai kejujuran dalam mengelola testimoni tersebut. Oleh karena, segala sesuatu yang diawali dengan baik maka hasil yang didapatkan juga akan baik, begitu juga sebaliknya. Sehingga, dengan meningkatnya kepuasan pelanggan, maka semakin banyak pula perusahaan mendapatkan testimoni positif, dengan begitu jumlah pelanggan juga ikut meningkat, dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah penjualan perusahaan.

2. Meminta testimoni dari pakar


Bila produk perusahaan yang hendak di testimoni adalah makanan, maka mintalah testimoni dari orang-orang yang bergerak dibidang kuliner, misalnya: Koki terkenal dan sebagainya. Biasanya, testimoni dari pakar atau ahli lebih dipercaya oleh konsumen daripada testimoni dari konsumen.

3. Mendapatkan testimoni dengan memanfaatkan publik figure: endorser (artis atau orang-orang terkenal baik dan memiliki banyak follower)


Sebagian besar toko online memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan mereka. Mereka bekerjasama dengan pakar, artis atau orang-orang tertentu yang memiliki banyak follower yang menawarkan endorsement. Endorser biasa menerima secara gratis produk yang akan di review dari perusahaan toko online sebagai pembayarannya. Namun, beberapa endorser juga hanya menerima pembayaran dengan harga tertentu, tergantung kepada jumlah follower mereka. Dalam hal ini, perusahaan perlu menghubungi pemilik akun media sosial tersebut untuk mengetahui persyaratan dan harga yang ditetapkan oleh endorser tersebut. Media sosial yang paling populer saat ini misalnya: Instagram.

4. Bentuk penyajian testimoni tidak hanya berupa teks (tulisan), tetapi juga dalam bentuk gambar, audio dan video


Dewasa ini, telah banyak pelaku bisnis yang menyajikan testimoni dalam bentuk gambar, audio dan video daripada dalam bentuk teks saja. Alasannya sederhana, konsumen lebih tertarik melihat testimoni dalam bentuk itu daripada hanya tulisan yang membosankan dan cenderung kurang kreatif.

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?