Victoria Falls Sebagai Wisata (Air Terjun) Utama di Afrika Selatan


Victoria Falls Sebagai Wisata (Air Terjun) Utama di Afrika Selatan
Victoria Falls di pertabatasan Zambia dan Zimbabwe


Victoria Falls (air terjun Victoria) atau Mosi-oa-Tunya (bararti "asap yang bergemuruh") adalah sebuah air terjun yang terletak di Afrika bagian selatan di Sungai Zambezi di perbatasan Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki volume 1088 m3 per detik atau 38,430 kaki kubik per detik. Nama Victoria ini dikemukakan oleh seorang Penjelajah dari Skotlandia, David Livingstone yang telah mengunjungi air terjun ini pada 1855. Nama tersebut diberikan atas nama ratu “Victoria”.

Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe dan Situs warisan dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan objek wisata utama di Afrika Selatan. Pada akhir 1990-an hampir 400.000 orang yang mengunjungi air terjun ini setiap tahunnya, dan ini diperkirakan akan terus meningkat hingga lebih dari satu juta dalam dekade berikutnya.

Air terjun Victoria tidak begitu tinggi atau terluas, melainkan diklasifikasikan sebagai salah satu yang terbesar berdasarkan lebar gabungan dari 1.708 meter atau 5.604 kaki dengan dan tinggi 108 meter atau 354 kaki. Itu berarti air terjun Victoria dua kali lebih tinggi dari air terjun Niagara dan dua kali lebih lebar dari air terjun Horseshoe. Saat ini, tinggi dan lebar air terjun Victoria hanya disaingi oleh air terjun Iguazu yang terletak di Argentina dan Brasil.

Pemerintah Zimbabwe dan Zambia mengizinkan wisatawan internasional untuk melakukan perjalanan di setiap sisi sungai dan air terjun ini. Sedangkan untuk visa dapat diperoleh dari kedua pos perbatasan dari kedua negera tersebut. Secara historis, jumlah pengunjung ke sisi Zimbabwe Falls jauh lebih tinggi dari jumlah mengunjungi sisi Zambia, karena pembangunan fasilitas lebih baik disana. Namun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Zimbabwe mulai menurun di awal 2000-an sebagai akibat dari ketegangan politik antara pendukung dan penentang Presiden Robert Mugabe yang terus meningkat. Sebab itu, perkembangan pesat telah mendorong PBB untuk mempertimbangkan mencabut status air terjun tersebut sebagai Situs Warisan Dunia. Selain itu, masalah pembuangan limbah dan kurangnya manajemen yang efektif dari lingkungan air terjun juga menjadi perhatian.
Bacaan Terkait Air Terjun Terbesar di Dunia:
No Nama Lokasi (Negara)
1 Boyoma Republik Demokratik Kongo
2 Guaira Brazil/Paraguay
3 Khone Phapheng Laos
4 Celilo United States
5 Niagara Brazil/Paraguay
6 Paulo Afonso Brazillia
7 Igauzu Argentina/ Brazil
8 Victoria Zambia/Zimbabwe
9 Kaieteur Guyana

Artikel Terbaru: