Cara Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor di Samsat



Beberapa hari yang lalu, saya ditanya oleh salah seorang teman saya, Gimana cara cek fisik kendaraan bermotor?. Lalu, Gimana caranya untuk memperpanjang STNK sama pajak juga, sementara motornya disini sedangkan surat-suratnya ada di kampung?. Apa saya harus ngirim lagi ini motor ke kampung terus kirim lagi kesini?, lanjutannya. Tidak, kamu bisa menggunakan layanan cek fisik bantuan kendaaraan bermotor di Samsat dekat sini, jawab saya. Emang bisa?, berapa biayanya? Dan bla bla bla.

Sehubungan dengan hal itu, dalam pikiran saya mungkin bukan hanya teman saya saja yang bertanya tentang urusan Cek Fisik Kendaraan untuk Perpanjangan STNK, pembayaran PKB motor, atau mungkin ganti Plat motor saja. Jika demikian, dalam artikel ini saya coba jelaskan bagaimana cara cek fisik kendaraan bermotor di Samsat. Penjelasan saya ini, didasarkan pada pengalaman saya (baik atau buruk) ketika melakukan Cek Fisik bantuan di Samsat.

Untuk Apa sih Cek Fisik Kendaraan Bermotor itu?

Hasil Cek Fisik Kendaraan bermotor berguna untuk mempermudah anda dalam pengurusan surat-menyurat, untuk keperluan jual beli, pembayaran PKB, ganti (Perpanjang) STNK, mutasi, Ganti nomor Kendaraan dan sebagainya. Sebagai contoh, kendaraan anda berada di Yogyakarta, tapi samsat asalnya di Sumatera. Ingin mutasi dari malang, tapi kendaraan di Kalimantan. Ganti STNK kendaraan di Bandung tapi samsat asal di Sulawesi dll.

Motor Saya ada di sini, Sementara Surat-suratnya di Kampung, Apa harus dikirim lagi ini motor ke kampung saya?.


Tidak, Anda bisa menggunakan Cek Fisik bantuan di Samsat. Setelah itu anda tinggal ambil hasil cek fisik tersebut, kemudian kirim melalui kantor pos atau jasa lain ke kampung. Sehingga keluarga anda yang ada dikampung bisa mengurus masalah perpanjangan STNK motor, dan pembayaran PKB di kampung dengan menggunakan hasil cek fisik yang telah anda lakukan disini.

Berapa Biaya Untuk Cek Fisik Tersebut?, Banyak?

Sebenarnya tidak ada ketentuan resmi berapa biaya untuk cek fisik kendaraan tersebut, dengan kata lain adalah gratis atau tanpa biaya. Selain itu, beberapa sumber juga mengatakan bahwa Cek Fisik di Samsat itu gratis. Namun kenyataannya berbeda dan anda juga harus ingat, Ini Indonesia bukan Amerika atau Rusia, disini adalah tempatnya para calo berkeliaran dan suka memeras uang masyarakat. Apalagi kalau ada petugas menjengkel disana, uuh, Saya punya pengalaman buruk untuk yang satu ini.

Nah, kira-kira semua pertanyaan yang diajukan teman saya tersebut, sudah terjawab dan jelas ya. Selanjutnya tata cara cek fisik bantuan di Samsat, Berikut langkah-langkahnya:

Browsing di Internet atau Bertanya Kepada Orang Lain, Dimana Samsat Terdekat yang menyediakan layanan Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor?.


Tidak semua Samsat menyediakan layanan cek fisik bantuan tersebut, karena itu anda perlu mengetahui dimana Samsat yang menyediakan layanan tersebut. Meskipun ada, Kadang-kadang ada juga kendala lain seperti Blanko habis atau petugasnya belum datang dan sebagainya. Jika demikian cari Samsat lain yang terdekat. Kalau di daerah perkotaan biasanya tidak hanya ada satu.

Jika udah tau tempatnya, Berangkat kesana dengan membawa Kendaraan tersebut, Jangan Lupa Bawa STNK-nya juga.

Sesampai disana, parkir kendaraan anda pada tempatnya, dan langsung masuk kedalam, kemudian tanyakan kepada petugas resmi. Jangan bertanya kepada Satpam, terkadang Satpam disana adalah calo. Saya pernah mengalami ini, saat pertama kali melakukan pengurusan Cek fisik bantuan di Samsat, Waktu itu saya hanya seorang mahasiswa baru di sebuah Universitas di Yogyakarta. Saya tidak tau cara gimana caranya, ya saya bertanya kepada seseorang disana, kebetulan ia memakai pakaian petugas dan memang benar ia kerja disana. Dalam pikiran saya, orang tersebut mungkin akan membantu saya yang tidak tahu apa-apa ini. TAPI, belum juga di cek udah bilang “biayanya 30 Ribu”.

Muke gile, Masa mau Cek Fisik aja bayar segitu banyak. Saya mah, juga bisa cek sendiri, sini Formulirnya. Lagian inikan juga mau bayar pajak dan perpanjang STNK motor, yang intinya keluarin uang juga buat “Negara”. Setelah mendapat sedikit penerangan dari petugas tersebut, sambil senyum-senyum, “Oh ya udah pak, saya Cuma nanya aja” jawab saya, kemudian beranjak pergi ke Samsat lain tapi di daerah Kota. Berbeda dengan Samsat sebelumnya yang sepi, disini banyak orang yang hendak melakukan Cek Fisik. Setelah setelah semua urusan cek fisik selesai, saat mengambil hasil cek fisik tersebut saya bertanya “berapa biayanya pak?”, petugas tersebut jawab “Tidak ada biaya, gratis Pak”. Nah? Tadi di bantul minta 30 Ribu!. Ahh, sudahlah, tidak perlu dipermasalahkan lagi, yang penting udah dapat, kata saya dalam hati.

Terakhir, Anda tinggal kirim hasil cek fisik kendaraan bersama STNK motor tersebut ke kampung menggunakan Jasa Pos, JNE, TIKI atau yang lainnya.

Sebelum itu, jangan lupa untuk fotokopy terlebih dahulu STNK motor anda. Siapa tau, nanti anda membutuhkannya, sebab anda tidak mungkin mendapatkan STNK yang baru besok hari, alias butuh waktu juga. Di kantor Pos saya ambil paket kilat biar cepat, dan cuma bayar 20 Ribu saja, Tidak semahal yang diminta si Bapak Satpam tadi.

Demikian pengalaman saya ketika mengurus Cek Fisik Bantuan di Samsat. Mudah-mudahan penjelasan tersebut bisa di pahami. Semoga anda tidak mengalami seperti yang saya alami dan berjalan mulus tanpa kendala. Amiin..

Post Title
Cara Cek Fisik Bantuan Kendaraan Bermotor di Samsat
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?