Manfaat Kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pengusaha Muda


Manfaat Kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pengusaha Muda
Designed by Photoduet/Freepik

Persaingan dunia usaha semakin kompetitif, apalagi dengan berlakunya kebijakan bersaing dengan dunia luar khususnya ASEAN, yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir tahun 2015. Ini mengharuskan dunia bisnis untuk semakin pandai dalam membuat terobosan baru dan kreatif agar konsumen mampu memilih baik secara kualitas maupun kuantitas. Kondisi ini memicu munculnya tuntutan untuk dapat mengembangkan usaha, agar terus maju dan berkembang di masa yang akan datang. Masyarakat akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memperbaiki sistem perdagangan di Indonesia, karena hambatan perdagangan tersebut berkurang, dan bisa dibilang tidak ada. Hal ini berdampak pada peningkatan ekspor, sehingga meningkatkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

MEA adalah bentuk realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Ada 4 hal yang menjadi fokus MEA, yaitu:

1. Kawasan Asia Tenggara akan menjadi satu wilayah kesatuan pasar dan basis produksi. Dengan demikian, tidak ada lagi hambatan arus barang, jasa, investasi, modal serta skilled labour.

2. MEA akan menciptakan suatu kawasan yang memiliki tingkatan kompetisi yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang meliputi: competition policy, consumer protection, intellectual property rights (IPR), taxation, dan e-Commerce.

3. MEA akan menjadi kawasan yang memiliki perkembangan ekonomi yang merata, dengan menjadikan UMKM sebagai prioritasnya. Hal ini akan meningkatkan daya saing serta dinamisme UMKM unutk mengembangkan usaha. UMKM akan difasilitasi dengan informasi-informasi terkini mengenai kondisi pasar, SDM, Teknologi, pengembangan usaha, dan sebagainya.

4. MEA akan menjadi kawasan terintegrasi secara penuh terhadapaperekonomian global dengan menciptakan sistem untuk peningkatan koordinasi diantara negara anggota.



referensi:
http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/150-artikel-keuangan-umum/20545-masyarakat-ekonomi-asean-mea-dan-perekonomian-indonesia
http://bisnis.com

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?