Apa Kunci Sukses Usaha Warung Kopi?


Apa Kunci Sukses Usaha Warung Kopi?
Kunci Sukses Usaha Warung Kopi

Warung kopi memang lebih fleksibel. Mau di tempatkan dimana saja tetap bisa. Namun kebanyakan pelanggan lebih menyukai warung kopi yang membuat mereka bisa berbincang-bincang dengan nyaman, duduk santai, tidak bising, jauh dari polusi udara dan suara. Karena itu, kebanyakan pengusaha warung kopi lebih suka membangun usaha warung kopi di lokasi yang agak tersembunyi dan tenang. Namun sebaliknya, sebagian warung kopi kelas menengah atas berdiri di sekitar pusat-pusat keramaian. Sebab segmen pasar yang tuju merupakan pekerja kantor dan anak muda. Berikut Kunci Sukses Utama Bisnis Warung Kopi tersebut.

1. Lokasi Usaha Yang Tepat

Hampir 50% kesuksesan bisnis warung kopi bergantung kepada lokasi. Maka, ketika hendak memulai membangun usaha warung kopi, kamu perlu memilih lokasi usaha yang paling strategis. Kriteria lokasi usaha tersebut, misalnya, berada di daerah padat penduduk, dekat perkantoran, tepi jalan raya, pasar, dekat kampus dan sebagainya. Selain itu, penetapan lokasi usahatersebut juga perlu mempertimbangkan segmen pasar yang akan dituju.

2. Kualitas dan Citarasa Kopi Yang Ditawarkan Kepada Pelanggan

Kunci sukses seluruh bisnis makanan dan minuman terletak pada kualitas dan citarasanya, termasuk bisnis warung kopi. Oleh karena itu, setelah lokasi, prioritaskan kualitas dan citarasa kopi yang kamu sajikan kepada pelangganmu. Pastikan bahan baku yang kamu gunakan adalah bahan baku yang berkualitas tinggi, harum, dan enak.

3. Variasi Menu Yang Ditawarkan Kepada Pelanggan

Setiap pelanggan memiliki selera yang berbeda-beda, itu harus kamu pahami sebagai pengusaha. Maka dari itu, tawarkan menu minuman kopi yang bermacam-macam kepada pelangganmu. Di Nusantara sendiri ada banyak jenis kopi dengan rasa yang berbeda-beda pula, misalnya kopi Jawa, kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Lampung, Kopi bali, kopi rangkiang dan masih banyak lagi. Untuk sekarang ini, tidaklah sulit menemukan semua bahan kopi tersebut.

4. Segmen Pasar Yang Dituju

Segmen pasar yang diutamakan harus jelas, apakah kelas menengah ke atas atau menengah ke bawah, kelas pinggir jalan atau kelas orang berdasi. Hal ini mempengaruhi fasilitas diberikan dan harga yang harus kamu tawarkan kepada pelanggan.

5. Prasarana Yang Berkualitas dan Nyaman

Umumnya pelanggan warung kopi singgah bukan hanya untuk sekedar untuk minum kopi tetapi juga untuk hal lain, misalnya berbicara tentang kerja, bisnis, tugas dan hal lain dengan rekan atau teman-temannya. Hal ini biasa terkadang tidak hanya beberapa menit tetapi bisa dalam hitungan jam. Maka dari itu, sediakan fasilitas yang nyaman, mulai dari meja, tempat duduk, dan sebagainya.

6. Kesesuaian Harga Dengan Kualitas dan Fasilitas

Dalam menetapkan harga, kamu perlu melakukan menyesuaikan harga jual dengan kualitas kopi dan fasilitas di tempat usahamu. Selain itu kamu juga perlu melakukan survei ke tempat usaha warung kopi lain di sekitar lokasi usahamu. Sebab harga bagi pelanggan adalah masalah yang penting, pantas ataukah tidak pantas.

7. Fasilitas Tambahan

Terkadang pelanggan berkunjung ke warung kopi bukan untuk minum kopi sebagai tujuan utama. Terkadang mereka berkunjung juga untuk mendapatkan fasilitas Wi-Fi gratis, bermain musik atau mendengarkan musik bersama teman atau rekan kerja, tempat pertemuan, dan sebagainya. Maka dari itu, jangan hanya menjual kopi, tetapi juga menjual jasa dan fasilitas.

Post Title
Apa Kunci Sukses Usaha Warung Kopi?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?