Celilo Sebagai Salah Satu Air Terjun Terbesar di Amerika Utara


Celilo Sebagai Salah Satu Air Terjun Terbesar di Amerika Utara
Celilo Falls di Amerika

Celilo Falls (air terjun Celilo) (artinya "echo of falling water" atau "suara air pada batu") adalah daerah memancing di timur Pegunungan Cascade yang saat ini berada di perbatasan antara negara bagian AS dari Oregon dan Washington. Nama ini mengacu pada serangkaian Air terjun dan pemukiman asli serta desa-desa perdagangan yang ada di sana dalam berbagai konfigurasi untuk 15.000 tahun. Celilo adalah masyarakat tertua di benua Amerika Utara sampai tahun 1957, yang telah terendam oleh pembangunan bendungan Dalles (The Dalles Dam).

Air terjun utama disebut Celilo Falls (air terjun Celilo), nama lainnya adalah The Chutes, Great Falls, atau Columbia Falls. Air terjun ini terdiri dari 3 bagian, yaitu: katarak, disebut Horseshoe atau air terjun Tumwater; a deep eddy, Cul-de-Sac; dan saluran utama. Semua itu dibentuk oleh dorongan tanpa henti dari sungai-sungai Kolombia melalui basal yang menyempit pada kaki akhir dari perjalanan sungai tersebut ke Samudera Pasifik.

Air terjun Celilo adalah air terjun terbesar keenam di dunia berdasarkan volumenya dan menjadi salah satu yang terbesar di Amerika Utara. Rata-rata aliran mencapai sekitar 5380 m³ per detik atau 190.000 kaki kubik per detik, bila masa banjir tiba bisa mencapai 35.113 m³ perdetik atau 1.240.000 kaki kubik per detik yang melewati air terjun tersebut.
Bacaan Terkait Air Terjun Terbesar di Dunia:
No Nama Lokasi (Negara)
1 Boyoma Republik Demokratik Kongo
2 Guaira Brazil/Paraguay
3 Khone Phapheng Laos
4 Celilo United States
5 Niagara Brazil/Paraguay
6 Paulo Afonso Brazillia
7 Igauzu Argentina/ Brazil
8 Victoria Zambia/Zimbabwe
9 Kaieteur Guyana

Artikel Terbaru: