Apa Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Khas Tradisional Daerah?


Apa Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Khas Tradisional Daerah?
Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Khas Tradisional Daerah

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan lokasi yang paling strategis dan ramai pengunjung. Misalnya lokasi di sekitar jalan utama yang dilalui bus pariwisata, sehingga ada kemungkinan pengunjung di dalam bus tersebut singgah membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, bisa juga di area wisata yang ramai dikunjungi. Berikut kunci sukses menjalankan bisnis oleh-oleh: makanan khas tradisional (daerah) tersebut:

1. Kualitas Produk

Anda perlu memperhatikan kualitas produk yang dijual dengan meminimalisir kerusakan. Dalam hal ini, hendaknya lebih memperhatikan cara penyimpanan produk karena mempengaruhi kualitas produk itu sendiri.

2. Produk Yang Unik Dan Menarik

Alasan orang menentukan untuk membeli suatu produk berawal dari kesan pertama ketika melihat produk tersebut. Maka pihak penjual oleh-oleh dan makanan khas tersebut perlu membuat kemasan produk yang menarik dan unik.

3. Pastikan Bahwa Produk Yang Dijual Benar-Benar Khas Daerah Tersebut

Bisnis ini adalah mejual oleh-oleh makanan khas, maka pastikan bahwa makanan tersebut benar-benar berasal dari daerah asal. Jangan sampai melakukan kecurangan dengan menjual produk yang sesuai dengan yang diharapkan dan hanya ingin memperoleh laba yang besar saja.

4. Menyediakan Area Parkir Yang Luas

Ini masalah yang sederhana, tetapi faktanya mengatakan bahwa lahan parkir yang luas mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang. Bayangkan seandainya ada pengunjung yang hendak berbelanja, tetapi lahan parkir yang tersedia tidak mencukupi untuk memarkir kendaraan mereka. Akhirnya mereka akan memilih tempat lain untuk berbelanja. Ini jelas akan membuat pelanggan kecewa dan keuntungan yang seharusnya didapatkan jadi hilang begitu saja.

5. Terjun Langsung Ke Lapangan

Sebagai pemilik anda harus ikut serta mengamati bisnis tersebut. Lebih baik lagi jika anda ikut serta dalam melayani konsumen. Sebab terkadang konsumen lebih tertarik untuk membeli produk ketika bertemu langsung dengan pemiliknya. Mungkin hal ini karena konsumen merasa lebih percaya akan produk yang dijual ketika bertemu langsung dengan pemiliknya.

Artikel Terbaru: