Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makanan Khas Tradisional Daerah?


Bagaimana Cara Memulai Bisnis Makanan Khas Tradisional Daerah?
Cara Memulai Bisnis Makanan Khas Tradisional Daerah

Bisnis oleh-oleh dan makanan khas termasuk bisnis yang bergerak di bidang makanan. Bisnis makanan adalah bisnis yang tidak akan pernah mati dan justru akan terus berkembang. Bisnis ini akan selalu tumbuh sejalan dengan makin kreatifnya pelaku usaha dalam menciptakan berbagai jenis makanan baru. Berikut langkah-langkah untuk memulai bisnis makanan khas daerah tersebut.

1. Menentukan Lokasi Yang Tepat

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan lokasi yang paling strategis dan ramai pengunjung. Misalnya lokasi di sekitar jalan utama yang dilalui bus pariwisata, sehingga ada kemungkinan pengujung di dalam bus tersebut singgah membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, bisa juga di area wisata yang ramai dikunjungi.

2. Menentukan Konsep Toko Oleh-Oleh Makanan Khas

Setelah lokasi ditetapkan, selanjutnya adalah menentukan konsep toko yang akan menampung barang-barang yang akan ditawarkan. Buatlah konsep toko yang sangat unik dan menarik perhatian pengunjung. Konsep toko tersebut adalah salah satu pembeda antara toko anda dengan toko yang lain.

3. Menata Ruang Dengan Rapi

Untuk memberikan kesan rapi pada toko, sebaiknya persiapkan rak-rak dengan ukuran yang sesuai. Hendaknya tidak memilih rak yang tidak depat dengan ukuran barang, sebab akan memberi kesan kurang serasi dari pandangan pengunjung. Display produk yang tampak rapi dan bersih, akan membuat pengunjung tertarik untuk membeli.

4. Manajemen Usaha Yang Baik

Penting untuk dilakukan adalah manajemen usaha yang baik. Dalam hal ini anda mungkin perlu mempertimbangkan aspek manajemen pengelolaan toko. Selain itu, anda juga perlu mendapatkan sumber daya manusia yang unggul dan penuh semangat dalam menjalankan usaha.

5. Memilih Produk Yang Akan Di Jual

Hendaknya, produk yang akan dijual adalah produk yang dianggap laku keras, sehingga perputaran produk dan keuntungan semakin cepat juga.

6. Bekerjasama Dengan Pihak Lain

Jalin kerjasama dengan industri yang memproduksi oleh-oleh dan makanan khas dengan mempertimbangkan masalah kualitas produk dan harga produk.

7. Promosi Usaha

Agar usaha anda lebih cepat dikenal oleh masyarakat banyak, sebaiknya juga melakukan promosi secara bertahap atau secara besar-besaran. Promosi tersebut tidak perlu harus dengan mengeluarkan modal yang sangat besar. Sebab saat ini, media sosial dan internet sudah bisa digunakan untuk promosi usaha dan modalnya juga tidak banyak.

Artikel Terbaru: