Khone Phapheng Falls Sebagai Air Terjun terbesar di Asia Tenggara


Khone Phapheng Falls Sebagai Air Terjun terbesar di Asia Tenggara
Khone Phapheng Falls di Laos dan Kamboja

Khone Phapheng Falls (air terjun Khone Phapheng) adalah sebuah air terjun yang terletak di Champasak Province di Sungai Mekong di Laos selatan, dekat perbatasan dengan Kamboja (Khmer disebut "labak Koun"). Air terjun ini merupakan air terjun terbesar di Asia tenggara dan mereka adalah alasan utama bahwa Mekong tidak sepenuhnya dilayari ke Cina. Air terjun yang ditandai dengan ribuan pulau dan perairan yang tak terhitung jumlahnya ini, membentuk area bernama Si Phan Don atau '4.000 pulau'.

Mekong adalah sungai lintas batas di Asia Tenggara. Ini adalah sungai terpanjang yang ke-12 di dunia dan menjadi nomor 7 terpanjang di Asia. Estimasi panjang adalah 4.350 km atau 2.703 mil dengan luasnya diperkirakan 795.000 km2. Sungai ini merupakan rumah bagi plabuck, yaitu iklan lele raksasa, merupakan ikan air tawar terbesar di dunia yang saat ini terancam punah. Ikan lele raksasa ini memiliki panjang hingga 3 m atau 10 kaki dengan berat yang bisa mencapai 646 pon atau 293 kilogram.

Air terjun tertinggi mencapai 21 meter atau 69 kaki dan suksesi jeram merenggang sepanjang 9,7 km atau 6 mil dari panjang sungai tersebut. Sementara, debit rata-rata katarak hampir mencapai 11.000 m3 per sekon atau 390.000 kaki kubik per detik. Pernah juga Air terjun ini mencapai rekor tertinggi sampai lebih dari 49.000 m3 per sekon atau 1.700.000 kaki kubik per detik.

Pada akhir abad ke-19, penjajah Prancis pernah mencoba membuat navigasi air terjun tersebut beberapa kali, tetapi usaha mereka gagal. Oleh sebab itu, dilakukan pembangunan rel sempit Don Det - Don Khon di pulau Don Det dan Don Khon dilakukan.
Bacaan Terkait Air Terjun Terbesar di Dunia:
No Nama Lokasi (Negara)
1 Boyoma Republik Demokratik Kongo
2 Guaira Brazil/Paraguay
3 Khone Phapheng Laos
4 Celilo United States
5 Niagara Brazil/Paraguay
6 Paulo Afonso Brazillia
7 Igauzu Argentina/ Brazil
8 Victoria Zambia/Zimbabwe
9 Kaieteur Guyana

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?