Apa Kendala Bisnis Angkringan (Nasi Kucing)?


Apa Kendala Bisnis Angkringan (Nasi Kucing)?
Kendala Bisnis Angkringan (Nasi Kucing)

Dulu angkringan hanya buka mulai sore hingga malam hari, namun seiring waktu, peminatnya semakin banyak, maka sekarang ini banyak pula angkringan yang buka hingga 24 nonstop. Ada pula yang membuat terobosan baru dengan cara penyajiannya ala kafe modern. Namun, ciri khas yang masih tetap dipertahankan adalah tiga buah ceret di atas tungku arang yang menjadi trade mark dari warung kaki lima ini. Meski risiko rendah, Bisnis angkringan tetap memiliki beberapa kendala utama yaitu:

1. Lokasi Usaha Yang Cocok

Dalam membangun bisnis angkringan, hal yang paling sulit adalah menemukan tempat yang paling strategis, apalagi jika kamu hendak buka selama 24 nonstop. Makanya, jauh sebelum memutuskan menggelar dagangan, terlebih dahulu kamu perlu survei ke berbagai tempat untuk mencari tempat mangkal yang paling cocok, aman, dan bisa buka selama 24 sehari. Paling penting lagi, kamu perlu memastikan bahwa ke depannya usaha kamu tidak akan digusur karena melanggar peraturan. Masalahnya, setelah kamu susah payah membangun usaha dan punya pelanggan tetap, tiba-tiba saja kamu diminta pindah oleh pihak-pihak yang berwenang atau pihak yang punya lahan tersebut.

2. Persaingan dengan Angkringan Lain

Jika berada di daerah perkotaan, pastinya banyak warung angkringan yang bisa kamu temui di sekitar tempat tinggalmu. Terkadang, sebagian dari mereka juga melarang angkringan lain untuk menjajal jualannya di sekitar tempat mereka. Alasannya, mereka takut pendapatan mereka menjadi berkurang. Maka dari itu, kamu perlu memilih tempat yang aman dari segala ancaman seperti hal tersebut. Sedangkan untuk memenangkan persaingan, kamu perlu menyajikan menu makanan dan minuman yang lebih variatif dan lezat. Dengan demikian, pelanggan lebih memilih angkringanmu daripada angkringan yang lain.

Artikel Terbaru: