Bagaimana Cara Agar Sukses Menjalankan Bisnis Rental Mobil?


Bagaimana Cara Agar Sukses Menjalankan Bisnis Rental Mobil?
Cara Agar Sukses Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Bagi anda yang berkeinginan untuk memulai bisnis rental mobil, berikut beberapa tips untuk anda:

1. Menjalin Kerjasama dengan Pihak Lain

Lakukan kerja sama dengan bengkel atau montir langganan yang berguna untuk memperbaiki dan untuk perawatan mobil rental anda. Dengan demikian, anda bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Lebih baik lagi jika anda membuka usaha tersebut sendiri. Selain berguna untuk perawatan mobil, juga bisa menambah penghasilan anda.

2. Memilih Sopir Yang Berpengalaman

Jika hendak menyediakan jasa sewa sopir, pilihlah sopir yang baik, tidak ugal-ugalan, sopan dan akan lebih bila memiliki pengetahuan tentang berbagai wilayah di kota tertentu. Sehingga mobil lebih terawat dan pelanggan juga lebih nyaman.

3. Manfaatkan Jasa Asuransi

Ini berguna untuk melindungi mobil anda dari berbagai risiko seperti kecelakaan, kerusakan parah, dan pencurian.

4. Menambah Stok Mobil

Jika bisnis terus berkembang yang ditandai dengan jumlah pelanggan yang semakin banyak, teruslah menambah stok mobil rental anda. Anda juga mengajak teman-teman yang ingin menambah penghasilannya dengan ikut serta merentalkan mobil miliknya melalui usaha anda.

5. Mencari Pelanggan Tetap

Carilah pelanggan dari perusahaan atau instansi tertentu, agar bisa dijadikan sebagai pelanggan tetap yang selalu menggunakan jasa rental mobil anda.

6. Berikan Diskon Atau Hadiah Kepada Pelanggan Tetap

Untuk menjalin hubungan yang semakin baik dengan pelanggan, anda perlu memberikan diskon atau hadiah tertentu kepada pelanggan tetap atau tarif khusus atau bisa juga hadiah tertentu. Sehingga pelanggan semakin betah menggunakan jasa anda.

7. Terapkan Manajemen Administrasi Yang Baik

Terutama pada bagian administrasi, buatlah manajemen administrasi yang jelas dan lengkap, sehingga data diri para pelanggan dapat dilihat dan dilacak bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

8. Memilih Pelanggan Secara Selektif

Hal ini berguna untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang akan terjadi. Pihak pengelola dalam hal ini perlu memilah-milih pelanggannya, dengan cara lebih selektif dalam memilih pelanggannya. Selain itu, survey pelanggan mungkin juga perlu dilakukan. Pihak pengelola perlu mengumpulkan data diri pelanggan, diantaranya KTP atau SIM.

9. Manajemen Keuangan Yang Baik

Dalam menjalankan bisnis rental mobil, masalah keuangan adalah masalah yang harus mendapatkan perhatian serius. Sebab itu, lakukan manajemen yang baik dan terencana, diantaranya lebih memperhatikan arus kas, pembukuan yang tertib dan catatan laba-rugi bulanan yang baik. Hal ini juga berguna untuk membuat kebijakan atau keputusan tertentu pada masa berikutnya.

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?