Apa Fungsi (pesawat) Drone dan Drone Camera (Kamera)?


Apa Fungsi (pesawat) Drone dan Drone Camera (Kamera)?
Fungsi Drone (kamera)

Pesawat Nirawak atau Pesawat tanpa Awak atau lebih dikenal dengan "Drone" pada awalnya berfungsi untuk keperluan pengintaian, peperangan, penyerangan, pengangkut barang, dan untuk melakukan tugas yang dianggap membosankan, kotor atau berbahaya bagi manusia dalam bidang kemiliteran. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Drone mulai digunakan untuk keperluan non-militer, seperti untuk keperluan komersial, pertanian dan hiburan. Biar lebih jelas berikut rincian fungsi Drone tersebut:

Fungsi Drone bagi Kemiliteran


1. Keperluan Pengintaian dan Penyerangan


Pada awalnya, drone berfungsi sebagai alat pengintai dalam dunia militer. Biasanya, Drone pengintai ini sekaligus dugunakan untuk alat penyerang, sehingga drone tersebut juga dilengkapi dengan GPS (Global Positioning Systems), kamera infrared dan senjata, seperti rudal. Drone jenis ini terkoneksi pada sebuah pusat pengendalian yang terdiri dari separangkat komputer berteknologi canggih.

2. Pengangkut Barang


Drone jenis ini digunakan oleh orang-orang di kemiliteran sebagai pengangkut barang atau benda-benda lain yang mungkin berbahaya bagi manusia.

3. Melakukan Tugas Kotor dan Berbahaya bagi Manusia


Tak jarang dalam dunia militer, tugas-tugas yang berhubungan dengan tempat atau benda-benda berbahaya bagi keselamatan manusia. Untuk itu, mereka memerlukan pesawat tanpat awal yang dilengkapi dengan fasilitas kamera, GPS dan infrared yang terhubung ke sebuah sistem komputer sebagai pusat kendali untuk melakukan tugas tersebut. Dalam hal ini drone memiliki banyak manfaat bagi mereka di kemiliteran.

Fungsi Drone bagi Non-Militer

1. Keperluan komersial


Dewasa ini, drone berukuran mini yang dilengkapi fasilitas kamera mulai dijual bebas ke pasar elektronik. Masyarakat awam umumnya menyebutnya dengan "Drone Camera (kamera)", karena drone identik dengan kamera untuk kebutuhan pengambilan gambar dan perekam video. Sehingga produsen-produsen pesawat nirawak ini, mendapatkan laba yang cukup besar dari penjualan produk tersebut.

Selain untuk dijual, beberapa perusahaan besar, seperti Amazon, bahkan sudah sejak lama menggunakan Drone sebagai media pengangkut (produk) barang kepada konsumen mereka. Sama halnya seperti "Drone sebagai pengangkut barang" pada kemiliteran, Amazon juga melengkapi pesawat tak berawak ini dengan infrared, GPS, dan kamera untuk mengendalikan dan memastikan barang tersebut sampai ke tangan pelanggan. Drone jenis ini, biasanya sudah di-setting otomatis oleh pengendalinya.

2. Ilmiah dan Ilmu Pengetahuan


Dalam bidang ilmu pengetahuan, seperti keperluan penelitian, biasanya drone berfungsi seperti: Media untuk mempelajari aerodinamika dan penerapannya, untuk pemetaan, penelitian Atmosfir, Penyebaran benih, pengamatan vitigasi daerah kritis yang sulit dijangkau, Pengawasan bencana, Membuat hujan buatan, dan sebagainya.

3. Bidang Sipil (Pemerintahan dan masyarakat)


Biasanya masyarakat umum menggunakan Drone untuk hal-hal seperti: Melihat Luas lahan dan kontur yang ada sehingga memudahkan dalam perencanaan pembangunan lahan tersebut, membantu pemerintah dalam membuat tata kota yang lebih teratur, mengetahui luas lahan yang terbakar dalam kebakaran hutan, menciptakan peta tambang 3 dimensi yang telah digarap dalam bidang pertambangan, SAR, dan lain-lain.

4. Hiburan


Sejak drone mulai dijual bebas di pasar elektronik, drone mulai digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan hiburan. Kebanyakan diantaranya, masyarakat terutama kalangan remaja dan dewasa cenderung menggunakan drone sebagai:

Foto-Foto dan Merekam Video


Sepertinya, dengan menggunakan drone jauh lebih mudah dan praktis ketimbang menggunakan tongsis yang terbatas dan menyusahkan. Mungkin itu adalah alasan kaum muda-mudi menggunakan drone untuk kebutuhan foto-foto bareng teman, merekam video, atau mengambil gambar pemandangan. Ditambah lagi dengan harga drone khususnya "Drone Kamera" yang makin lama harganya makin turun, sehingga siapa saja bisa mendapatkan barang elektronik ini.

Balapan Drone


Kalangan muda di luar negeri sana juga ada yang menggunakan drone untuk tanding balapan drone. Drone jenis ini lebih mengutamakan kecepatan dan tidak menggunakan fasilitas kamera. Jika dahulu, orang-orang baru bisa menggunakan mobil mainan dengan remote kontrol dalam ajang permainan balap-balapan mobil, sekarang mereka bisa menggunakan pesawat dengan remote kontrol untuk mendapatkan kesenangan yang jauh lebih memuaskan. Oleh karena itu, beberapa produsen juga ada yang memproduksi mainan jenis ini untuk kebutuhan balap-balap drone tersebut.

5. Fungsi Drone Lainnya


Masih banyak fungsi drone dalam kehidupan masyarakat yang tidak sempat ditambahkan disini. Bagaimanapun, masyarakat mempunyai cara tersendiri dalam memanfaatkan teknologi pesawat nirawak tersebut. Apapun itu, jika anda ingin dan telah memiliki drone tersebut, gunakanlah untuk hal-hal yang bermanfaat dan bermutu. Jangan terlalu hanyut dalam kesenangan, sehingga anda lupa waktu dan keadaan yang justru merugikan dan membahayakan diri anda sendiri. Kita tidak asing lagi dengan kabar-kabar seperti ada jatuh dari jurang akibat foto selfie di tempat berbahaya, masuk kedalam got akibat keasikkan main game sambil berjalan, dan dampat positif lainnya. Maka dari itu, gunakanlah untuk hal yang bermanfaat.

Post Title
Apa Fungsi (pesawat) Drone dan Drone Camera (Kamera)?
Published by
matabaraja.com
Thank you for Visiting

Latest Articles Published:

Apa Pendapat Anda?