Bagaimana Cara Memulai Bisnis Angkringan (Nasi Kucing)?


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Angkringan (Nasi Kucing)?
Cara Memulai Bisnis Angkringan (Nasi Kucing)


Warung dengan menu khasnya nasi bungkus pisang dan wedang ini tidak sulit ditemui. Masalahnya, warung yang satu ini memang identik sebagai tempat nongkrongnya masyarakat kelas menengah ke bawah buat melepaskan rasa lelah setelah bekerja. Biasanya mereka mangkal di ruas-ruas jalan raya, dekat kos-kosan, dekat tempat ronda dan lain-lain. sekalipun kelas pinggir jalan, namun jangan menganggap rendah bisnis ini. Banyak dari pebisnis angkringan ini yang berpenghasilan bersih hingga ratusan ribu perhari.

Tak heran bila saat ini mulai banyak pebisnis yang ikut-ikutan menggeluti bisnis yang satu ini. Mulai dari warung angkringan konvensial, hingga angkringan dengan konsep modern yang didukung aneka fasilitas, seperti hotspot area untuk internet gratis, tempat yang bersih, dan menu yang lebih lengkap. Nah bila kamu tertarik untuk menekuni bisnis kuliner ala kaki lima, konsep warung angkringan mungkin cocok untuk kamu coba. Hanya dengan modal yang relatif kecil, namun bisa memberikan untung yang besar.

1. Memilih Tempat Usaha Yang Strategis

Lantaran segmen pasar angkringan adalah kelas menengah ke bawah, terutama pelajar, mahasiswa, dan pekerja, maka lokasi paling pas buat berjualan adalah dekat kos-kosan, pinggir jalan raya, atau asrama pekerja. Jika kamu ingin buka 24 nonstop, maka kamu perlu mencari kios yang permanen atau bisa juga pekarangan kosong yang lumayan luas untuk menggelar dagangan, meja, kursi dan properti lainnya.

2. Merancang Tempat Jualan Semenarik Mungkin

Setelah menemukan lokasi usaha yang paling pas, selanjutnya kamu perlu merancang tempat usaha tersebut dengan semenarik mungkin namun tetap mempertahankan konsep warung angkringan. Selain itu, kamu juga perlu perlengkapan lain seperti tenda, meja, kursi dan sebagainya. Bila kamu ingin memakai tenda permanen, tetap dirancang agar tampak eksotik sehingga tidak terkesan warung mahal, sehingga orang kelas menengah takut buat mampir.

3. Menyiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan peralatan untuk memasak seperti, tungku, arang, ceret. Lalu, peralatan makan seperti mangkuk, sendok, garpu, gelas dan sebagainya. Lalu, alat penerangan seperti lampu, minyak tanah dan lain-lainnya. Hingga menu yang akan dijual.

4. Carilah Beberapa Orang Untuk Membantu Usaha

jika kamu tidak sanggup mengelola usaha angkringan tersebut sendiri, cari teman untuk menolong kamu mengurus dan melayani pelanggan.

5. Belanja Bahan Makanan dan Minuman

Jika dirasa sudah siap buka, saatnya belanja bahan makanan dan minuman yang dibutuhkan. Setelah itu, segeralah beroperasi dan mulailah melakukan promosi dari mulut ke mulut, selebaran, dan bila diperlukan dan memungkinkan kamu juga bisa melakukan promosi lewat sosial media.

Artikel Terbaru: