Bagaimana Cara Buka Usaha Kolam Pemancingan Ikan?


Bagaimana Cara Buka Usaha Kolam Pemancingan Ikan?
Cara Buka Usaha Kolam Pemancingan Ikan

Jika boleh dibandingkan dengan bisnis lain, risiko usaha kolam pemancingan ikan relatif kecil, lantaran biaya operasional yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Biaya yang paling besar adalah makanan ikan dan perawatan kebersihan kolam. Selain itu, walau tanpa pengunjung pun, anda tetap bisa mendapat penghasilan dengan cara menjual ikan.

Jika anda berniat memulai bisnis kolam pemancingan ikan tersebut, berikut langkah-langkahnya:

1. Mencari Lokasi Strategis

Langkah pertama adalah mencari lokasi usaha. Pertimbangan menentukan lokasi usaha antara lain, mudah di jangkau, akses jalan yang baik, Jauh dari keramaian dan bising tetapi Jauh dari bencana banjir dan jauh dari kejahatan kriminal. Usahakan tempat yang dipilih juga tidak terlalu mencekam dan menakutkan.

2. Membuat Beberapa Kolam Ikan

Anda bisa membangun kolam ikan yang memenuhi standar kolam ikan air tawar. Hal ini juga didukung oleh seberapa luas lahan untuk membuka usaha. Sekurang-kurangnya 3 kolam, sehingga anda bisa membagi-baginya menjadi beberapa fungsi, seperti kolam pembibitan, kolam untuk membesarkan, dan kolam siap panen atau di pancing.

3. Mencari Bibit ikan yang berkualitas

Jika kolam ikan sudah jadi, selanjutnya adalah pengadaan berbagai bibit ikan yang berkualitas. Mungkin bibit ikan yang lazim adalah ikan gurami, ikan bawal, ikan mas, ikan patin dan ikan lele. Anda bisa membaca referensi lain untuk menemukan bibit ikan yang cocok. Hendaknya, usia ikan tersebut bervariasi, sehingga ketika kolam telah jadi, bisa langsung dibuka.

4. Membuka Usaha Lain Di Tempat Yang Sama

Selanjutnya bangun warung-warung untuk jualan makanan, jualan peralatan memancing, atau sebagainya. Jika anda tidak sempat mengelolanya, bisa disewakan kepada orang lain. Selain itu, anda juga bisa mencari karyawan untuk mengurusnya.

5. Mencari Karyawan atau Tenaga Kerja

Selanjutnya adalah mencari karyawan yang mau bekerja dengan sebaik-baiknya. Jika anda membuka usaha bersama teman-teman anda (patungan), mungkin ini tidak perlu dilakukan. Anda dengan teman anda hanya perlu membagi pekerjaan.

6. Promosi Usaha

Setelah semua telah siap, selanjutnya adalah mempromosikan usaha anda kepada orang-orang yang ada di kota anda. Promosi bisa dilakukan dengan menyebarkan selebaran, kertas print out, spanduk, koran, pamflet dan melalui mulut ke mulut.

7. Menentukan Tarif

Dalam hal ini, ada dua jenis tarif yang lazim digunakan yaitu berdasarkan satuan berat dan Tarif harian. Jika tarif di dasarkan pada berat ikan, maka semakin banyak ikan yang didapatkan bayaran juga semakin besar. Namun, apabila mereka tidak mendapatkan ikan, maka tidak ada bayaran. Sedangkan untuk tarif perhari, pelanggan perlu membeli karcis masuk satu kali sehari. Keunggulan menggunakan tarif ini, meski tidak mendapatkan ikan, tetap ada bayaran. Sedangkan kelemahannya, meski mereka mendapatkan banyak, bayaran tetaplah sama yaitu Cuma saat membeli karcis masuk di awal.

Masing-masing jenis tarif mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memikirkan mana yang paling efektif dan lebih menguntungkan.

Post Title
Bagaimana Cara Buka Usaha Kolam Pemancingan Ikan?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?