Bagaimana Cara Memulai Usaha Warung Kopi?


Bagaimana Cara Memulai Usaha Warung Kopi?
Cara Memulai Usaha Warung Kopi

Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi di bisnis warung kopi, saat ini ada banyak peluang usaha warung kopi yang menawarkan bentuk kerja sama baik itu berupa waralaba juga Join Venture.

Apapun itu, yang pasti produk kopi tetap laku keras. Jadi bagi kamu penggemar kopi, kenapa tidak sekalian membangun bisnis minuman kegemaran tersebut. Bukankah itu juga merupakan sebuah hobi?. Sedangkan kita tahu bahwa segala pekerjaan jika dilakukan karena hobi, tidak ada rasa lelah melainkan kesenangan dan kepuasan yang akan didapat. Karena itu, jika kamu tertarik, berikut referensi untuk memulai usaha warung kopi tersebut.

1. Menentukan Lokasi Usaha

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan lokasi usaha. Perlu diingat bahwa hampir setengah kesuksesan bisnis warung kopi bergantung pada lokasi usaha yang kamu tentukan. Maka dari itu, prioritas utama anda saat memulai bisnis warung kopi adalah lokasi. Penentuan lokasi tersebut berhubungan dengan pangsa pasar yang anda tuju. Kriteria penentuan lokasi tersebut diantaranya lokasi padat penduduk, daerah perkantoran, pasar, di tepi jalan raya dan sebagainya.

2. Desain Interior Yang Paling Menarik

Setelah lokasi usaha, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan desain interior yang unik dan menarik. Dalam hal ini kamu di tantang untuk menciptakan keunikan yang membedakan warung kopi yang kamu kelola dengan warung kopi lain. Salah satu keistimewaan warung kopi kamu terletak pada desain interior tersebut. Desain interior tersebut hendaknya terkesan unik, mewah dan menarik. Bukan berarti kamu harus mengeluarkan dana yang cukup besar, sebab terkadang desain interior yang tradisional justru lebih menjual dari pada yang lain.

3. Menentukan Nama Usaha Yang Paling Menjual

Nama usaha tersebut hendaknya juga asik dan mudah diingat oleh konsumen. Perlu diingat, nama tidak bisa kamu anggap sebagai hal yang sepele, sebab nama mengandung filosofi, harapan, dan harga.

4. Menyiapkan Sarana Dan Prasarana Yang Dibutuhkan

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk membangun usaha warung makan tersebut. Sarana dan prasarana tersebut diantaranya, Meja dan kursi, gelas, dan sebagainya.

5. Bekerja Sama Dengan Pemasok Bahan Baku Kopi Berkualitas

Langkah selanjutnya adalah menentukan pemasok bahan kopi yang berkualitas dan mulailah bekerja sama dengan mereka untuk kemudahan dan keberlanjutan. Mengapa perlu bekerja sama?. Sebab kamu tidak hanya akan sekali membeli tetapi seterusnya. Beberapa kopi yang terkenal di Nusantara diantaranya kopi Jawa, kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Lampung, Kopi bali, kopi rangkiang dan masih banyak lagi.

6. Merekrut Karyawan Yang Ahli Membuat Kopi

Karyawan tersebut hendak adalah orang-orang yang tidak hanya sekedar bisa membuat kopi. Semua orang pasti bisa membuat kopi, tetapi citarasa kopi yang disajikan akan berbeda-beda masing-masingnya. Maka dari itu, karyawan yang hendaknya kamu pilih tidak asal pilih. Lebih baik lagi bila karyawan yang akan dipilih sebagai pramusaji tersebut juga pecinta atau penggemar kopi sejati. Selain itu, kamu mungkin juga akan membutuhkan petugas kebersihan, petugas keamanan, tukang parkir dan manajer untuk mengurus dan mengelola bisnis warung kopi tersebut.

6. Promosi Usaha

Agar usaha warung kopimu lebih cepat dikenal orang, ada baiknya kamu melakukan promosi. Misalnya dengan mengiklankan usaha warung kopi tersebut di media sosial, website, koran, radio, majalah lokal, dan sebagainya. Jika memungkinkan pasanglah iklan di surat kabar yang paling terkemuka di kotamu.

Selain itu, kamu juga bisa menciptakan atau melibatkan diri dengan menjadi sponsorship event-event menarik dengan tujuan agar usaha kamu semakin dikenal oleh pelanggan. Kamu pun bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari sana.

Post Title
Bagaimana Cara Memulai Usaha Warung Kopi?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?