Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rental Mobil?


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rental Mobil?
Cara Memulai Bisnis Rental Mobil

Bisnis rental mobil termasuk bisnis yang bergerak di bidang jasa. Sebab itu, pahami dengan baik selera konsumen, keinginan mereka, apa mobil idamannya, dan sebagainya. Saat ini masalah jenis mobil, merk dan sebagainya sangat berpengaruh juga terhadap jumlah pelanggan yang akan merental mobil tersebut. Berikut cara umum memulai sebuah bisnis rental mobil baru.

1. Mencari Lokasi Yang Strategis

Untuk kantor usaha rental mobil sebaiknya pilih lokasi yang mudah diakses oleh pelanggan. Lebih baik lagi jika, markas rental mobil ini terletak tepat di pinggir jalan raya. Sebab hal ini, sangant membantu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

2. Tetapkan Target Utama

Selanjutnya adalah menetapkan target utama bisnis rental mobil tersebut. Target utama ini misalnya wisatawan, perusaan lokal, asing, perorangan, dan sebagainya. Dengan bisnis yang dikelola lebih terfokus. Sedangkan yang lainnya adalah nilai tambahnya.

3. Merekrut Karyawan Profesional

Selanjutnya merekrut karyawan yang akan membantu anda untuk menjalankan usaha rental mobil tersebut. Karyawan tersebut meliputi tenaga administrasi, sopir, dan cleaning service. Lebih baik lagi jika karyawan yang anda pilih adalah orang-orang yang berpengalaman dibidang itu.

4. Menyiapkan Dana Operasional Perbulan

Siapkan dana untuk operasional dan juga dana untuk pengadaan mobil yang akan disewakan. Pilihlah mobil yang daya tampungnya lebih banyak, namun konsumsi bahan bakar lebih irit. Hendaknya mobil yang dipilih juga memiliki harga jual second yang tidak jauh beda dengan harga beli barunya. Sebab ketika suatu saat nanti hendak dijual kembali, anda tidak terlalu banyak rugi.

5. Mengurus Masalah Perizinan

Selanjutnya anda perlu mengurus masalah perizinan ke tempat yang di tentukan oleh pemerintah. Hal ini penting untuk menguatkan nama usaha anda di mata hukum, sehingga ketika terjadi masalah anda bisa memperlihatkan surat izin usaha tersebut.

6. Menetapkan Harga atau Tarif

Anda perlu memikirkan harga sewa atau tarif perwaktu dari setiap mobil dan sopir yang disewa oleh pelanggan. Dalam menentukan tarif ini, perlu pertimbangan-pertimbangan seperti, tarif yang ditetapkan oleh bisnis rental mobil yang lain, masalah biaya operasional dan modal, keinginan akan balik modal yang lebih cepat dan sebagainya.

7. Mengasuransikan Mobil Dan Usaha

Tentukan jenis asuransi yang akan anda gunakan, sebab ini penting untuk mengantisipasi risiko kecelakaan atau masalah lainnya dikemudian hari nanti.

8. Promosi Usaha

Agar usaha baru anda lebih dikenal oleh masyarakat banyak lebih cepat, diperlukan promosi usaha. Cara untuk mempromosikan usaha ini bermacam, misalnya melalui media sosial, internet, mulut ke mulut, koran, iklan di majalah, dan sebagainya.

Artikel Terbaru: