Unsur-Unsur Pengembangan Bisnis Yang Perlu Kamu Ketahui


Unsur-Unsur Pengembangan Bisnis
Designed by pexels.com

Pengembangan bisnis adalah tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan bisnis, tetapi tidak termasuk keputusan strategis dan implementasi dari peluang pertumbuhan bisnis. Sedangkan untuk bisnis yang besar terutama dibidang teknologi industri, istilah pengembangan bisnis mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain.

Pengembangan bisnis merupakan energi khusus untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Energi khusus itu adalah diharapkan memperhatikan unsur-unsur penting dalam pengembangan bisnis (Ahmad Faris Muharam, 2012) yaitu:

1. Pihak Internal (Unsur yang berasal dari dalam):

a. Adanya niat dari pengusaha atau wirausaha tersebut untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.
b. Mengetahui teknik memproduksi barang seperti berapa banyak barang yang harus diproduksi, cara apa yang harus digunakan untuk mengembangkan barang/produk, dan sebagainya.
c. Membuat anggaran yang bertujuan seberapa besar pemasukan dan pengeluaran produk.

2. Pihak Eksternal (Unsur dari pihak luar)

a. Mengikuti perkembangan informasi dari luar usaha.
b. Mendapatkan dana tidak hanya dari dalam seperti meminjam dari luar.
c. Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang baik atau kondusif untuk usaha.

Dorongan untuk menyelaraskan agar usaha pengembangan bisnis dengan unsur-unsur yang penting dalam pengembangan usaha maka diperlukan juga berbagai cara (Ahmad Faris Muharam, 2012), yaitu:

1. Harga dan Kualitas

Harga dan kualitas adalah unsur strategi yang paling umum ditemui. Strategi ini bisa digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa berkualitas prima dan harga yang sesuai atau menghasilkan barang berbiaya rendah dan menjualnya dengan harga yang murah pula.

2. Cakupan jajaran produk

Suatu jajaran produk atau jasa yang bervariasi memungkinkan pelanggan untuk memenuhui kebutuhan mereka dalam satu tempat saja. Hal ini juga bisa mendorong perekonomian yang pada gilirannya akan memberi untung pada konsumen. Namun sebaliknya, sebuah jajaran produk yang sedikit memungkinkan untuk menggali potensi produk tersebut dengan lebih dalam, mungkin termasuk banyak alternatif untuk jenis produk yang sama. Variasi produk yang sedikit juga bisa disandingkan dengan keahlian yang seksama.

3. Layanan

Siasat lain yang bisa diterapkan adalah menyertakan sebuah layanan berkualitas saat menjual sebuah produk. Cara ini diyakini dapat membedakan bisnis dari para pesaing yang hanya menawarkan sedikit atau bahkan tidak menawarkan layanan tambahan sama sekali (Entrepreneur.com).

4. Kreativitas

Kreativitas merupakan salah satu unsur penting yang perlu dijadikan sebagai salah satu karakter dalam mengelola bisnis. Kreativitas memberikan banyak kontribusi bagi pengembangan sebuah usaha. Usaha bisnis sangat perlu dikelola secara kreatif oleh pemiliknya dalam segala aspek, mulai dari ide, produksi, juga pada teknik pemasaran yang juga harus mengacu pada prinsip kreatif dan inovatif.


referensi:
achmadfarismuharam.blogspot.com/2012/11/pengembangan-usaha.html 

Post Title
Unsur-Unsur Pengembangan Bisnis Yang Perlu Kamu Ketahui
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?