Apa Keunggulan Usaha Warung Kopi?


Apa Keunggulan Usaha Warung Kopi?
Keunggulan Usaha Warung Kopi

Sebagian besar warung kopi kelas menengah ke bawah lebih suka menggabungkan usaha kopinya dengan warung makan. Makanan yang ditawarkan bukan hanya sekedar pelengkap saja, tetapi makanan yang mengenyangkan layaknya warung makan. Hal ini menyebabkan penghasilan pengusaha warung kopi tersebut menjadi berlipat ganda. Berbeda bagi warung kopi kelas menengah atas, mereka lebih khusus menjual kopi, jasa, dan fasilitas. Selain itu, hanyalah sebagai pelengkap saja. Berikut daya tarik sekaligus alasan mengapa memilih bisnis warung kopi.

1. Kopi Adalah Minuman Populer Di Seluruh Dunia

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di seluruh dunia. Hampir semua kalangan baik anak muda, dewasa, dan orang tua menyukai minuman kopi. Dengan demikian, bisa dikatakan kopi punya penggemar di semua segmen pasar yang dituju.

2. Risiko Usaha Rendah

Risiko usaha warung kopi terbilang rendah, sebab kopi tidak pernah basi ataupun rusak seperti kebanyakan makanan dan minuman lainnya. Kamu hanya perlu menyimpannya di tempat yang bersih, aman, tidak terkena panas dan udara terbuka, dan pastikan berada dalam wadah yang tertutup rapat.

3. Modal Usaha Yang Relatif Kecil

Modal yang dikeluarkan untuk memulai warung kopi tidaklah terlalu besar. Konsep warung kopi dengan desain interior yang unik sudah cukup untuk memikat para pelanggan. Tidak perlu dengan bangunan permanen, melainkan dengan bambu atau bahan bangunan yang sederhana dan tidak mahal bahkan justru lebih menarik di mata pelanggan.

4. Bahan Baku Mudah Didapat

Mulai dari biji mentah, siap sangrai, hingga kopi bubuk siap seduh dari berbagai daerah yang ada di nusantara ini terbilang mudah didapatkan. Misalnya kopi Jawa, kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Lampung, Kopi bali, kopi rangkiang Minang dan masih banyak lagi macam-macam kopi daerah yang bisa kamu temukan di Nusantara ini. Tidak hanya di dalam negeri sendiri, tetapi kamu juga bisa mendatangkan bahan baku kopi tersebut dari luar negeri. Saat ini untuk mengimpor bahan baku kopi dari luar negeri tersebut tidaklah terlalu sulit.

5. Mudah Dikelola

Mengelola dan menjalankan warung kopi kelas menengah ke bawah seperti tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membuat sedikit kreasi pada kopi yang akan disajikan kepada pelanggan. Tapi akan berbeda jika itu adalah warung kopi kelas menengah atas. Sebab pelanggannya bukan lagi orang-orang yang sekedar ingin minum kopi, tetapi mereka juga menginginkan sesuatu yang istimewa. Mereka adalah orang-orang berdasi yang membutuhkan tempat untuk berbicara bisnis dengan rekan-rekannya.

Artikel Terbaru: