Apa Yang Dimaksud Dengan Angkringan?


Apa Yang Dimaksud Dengan Angkringan?
Apa Yang Dimaksud Dengan Angkringan?

Angkringan berasal dari bahasa jawa "Angkring", yaitu alat dan tempat jualan makanan keliling yang dipikul, berbentuk melengkung ke atas, adalah sebuah gerobak dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Nama lain dari 'Angkringan" adalah hidangan istimewa ala kampung atau disingkat dengan 'HIK', dikenal dengan warung hik.
Penjual Angkringan ini pada awalnya menjajakan dagangannya dengan cara dipikul dan dibawa keliling kampung. Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik dan lain-lain. Minuman yang dijualpun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, seiring perkembangan waktu, penjual angkringan ini memutuskan untuk menetap dan kemudian mulai menggunakan gerobak dorong untuk menjajakan dagangan tersebut. Dahulu, pedagang angkringan menjual barang dagangannya hanya pada sore hari dan malam hari. Namun sekarang, sebagian angkringan ada pula yang buka 24 jam sehari.

Dalam bisnis, Angkringan merupakan salah satu usaha yang sederhana dan biaya yang relatif kecil, tetapi mampu memberikan penghasilan yang cukup menggiurkan. Angkringan hanyalah tentang gerobak dorong, makanan dan minuman sederhana. Sehingga, banyak pengusaha kecil yang memilih angkringan tersebut sebagai sumber penghasilan utama mereka. Selain itu, diantara pebisnis ini, ada pula yang membuat terobosan baru dengan menerapkan konsep bisnis modern, tetapi tetap mempertahankan ciri khas dari angkringan tersebut, yaitu gerobak, tiga buah ceret di atas tungku arang, termasuk makanan dan minuman yang sederhana ala angkringan tersebut.

Artikel Terbaru: