Bagaimana Cara Meningkatkan Laba Usaha Angkringan (Nasi Kucing)?


Bagaimana Cara Meningkatkan Laba Usaha Angkringan (Nasi Kucing)?
Cara Meningkatkan Laba Usaha Angkringan (Nasi Kucing)

Beberapa pengelola angkringan terkenal mengatakan, rahasia sukses atau tidak bisnis angkringan adalah lantaran nasi yang disajikan masih panas atau tidak dingin. Meskipun lauknya seadanya, tapi kalau nasinya panas dan ada sambal, pembeli makanan tetap menyukainya. Menurut mereka, nasi panas terbukti dapat meningkatkan selera makan.

Angkringan sebenarnya bisa meraih pasar kelas menengah. Salah satu caranya adalah mengkombinasikan antara konsep angkringan dengan penyajian yang elegan. Menu-menu yang ditawarkan mungkin bisa berkonsep angkringan namun cara penyajiannya bisa mengadopsi gaya kafe modern. Kamu bisa menonjolkan andalan yang memiliki ciri khas rasa dan kelezatannya. Misalnya, kamu bisa lebih menonjolkan keunikan sambal yang kamu tawarkan kepada pelanggan. Nah, agar laba penjualan semakin meningkat, berikut beberapa tips untuk anda:

1. Sajikan Menu Hasil Masakan Sendiri

Bila menu yang kamu sajikan kepada pelangganmu merupakan hasil masakan sendiri, maka margin keuntungan yang diperoleh akan lebih besar. Namun, bila kamu memutuskan untuk fokus pada menjajakan dangan saja, kamu bisa melakukan kerja sama dengan pihak lain yang akan menjadi pemasok makanan (gorengan, nasi bungkus pisang, dan sebagainya). Cara yang satu ini, nilai lebihnya adalah kamu tidak punya risiko menanggung rugi bila dagangan makanan yang digelar tidak laku.

2. Tawarkan Kepada Pelanggan Berbagai Macam Makanan

Untuk menambah omset dari penjualan makanan, perbanyak menu-menu yang ada dan tak Cuma nasi bungkus saja, mulai dari nasi goreng ayam, lele bakar/goreng, aneka penyetan, aneka mie, aneka gorengan, dan bila perlu sediakan pula menu semacam jagung bakar, roti bakar dan lain-lain. Sebagian pebisnis angkringan telah ada yang membuat terobosan baru dengan konsep warung makan serba ada untuk pembeli kelas menengah ke bawah.

3. Tawarkan Kepada Pelanggan Beraneka Macam Minuman

Keuntungan terbesar dari bisnis warung angkringan tradisional adalah dari penjualan aneka minuman seperti teh, kopi, susu, dan sebagainya. Namun, kamu bisa membuat menu minuman yang lebih variatif dan lebih berkelas, sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga sedikit lebih tinggi dan mendapatkan keuntungan lebih banyak dari sini.

4. Kerjasama Dengan Pemasok Yang Berani Menjual Bahan Baku Lebih Murah

Belilah langsung bahan baku ke pasar tradisional ke pasar tradisional atau langsung ke petani lantaran harganya jauh lebih murah. Kamu juga bisa melakukan kerjasama dengan pihak yang menjadi pemasok bahan makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah dari yang lain.

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?