Cara Memulai Bisnis Penitipan Kendaraan (motor dan Mobil)


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Penitipan Kendaraan?
Cara Memulai Bisnis Penitipan motor dan mobil

Ketersediaan lahan yang semakin sempit dan tidak ada jalan masuk yang cukup lebar sampai di depan rumah membuat sebagian orang yang mempunyai kendaraan roda 4 hanya bisa memarkir kendaraan di pinggir jalan raya yang tentu saja tidak terjamin keamanannya. Maka dari itu, mereka lebih memilih menitipkan mobilnya di tempat penitipan kendaraan. Hanya saja, mereka memang tidak membayar secara harian tetapi bulanan karena biasanya mereka tinggal tidak jauh dari situ. Berikut langkah-langkah sederhana untuk anda yang ingin menjalankan bisnis penitipan kendaraan tersebut:

1. Mencari Lahan Kosong

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari lahan kosong sebagai tempat anda menempatkan kendaraan tersebut. Hendaknya anda menyediakan lahan yang cukup luas, sehingga penghasilannya juga besar. Namun, bagi anda yang telah memiliki lahan, tentu tahapan ini bisa dilampaui.

2. Renovasi Tempat Usaha

Setelah anda memiliki lahan untuk menempatkan kendaraan bermotor tersebut, selanjutnya lakukan sedikit renovasi pada tempat tersebut agar enak di pandang mata. Tidak perlu bagus, tetapi cukup kuat. Dinding dan ata harus rapat. Penting pula untuk membuat pagar keliling, sehingga keamanan lebih terjaga. Sediakan juga bangunan khusus untuk tempat istirahat dan juga toilet untuk menambah omset anda.

3. Membuat Semacam Nomor Penitipan

Nomor penitipan ini biasanya berupa kertas dilaminating dengan cap atau logo khusus dari tempat penitipan yang anda jalankan. Untuk meminimalkan risiko yang tidak diinginkan, semisal bisa dipalsukan atau tertukar, pastikan nomor penitipan tersebut dibuat dengan disertai logo dan tanda-tanda khusus yang jelas dilihat berbeda, dan tidak mudah untuk dipalsukan atau tertukar.

4. Mencari karyawan Yang Dapat Dipercaya

Nah Bagi anda, yang membuka usaha cukup besar, mungkin anda akan membutuhkan karyawan yang bisa membantu anda menjaga kendaraan tersebut. Maka dari itu, langkah selanjutnya adalah mencari karyawan yang bisa dipercaya untuk menjaga kendaraan bermotor tersebut. Lagi pula, anda juga tidak mungkin bisa melayani pelanggan setiap hari, dan membutuhkan karyawan untuk membantu anda.

Artikel Terbaru: