Bagaimana Cara Memulai Bisnis Minimarket?


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Minimarket?
Cara Memulai Bisnis Minimarket

Bagi anda yang memilih program waralaba, penting untuk menjatuhkan pilihan kepada perusahaan yang telah berpengalaman dan memiliki brand yang terkenal dan image yang baik di mata masyarakat. Dalam menjalankan bisnis ini, kenyamanan pembeli adalah hal yang hendaknya menjadi prioritas utama dengan memperhatikan tata ruang toko yang memudahkan mereka dalam berbelanja. Display produk sebisa mungkin tidak merepotkan dan memperhatikan ketersediaan lapangan parkir yang luas.

Selain itu, Pemilihan produk jual harus sesuai dengan karakteristik konsumen dan lokasi di mana minimarket tersebut berada. Hal ini akan berpengaruh terhadap efisiensi modal dalam memenuhi stok barang. Untuk barang yang memiliki permintaan lebih tinggi, stoknya ditambah. Jangan sampai pelanggan kecewa karena tidak memperoleh barang tersebut karena alasan stoknya habis. Agar lebih jelas, berikut langkah-langkah memulai bisnis minimarket tersebut:

1. Menentukan Konsep Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep usaha mini market tersebut. Apakah konsep waralaba atau non waralaba. Pertimbangan untuk anda yang baru memulai bisnis ini adalah jika memilih bisnis waralaba, semua hal yang berhubungan dengan persiapan termasuk pertimbangan lokasi usaha sudah di urus oleh pihak franchisor.

2. Mencari Lokasi Strategis

Nah bagi anda yang ingin membuka bisnis secara mandiri, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari tempat usaha yang strategis. Mungkin yang perlu dipertimbangkan adalah tempat usaha hendaknya dekat dengan jalan raya, dekat perkantoran, sekolahan, kampus, perumahan dan sebagainya, yang intinya adalah dekat dengan keramaian. Selain itu, pertimbangkan juga pebisnis serupa yang lebih dulu membuka usaha serupa di tempat yang anda pilih.

3. Mendesain Tempat Dan Menyiapkan Segala Perlengkapan Yang Dibutuhkan

Selanjutnya adalah mendesain tempat usaha dengan semenarik mungkin. Biasanya gedung yang memiliki perpaduan warna yang enak di pandang mata, memiliki nilai tambah tersendiri. Selain itu, anda juga perlu mempersiapkan segala peralatan dan perlengkapan usaha minimarket tersebut.

4. Mempersiapkan Produk Yang Akan Di Jual

Pilih produk yang sesuai dengan permintaan konsumen di sekitar tempat usaha anda. Dalam hal ini anda perlu memilih dan menerapkan strategi yang tepat agar produk yang dijual cepat terjual. Misalnya, jika lokasi usaha anda berdekatan dengan sekolah, mungkin produk utama yang harus anda jual adalah perlengkapan sekolah, makanan ringan, eskrim, minuman yang dingin-dingin dan sebagainya.

5. Menentukan Pembagian Jam Kerja karyawan

Tentukan mengenai konsep shift serta pembagian jumlah karyawan. Dengan waktu buka 24 jam sehari, maka jam kerja bisa di bagi menjadi 3 yaitu jam 00.00-08.00, 08.00-17.00, 17.00-00.00. Selanjutnya menentukan jumlah karyawan per-shift, misalnya 3 orang per-shift-nya, 2 orang dibagian administrasi, dan 1 orang untuk mengontrol di lapangan.

Artikel Terbaru: