Apa Kunci Sukses Bisnis Warnet (Warung Internet)?


Apa Kunci Sukses Bisnis Warnet (Warung Internet)?
Kunci Sukses Bisnis Warnet (Warung Internet)

Terutama mahasiswa dan pelajar, dimana mereka selalu berhubungan dengan internet untuk mencari referensi dan bahan studi. Sedangkan pengusaha atau pebisnis memanfaatkan internet untuk media promosi produk, mengirim surat dan sebagainya. Fenomena inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian pengusaha warnet untuk mengeruk keuntungan dari usaha warnet mereka. Mereka menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan bagi siapa saja untuk mengakses internet dengan tarif yang semakin kecil. Berikut beberapa kunci sukses dalam bisnis warnet tersebut:

1. Kecepatan Akses Internet

Alasan pengguna internet memilih warnet anda adalah karena kecepatan akses internet di warnet tersebut. Mereka rela pergi jauh dari rumah hanya untuk mendapatkan akses internet yang lebih cepat. Maka dari itu, pastikan bahwa akses internet di warnet anda memiliki kecepatan yang tinggi.

Tidak percaya?. kita bisa lihat betapa banyaknya keluhan pengguna internet tentang kecepatan akses internet di indonesia. Nah jika kecepatan akses internet tinggi, bukan hal tidak mungkin jika warnet anda adalah solusi bagi mereka.

2. Fasilitas Yang Lengkap

Kelengkapan fasilitas juga merupakan salah satu pertimbangan penting bagi pelanggan. Kelengkapan tersebut diantaranya parkir yang luas dan gratis, webcam, card reader, bluetoth, kabel data dan sebagainya.

Fasilitas pendukung lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah tempat duduk yang nyaman, meja yang nyaman, serta fasilitas AC atau kipas angin.

3. Kebersihan Warnet

Masalah kebersihan juga merupakan salah satu pertimbangan bagi pelanggan warnet. Mereka akan merasa nyaman jika, warnet tersebut bersih dan enak dipandang mata. Selain itu, tempat yang bersih juga bisa membuat mereka betah berlama-lama di dalam ruangan tertutup tersebut.

4. Kesesuaian Tarif Dengan Fasilitas dan Kecepatan Internet

Sebenarnya tarif ini sangat berkaitan erat dengan masalah kecepatan akses internet. Para penggila internet rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan akses internet yang super cepat. Maka anda perlu mengukur kecepatan akses internet di warnet anda lalu membandingkannya dengan warnet lain. Setelah itu, barulah menentukan tarif yang sesuai.

Jika akses internet di warnet anda berukuran standar, maka anda perlu memasang tarif yang standar pula. Jangan sampai dengan kecepatan akses yang standar tetapi tarifnya begitu tinggi, jika dilakukan jangan harap pelanggan anda akan kembali lagi.

5. Pelayanan Yang Baik

Masalah ini juga penting untuk diperhatikan, sebab akan mempengaruhi minat pelanggan untuk berkunjung kembali ke warnet anda. Maka dari itu, berikan pelayanan yang ramah terhadap pelanggan agar mereka betah dan tetap kembali mengunjungi warnet tersebut.

6. Kualitas Komputer dan Perlengkapannya

Anda perlu memilih komputer dengan perlengkapannya yang bagus dan berkualitas. Pelanggan warnet juga sangat sering terdengar mengeluhkan masalah ini. Misalnya, keyboard yang macet, layar monitor yang kurang bagus, headset yang rusak, dan sebagainya. Maka perhatikanlah kualitas komputer beserta perlengkapannya.

7. Manajemen Operasional Yang Baik

Dalam mengelola usaha warnet, diperlukan manajemen yang baik agar usaha tetap berkelanjutan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah pemakaian dan tujuan pengguna. Anda perlu mengatur antara pengguna yang hanya ingin mengakses internet dengan pengguna yang ingin bermain games. Pengguna yang hanya ingin bermain games, mungkin akan membuat perangkat komputer menjadi lebih cepat rusak. Nah, sediakanlah perangkat komputer yang khusus dengan tarif yang khusus juga untuk mereka. Jika tidak, anda bisa memberitahukan di awal bahwa warnet anda tidak menerima penggunaan untuk bermain games.

Post Title
Apa Kunci Sukses Bisnis Warnet (Warung Internet)?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?