Patung Zeus di Olympia Sebagai Salah Satu Keajaiban Dunia Kuno


Patung Zeus di Olympia Sebagai Salah Satu Keajaiban Dunia Kuno
Patung Zeus di Olympia

Patung Zeus di Olympia adalah patung raksasa duduk setinggi 13 m atau 43 kaki yang dibuat oleh pematung Phidias dari Yunani sekitar 435 SM di tempat kudus Olympia Yunani, dan didirikan di Kuil Zeus. Sebuah patung piring gading dan panel emas sepanjang karangka kayu itu mewakili dewa Zeus duduk di atas tahta kayu cedar yang rumit dihias dengan kayu hitam, gading emas dan batu mulia. Namun sayang, salah satu keajaiban kuno termegah ini hancur dan hilang pada abad ke-5 dan tidak ada satupun serpihannya yang pernah ditemukan. Rincian bentuk patung yang diketahui hanyalah dari deskripsi Yunani kuno dan representasi pada koin.
Antipater dari sidon manambahkan Patung Zeus di Olympia sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia kuno (sebelum masehi)
Pada abad ke-2 Masehi, ahli geografi dan wisatawan Pausanias memberikan penjelasan rinci. Patung ini dimahkotai dengan karangan bunga patung semprotan zaitun. Memiliki sandal dan jubah terbuat dari emas yang diukir dengan binatang dan bunga lili. Ditangan kanannya adalah patung chryselephantine kecil dinobatkan sebagai dewi Nike yaitu dewi kemenangan. Sedangkan tangan kiri memegang tongkat yang dihias dengan banyak logam. Tahtanya dihias dengan emas, batu mulia, ebony dan gading.

Menurut sejarawan Romawi Livy, dengan melihat patung seolah-olah orang tersebut melihat dewa secara pribadi. Sedangkan abad pertama AD orator Yunani, Dio Chrysostom menyatakan bahwa melihat sekilas patung tunggal tersebut akan membuat pria melupakan semua masalahnya di bumi.
Bacaan terkait 7 keajaiban dunia kuno:
Nama Keterangan
Piramida di Mesir makam raja-raja Mesir kuno
Taman Gantung di Babylonia hadiah raja Nebukadnezar II untuk istrinya, Amytis
Patung Zeus di Olympia Terbuat dari emas dan memiliki tinggi 30 meter
Kuil Artemis kuil terbesar di Yunani yang pernah dibangun
Mausoleum di Halicarnassus kuburan untuk mengenang Raja Maulosus dan ratu Artemisia II dari Caria
Colossus dari Rhodes patung perunggu dewa Matahari 'Helios' atas kemenangan Rhodes
Pharos of Alexandria patung setinggi 130 meter dari Alexandria

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?