Bagaimana Cara Buka Usaha Fotocopy dan Penjilidan Buku?


Bagaimana Cara Buka Usaha Fotocopy dan Penjilidan Buku?
Cara Buka Usaha Fotocopy dan Penjilidan Buku

Daya tarik utama buka usaha fotocopy dan penjilidan adalah risiko usaha yang sangat kecil. "Biasanya jasa fotocopy dengan jasa penjilidan sudah satu paket". Bisnis ini tidak membutuhkan penyediaan stok bahan baku yang berlebihan. Bila habis sangat mudah mendapatkannya. Jika belum laku hari ini, beberapa bulan lagi pun masih bisa dipakai. Nah, bagi anda yang tertarik dengan bisnis fotocopy dan penjilidan ini, berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

1. Siapkan Modal Usaha

Langkah pertama adalah mempersiapkan dana untuk modal usaha, terutama untuk membeli mesin fotocopy dan sewa tempat usaha. Selain itu, modal tersebut juga dibutuhkan untuk membeli serbuk tinta, mesin potong, etalase, kertas, dan lem kertas, serta bahan baku utamanya lainnya.

2. Menentukan Lokasi Strategis

Hendaknya lokasi yang dipilih berdekatan dengan area seperti perkantoran, sekolah dan kampus. Sebab anak sekolah, mahasiswa dan pegawai adalah calon konsumen yang pasti akan membutuhkan jasa fotocopy dan penjilidan tersebut.

3. Renovasi Tempat Usaha

Selanjutnya, anda perlu sedikit merenovasi tempat usaha agar keliatan lebih menarik. Hal ini berkenaan dengan, siapa konsumen anda?. Biasanya mereka sangat menyukai tempat yang bersih, rapi dan enak dipandang mata. Maka dari itu, anda perlu mendesain ruang usaha menjadi lebih menarik lagi.

4. Mencari Karyawan

Tidak mungkin anda mampu melakukan semuanya sendiri, terlebih jika pelanggannya banyak. Maka dari itu, carilah karyawan 1 atau 2 orang untuk membantu anda menjalankan usaha fotocopy tersebut. Lagi pula, karyawan yang anda pilih juga tidak perlu harus sarjana, atau karyawan yang memiliki keahlian khusus. Sebab siapa saja bisa dengan mudah melakukannya.

Artikel Terbaru: