Apa itu CMS Website?


Apa itu CMS Website?
Apa itu CMS Website? - pexels.com

CMS merupakan singkatan dari bahasa Inggris: Content Management System, adalah suatu sistem perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, hingga publikasi konten secara bersama. Dengan demikian, CMS Website adalah sebuah sistem perangkat lunak (Software) yang digunakan untuk keperluan pembuatan, pengaturan, pendistribusian, publikasi suatu website beserta menjaga data dan informasi (konten) yang terdapat didalamnya

Sebagai software, CMS digunakan untuk membangun mengelola konten dari website. Konten tersebut mengacu kepada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar atau format lain yang dikelola dengan tujuan untuk memudahkan pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan dalam bentuk lain.

Terminologi CMS cukup luas, diantaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lain yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu organisasi maupun global.

Umumnya, CMS terbagi menjadi dua jenis, yaitu CMS komersial dan CMS open source. CMS komersial dibangun oleh organisasi-organisasi software yang menjalankan usahanya untuk kepentingan mendapatkan keuntungan (Profit). CMS jenis ini memiliki dan menyediakan hampir semua fitur yang lengkap dan diharapkan dari sebuah CMS. Lisensi yang tersedia sangat bervariasi, mulai dari lisensi yang berdasarkan kepada jumlah pengguna hingga lisensi yang bersifat Multiserver.

CMS Open Source diciptakan dan dikembangkan oleh sekelompok orang (organisasi) yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam mengelola sebuah website. Umumnya, CMS seperti ini disediakan secara gratis oleh pemilik CMS tersebut. Pengguna diberi kebebasan dalam penggunaan akan program dan modifikasi dalam batas yang wajar.

Manfaat CMS cukup banyak, diantaranya: untuk keperluan manajemen data, mengatur siklus hidup website, mendukung web templating dan standarisasi, personalisasi website, sindikasi, dan akuntabilitas. Pada prinsipnya, CMS dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan dalam berbagai kondisi seperti mengelola website pribadi, mengelola website organisasi atau bisnis, portal atau komunitas online, galeri foto, forum, hingga aplikasi E-Commerce.

Post Title
Apa itu CMS Website?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?