Guairá Falls Pernah menjadi Air Terjun Spektakuler di Dunia Sebelum Lenyap


Guairá Falls Pernah menjadi Air Terjun Spektakuler di Dunia Sebelum Lenyap
Guairá Falls di perbatasan Brasil dan Paraguay

Guairá Falls atau Air Terjun Guairá adalah serangkaian air terjun besar di Sungai Paraná di sepanjang perbatasan antara Brasil dan Paraguay, merupakan salah satu dari serangkaian 18 air terjun spektakuler di dunia. Namun air terjun ini tidak lagi ada karena terendam pada tahun 1982 oleh impoundment dari reservoir Itaipu Dam. Adalah pemerintah Brasil membuat bendungan untuk beroperasi sebagai pembangkit listrik tenaga air yang menyebabkan air terjun ini lenyap untuk selamanya. Kekecewaan wisatawan membuat direktur perusahaan yang membangun bendungan (Itaipu Dam) ini angkat bicara, ia mengatakan bahwasanya mereka tidak menghancurkan air terjun ini, tetapi hanya mentransfernya ke dalam bendungan Itaipu Dam. Apapun itu, air terjun ini sudah tidak ada lagi.

Sementara angka yang dipublikasikan bervariasi, mulai dari 13.000 M3 (470.000 kaki kubik per detik) per detik sampai 50.000 m3 (1.750,000 kaki kubik per detik) per detik. Terletak pada titik dimana sungai Paraná terpaksa melalui jurang yang sempit. Pada kepala air terjun, sungai menyempit tajam dari lebar sekitar 380 m (1.250 kaki) ke 60 m (200 kaki). Tinggi total air terjun ini sekitar 114 m (375 kaki), Sedangkan katarak individu terbesar adalah sejauh 40 km (20 mil).

Air Terjun Guairá adalah salah satu air terjun terbesar dari seluruh air terjun yang pernah diketahui dibumi. Air terjun ini terletak dekat kota Brasil Guaira, Paraná dan Salto de Guairá, Kota paling timur di Paraguay. Mengetahui tentang Pembangunan Itaipu Dam, ribuan wisatawan berbondong-bondong ke lokasi untuk melihat air terjun tersebut sebelum menghilang selamanya.
Bacaan Terkait Air Terjun Terbesar di Dunia:
No Nama Lokasi (Negara)
1 Boyoma Republik Demokratik Kongo
2 Guaira Brazil/Paraguay
3 Khone Phapheng Laos
4 Celilo United States
5 Niagara Brazil/Paraguay
6 Paulo Afonso Brazillia
7 Igauzu Argentina/ Brazil
8 Victoria Zambia/Zimbabwe
9 Kaieteur Guyana

Artikel Terbaru: