Kaieteur Falls di Guyana 4 kali Lebih Tinggi dari Air Terjun Niagara


Kaieteur Falls di Guyana 4 kali Lebih Tinggi dari Air Terjun Niagara
Kaieteur Falls di Guyana


Kaieteur Falls (air terjun Kaieteur) adalah air terjun tunggal yang terletak di Sungai Potaro, di Taman Nasional Kaieteur, Essequibo, Guyana. Lokasi sungai ini berada di dalam hutan Amazon. Air terjun yang mimiliki tinggi 226 meter atau 741 kaki ini merupakan salah satu air terjun yang paling kuat di dunia dengan laju aliran air rata-rata 663 meter kubik per detik atau 23.400 kaki kubik per detik.

Menurut legenda Indian Patamona, nama Kaieteur ditujukan untuk seorang yang bergelar Kai, adalah seorang kepala Toshao yang bertindak untuk menyelamatkan umatnya dengan mendayung selama di air terjun dalam suatu tindakan pengorbanan diri untuk Makonaima. Legenda lain menyebutkan Kaieteur telah bernama setelah seorang pria tua yang tidak menyenangkan ditempatkan di sebuah kapal dan mendorongnya hingga jatuh pada musim gugur oleh kerabatnya sendiri. Oleh sebab itu, air terjun ini bernama Kaieteur yang artinya laki-laki tua-jatuh.

Air terjun Kaieteur 4 kali lebih tinggi dari air terjun Niagara di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat, dan sekitar dua kali lebih tinggi dari air terjun Victoria di perbatasan Zambia dan Zimbabwe di Afrika. Hulu dari air terjun, Potaro Plateau membentang ke lereng jauh dari pegunungan Pakaraima. Sungai ini bermuara pada Sungai Essequibo yang merupakan salah satu sungai terpanjang dan terluas di Amerika Selatan dan menjadi sungai terpanjang di Guyana.
Bacaan Terkait Air Terjun Terbesar di Dunia:
No Nama Lokasi (Negara)
1 Boyoma Republik Demokratik Kongo
2 Guaira Brazil/Paraguay
3 Khone Phapheng Laos
4 Celilo United States
5 Niagara Brazil/Paraguay
6 Paulo Afonso Brazillia
7 Igauzu Argentina/ Brazil
8 Victoria Zambia/Zimbabwe
9 Kaieteur Guyana

Artikel Terbaru: