Manfaat Bagi Pengusaha Muda Ketika Melakukan Pengembangan Bisnis


Manfaat Bagi Pengusaha Muda Ketika Melakukan Pengembangan Bisnis
Designed by Photoduet/Freepik

Pengembangan bisnis bukan hanya masalah modal yang banyak atau tenaga kerja yang terampil, tetapi juga harus diiringi dengan niat dari diri pengusaha itu sendiri. Dengan niat yang sungguh-sungguh maka akan tercipta kemampuan mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Jika tidak mengembangkan bisnis dengan sungguh-sungguh maka sebaliknya bisnis akan menemui kegagalan. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis dengan baik adalah dengan memberikan pendidikan, akan meningkatkan keahlian kepada pengusaha. Seperti memberikan pelatihan workshop tentang pengembangan usaha, dan sebagainya. Oleh karena itu pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih kepada pengusaha agar melakukan pengembangan usaha yang baik.

Penting sekiranya bahwa pengembangan bisnis itu merupakan bagian dari perencanaan pemasaran. Maka dari itu, pengusaha baik pengusaha kecil maupun yang besar harus mampu membuat perencanaan pemasaran terlebih dahulu sebelum mengembangkan usahanya. Dalam perencanaan tersebut terdapat beberapa hal, mulai dari analisa lingkungan, tujuan pemasaran, anggaran pemasaran, kontrol terhadap pemasaran, dan sebagainya.

Faktor modal bukanlah satu-satunya yang penting dalam pengembangan bisnis, tetapi juga strategi dalam menjalankan usaha agar menuai keberhasilan. Dengan begitu bisnis akan terus berlanjut dan tidak mengalami kebangkrutan. Oleh sebab itu, pengembangan bisnis juga tidak terlepas dari masukan-masukan atau informasi-informasi yang bersifat membangun untuk pengusaha.

Secara umum kegiatan pengembangan bisnis berkaitan dengan kegiatan memikirkan, menimbangkan, memutuskan dan menentukan hal-hal yang dapat dirumuskan menjad 5H+1H, yaitu:

“What” berkaitan dengan apa yang akan dikerjakan pengusaha dalam pengembangan bisnis. “When” berkaitan dengan kapan pengembangan bisnis itu akan dilaksanakan. “Who” berkaitan dengan siapa yang akan terlibat dalam menjalankan tugas-tugas untuk mengembangkan bisnis tersebut. “Why” berkaitan dengan mengapa pengusaha itu melakukan pengembangan bisnis. “Where” berkaitan dengan dimana pengembangan bisnis itu dapat terlaksana dengan baik. “How” berkaitan dengan bagaimana cara menjalankan pengembangan bisnis tersebut agar menghasilkan output yang optimal.

Ketika, pengusaha memutuskan untuk melakukan pengembangan bisnis, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan diantaranya:

1. Membantu pengusaha berorientasi ke masa depan pengembangan bisnis.

2. Mengkoordinasikan keputusan dan menentukan gagasan dalam pengembangan bisnis.

3. Membantu pengusaha meningkatkan akses pasar dan memperbesar pangsa pasar dalam rangka pengembangan usaha.

4. Membantu pengusaha untuk meningkatkan akses dan penguasaan tekonologi dalam rangka pengembangan bisnis.

5. Membantu pengusaha meningkatkan akses sumber modal usaha dan memperkuat struktur modal dalam pengembangan usaha.

6. Membantu pengusaha untuk meningkatkan kemampuan organisasi dan manajemen dalam rangka pengembangan usaha.

Artikel Terbaru: