Bagaimana Cara Memulai Usaha Warung Makan Sederhana?


Bagaimana Cara Memulai Usaha Warung Makan Sederhana?
Cara Memulai Usaha Warung Makan Sederhana

Meski kelihatannya sederhana, namun keuntungan usaha warung makan sederhana cukup besar. Perhatikanlah, berapa orang setiap hari yang datang ke warung makan di sekitar anda, lalu kalkulasikan total pendapatannya. Warung makan sederhana ini sebenarnya telah memiliki segmen pasar yang jelas. Sehingga tidak perlu harus melakukan promosi yang berlebihan. Cukup dengan memasang spanduk di depan tempat usaha tersebut, maka orang akan tahu bahwa anda menjual makanan dan minuman. Berikut langkah-langkah untuk buka usaha warung makan sederhana tersebut:

1. Menentukan Lokasi Yang Cukup Strategis

Siapkanlah ruang usaha atau tempat untuk berjualan yang strategis. Usahakan lokasi tersebut berdekatan dengan kos-kosan, kos-kosan, kampus, sekolah atau wilayah padat penduduk lainnya.

2. Pertimbangkan Keamanan Lokasi Usaha

Anda perlu memperhatikan masalah keamanan lokasi usaha yang akan dipilih tersebut. Usahakan jauh dari tindakan kejahatan dan kriminalitas. Sebab, hal Ini jelas tidak baik untuk keberlanjutan usaha warung makan yang akan anda jalankan.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan persaingan di lokasi usaha yang akan dipilih. Jangan sampai usaha anda mendapat tantangan dari warga setempat karena dianggap mengganggu ketenangan. Bisa juga disebabkan karena pengusaha lain merasa usaha anda menyebabkan keuntungan mereka berkurang lantaran konsumen mereka lari ke tempat anda.

3. Siapkan Peralatan Untuk Memasak

Siapkan peralatan memasak dan peralatan makan mulai dari mangkuk, gelas, sendok, garpu dan sebagainya. Selain itu anda juga perlu menyiapkan peralatan lain seperti meja saji, kursi, kotak gorengan, serbet, botol-botol dan sebagainya.

4. Siapkan Bahan Baku

Selanjutnya anda perlu membeli semua bahan baku yang akan digunakan untuk membuat makanan dan minuman. Dalam hal ini anda perlu memilih bahan baku dengan harga yang lebih murah tapi berkualitas. Anda juga bisa berlangganan dengan penjual bahan baku tersebut untuk mendapatkan harga khusus.

5. Merekrut Karyawan Yang Jago Memasak

Jika tidak mau repot-repot untuk memasak, anda bisa mencari karyawan untuk membantu membuat makanan dan minuman. Karyawan tersebut bisa saudara, teman anda atau orang lain. Hendaknya karyawan yang dipilih memiliki keahlian memasak yang cukup memadai.

6. Lakukan Uji Coba Kualitas Makanan

Lakukan uji coba pada makanan yang anda buat dengan meminta bantuan teman atau saudara untuk menilai. Sehingga anda dapat mengetahui kualitas makanan dan minuman yang akan dijual.

7. Memasang Spanduk Di Depan Tempat Usaha

Hal ini berguna untuk memberitahukan calon konsumen bahwa anda menjual makanan dan minuman. Selain itu, anda juga perlu menambahkan informasi menu makanan dan minuman yang ditawarkan beserta informasi harganya.

Post Title
Bagaimana Cara Memulai Usaha Warung Makan Sederhana?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?