Bagaimana Cara Buka Usaha Warnet (Warung Internet)?


Bagaimana Cara Buka Usaha Warnet (Warung Internet)?
Cara Buka Usaha Warnet (Warung Internet)

Ketika usaha telah berjalan anda perlu memaksimalkan pendapatan usaha warnet, mungkin dengan menjual makanan dan minuman, menerima jasa print, download file, multi-player game, penjualan aksesoris komputer, dan sebagainya. Ini terbukti membantu meningkatkan pendapatan usaha warnet tersebut. Namun, sebelum itu anda perlu mengetahui langkah-langkah berikut untuk memulai bisnis warnet tersebut:

1. Menentukan Lokasi Usaha Yang Strategis

Langkah pertama dalam membuka usaha warnet adalah mempersiapkan lokasi usaha yang strategis. Lokasi yang dipilih hendaknya berada di daerah yang padat penduduk. Selain itu, anda juga perlu memikirkan segmen pasar yang akan dituju, sehingga semakin mudah untuk memilih tempat membuka usaha warnet tersebut. Syarat utama dalam pemilihan lokasi usaha yaitu kemudahan.

2. Buka Usaha Sendiri atau Ikut Program Waralaba

Anda bisa menjalankan bisnis warnet mulai dari nol atau bisa juga ikut program waralaba. Seandainya memilih ikut program waralaba, anda tidak perlu lagi pusing-pusing dalam persiapan usaha, sebab semua hal sudah diurus oleh pihak franchisor.

3. Menyiapkan Perlengkapan dan Peralatan Yang Dibutuhkan

Untuk menjalankan usaha ini dibutuhkan perlengkapan utama berupa sejumlah perangkat komputer dan aksesorisnya, baik untuk user dan juga server (host). Jumlah tersebut tergantung pada dana yang dimiliki dan juga ketersediaan tempat.

4. Mengurus Perizinan Membuka Usaha

Untuk persoalan legalitas usaha, anda perlu meminta izin kepada tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah. Selain itu, sebaiknya anda juga memiliki SIUP/NPWP.

5. Merekrut Karyawan

Dalam memilih karyawan yang akan bekerja di warnet tersebut, hendaknya mereka adalah karyawan yang mampu menguasai bidangnya masing-masing seperti operator, cleaning service, dan teknisi. Yang terpenting itu adalah karyawan yang memiliki kemampuan tentang teknisi komputer, sehingga apabila terjadi masalah bisa diatasi dengan cepat.

6. Siapkan Dana Cadangan

Pada awal-awal buka usaha sebaiknya anda juga mempersiapkan dana cadangan untuk biaya operasional serta gaji karyawan. Biasanya diawal buka usaha warnet tersebut pelanggan yang datang masih sedikit-sedikit. Dengan kata lain warnet masih tergolong sepi pengunjung.

7. Promosi Usaha

Promosi bisa dilakukan dengan cara menyebarkan brosur di tempat-tempat umum diseluruh penjuru kota. Sehingga usaha warnet anda bisa diketahui oleh banyak orang. Biasanya, pengguna internet rela pergi jauh hanya untuk mendapatkan akses internet yang cepat. Maka dari itu, jika warnet tersebut mampu untuk memenuhi kecepatan akses internet yang mereka inginkan, jangan ragu-ragu untuk menyampaikannya kepada mereka.

8. Mempelajari Komputer dan Teknis Reparasi

Sebagai pemilik warnet, anda juga perlu mempelajari berbagai hal tentang komputer dan teknis reparasinya. Sehingga, jika terjadi masalah anda tidak perlu lagi memanggil teknisi khusus untuk mengatasinya. Tetapi, hal ini bisa diatasi jika karyawan yang anda pilih jago dalam bidang tersebut.

Post Title
Bagaimana Cara Buka Usaha Warnet (Warung Internet)?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?